Informasi penting
Study abroad: Before you leave

15 Kota yang Paling Menawan di Perancis

1041

Tempat-tempat mana lagi yang layak dikunjungi selain Paris yang dikenal dengan City of Lights—Kota yang penuh Penerangan? Seringkali kita menghubung-hubungkan Paris dengan Perancis. Ketika kita membicarakan konsep-konsep yang berhubungan dengan Perancis, kita seringkali membicarakan tentang “Menara Eiffel,” “Notre Dame,” dan orang-orang Paris yang seringkali ikut kita bicarakan. Tapi namanya tak kenal, tak sayang, kita nggak akan benar-benar mengenal Perancis kalau kita hanya menilik satu tempat saja kan?

 

Ada banyak sekali kota-kota dan pedesaan yang indah di Perancis, dan tiap-tiap daerah memiliki kualitas yang spesial. Berkeliling ke kota-kota kecil di Perancis artinya kita akan berkelana melewati puncak bukit, kota-kota di pinggir pantai, dan menikmati pemandangan yang indah selagi menikmati kehidupan lokal.

 

 

1. Ars-en-Ré

Kota yang menawan yang dipenuhi dengan sepeda! Ini adalah deskripsi orang kebanyakan akan Ars-en-Ré.

Dengan rumah-rumah putihnya dan jendela-jendela hijaunya, hollyhocks, salt pans, dan kota pantai yang sangat membuat santai dan mengantuk, menjelajah kota kecil penuh pelaut ini sangatlah menyenangkan. Pusat kotanya berada di lapangan pusat terbuka dengan Menara gerejanya yang merupakan ciri khasnya. Di musim panas Menara ini dibuka untuk umum. Ini merupakan tempat yang bagus untuk relaksasi ditemani dengan pemandangan kota dan lautnya.

Pedesaan kecil di pulau Ré ini merupakan tujuan para pelaut dan pedagang sejak berabad-abad yang lalu, namun para petualang pun takluk dengan keindahan pantainya dan juga kemegahan tempat ini.

 

 

 

Naiklah kereta dari Montparnasse ke La Rochelle, kemudian transfer ke bus dari La Rochelle ke Ars-en-Ré.

Estimasi lama perjalanan: + 6 jam.

 

 

2. Piana

Mirip dengan Ars-en-Ré, Piana pun berisi dengan rumah-rumah bebatuan putih yang cantik dan juga gerejanya. Ini adalah sebuah kota di Corsica, yang juga dikenal sebagai Pulau Keindahan, dan telah terdaftar dalam lokasi-lokasi Bersejarah di Dunia milik Unesco. Piana adalah tempat yang indah yang dibatasi oleh Teluk Porto. Di Piana juga ada banyak pilihan butik, bar, dan restoran.

 

Beberapa wisata lokalnya adalah:

Gereja Saint-Marie bergaya Italia dari abad ke-18 yang berisi lukisan-lukisan akan Saint Hugo dari Lincoln dan patung kayu Assumption dari abad ke-17. Pemandangan indah di sepanjang jalan dari Piana ke Porto yang dikenal juga sebagai Calanches de Piana juga menawarkan daya Tarik tersendiri.

 

L'eglise Sainte-Marie
Calanches de Piana

 

 

Naiklah kereta dari Paris (Saint Michel) ke Antony Ratp, kemudian transfer ke kereta lain ke Paris Orly. Kemudian kamu dapat naik pesawat ke Calvi. Lama perjalanan ini kurang lebih sekitar 1 jam 35 menit. Ketika kamu telah mendarat di Calvi, kamu bisa naik taksi ke Piana.

Estimasi lama perjalanan total: + 3 jam 40 menit.

 

 

3. Bonneval-sur-arc

Kalau kamu memikirkan tentang kombinasi ski, naik gunung, dan gaya hidup pedesaan, Bonneval-lah tempatnya. Ia terletak di kaki gunung Col de I’lseran yang merupakan salah satu yang tertinggi di Eropa, karenanya ini merupakan tempat yang cocok untuk para pecinta alam dan penyuka olahraga.

Bonneval cukup berbeda di waktu musim panas dan musim dingin. Di musim panas, ini merupakan tempat yang ideal untuk piknik keluarga dan aktivitas outdoor. Di musim dingin, ini berubah menjadi resort ski. Mungkin memang tidak terlalu besar dan terkenal, namun reputasinya cukup baik karena kualitas saljunya. Dan dengan lebih sedikit turis di sana, kamu akan memiliki lebih banyak ruang dan kebebasan untuk bergerak dan bersenang-senang dengan teman-temanmu.

 

 

Naiklah kereta dari Paris Gare de Lyon ke Mondane, dan transfer ke bus dari Mondane langsung ke Bonneval Sur Arc.

Estimasi lama perjalanan: + 6 jam 24 menit,

 

 

4. Annecy

Kota ini seringkali disebut juga sebagai “Venesia Mini,” dan sering dianggap sebagai tempat ideal untuk pergi dengan pasangan.

 

Atraksi lokalnya diantaranya:

– Le Palais de l’Isle (istana bersejarah dari abad ke-12 yang dibangun tepat di salah satu kanalnya yang sekarang termasuk dalam Monumen Bersejarah dan merupakan museum sejarah lokal),

 

 

–perairan danau Annecy yang biru gelap,

–Rue Saint Claire yang penuh warna

–keberagaman tanaman-tanaman di European Gardens

– Pont des Amours (Lover’s Bridge).

 

 

 

Naiklah kereta dari Paris Gare de Lyon ke Annecy.

Estimasi lama perjalanan: + 3 jam 44 menit.

 

 

5. Colmar

Colmar adalah ibukota kebun anggur Alsatian. Ini adalah kota yang meriah dan dianggap juga sebagai salah satu “Venisia Mini” di Perancis. Colmar dipenuhi dengan rumah-rumah yang kaya warna, kanal-kanal yang penuh dengan bunga yang berwarna-warni, dan atmosfir dari negeri dongeng. Kamu juga bisa berkeliling di atas kano di kanal Colmar.

 

Ada juga atraksi lokal lainnya:

- Unterlinden Museum repository

- Rumah Bartholdi  (pemahat Statue of Liberty)

 

 

- Rumah seniman lokal yang biasanya dikenal sebagai Hansi (karya beliau tersebar di seluruh Colmar)

 

 

- Arsitektur keagamaan bersejarah berciri khas Perancis-Jerman dari abad ke-8, seperti misalnya: Eglise St.-Martin, Water Tower, Maison Adolph, dan masih banyak lagi.

 

 

Naiklah kereta dari Paris Est ke Colmar.

Estimasi lama perjalanan: + 3 jam.

 

 

6. Dinan

“Kota terindah di Britanny!”

Sampai sekarang orang masih setuju bahwa Dinan memang kota terindah. Dinan adalah kota dengan penampilan seakan dari abad pertengahan di atas bukit di tepi sungai Rance, dan dikelilingi oleh dinding-dinding tinggi, rumah-rumah bergaya Tudor, pelabuhan, jalanan berbatu, galeri kesenian, dan juga toko-toko.

Dinan dengan apik merawat dan menjaga keasrian bangunan-bangunan tuanya, dan beberapa sungguh-sungguh dibangun di abad ke-13, dan banyak dari dinding-dinding tuanya masih berdiri kokoh.

Sungai Rance, Dinan

 

Beberapa atraksi lokalnya yang terkenal:

  • The Jacobins Theater, St. Malo’s Church
  • Saviour’s Basilica
  • Duchess Anne’s Tower
  • The Chateau de Dinan.

 

 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Dinan adalah di bulan Juli saat mereka merayakan Fête des Remparts—semacam festival kostum abad pertengahan.

 

 

 

Naiklah kereta dari Paris Montparnasse ke Rennes. Dari sana, transferlah ke kereta lain ke Dol de Bretagne dan naiklah kereta lain menuju Dinan.

Estimasi lama perjalanan: + 3 jam 40 menit.

 

 

7. Locronan

Salah satu kebanggaan Brittany yang lain, Locronan dianggap sebagai desa terindah di Perancis.

 

Misalnya saja, ziarah di Locronan merupakan salah satu acara terpenting di Brittany. Mereka menyebutnya “Tromenie,” yang biasanya diadakan tiap 6 tahun antara hari Minggu kedua dan ketiga di bulan Juli. Festival ziarah ini mengikutsertakan prosesi yang besar-besaran dan juga banyak peserta yang akan membawa banner dari gereja-gereja yang turut serta dalam ziarah. Locronan membanggakan rumah-rumah megahnya yang dibangun di abad ke-18, dan juga museum lokalnya yang menceritakan sejarah perindustrian tenun dan keseniannya.

 

Tromenie

 

 

Naiklah kereta dari Paris Montparnasse ke Quimper, kemudian naik bus no. 37 dari Quimper ke Locronan.

Estimasi lama perjalanan: + 5 jam.

 

 

8. Saint Veran

Saint Veran berada di area tertinggi di Perancis, dan tertinggi ketiga di seluruh Eropa. Ia terletak di tengah-tengah “Parc Naturel Regional du Queyras,” yang merupakan Nature Park di Alpen sebelah utara. Saat memasuki Saint Veran, kamu akan melihat dusun tradisionalnya, mata airnya, gereja-gereja kayunya, jam mataharinya, dan masih banyak lagi.

 

Atraksi lokal lainnya di Saint Veran adalah:

- Gereja

- Tambang tembaga tuanya serta koleksinya

 

Koleksi tambang tua

 

- Le musée du Soum

- L’ Observatoire.

 

Naiklah kereta dari Paris Gare de Lyon menuju Valence TGV, kemudian lanjut ke Montdauphin-Guill. Saat kamu mencapai Montdauphin-Guill, kamu bisa naik taksi ke Saint Veran.

Estimasi lama perjalanan: + 6 jam 46 menit.

 

 

9. Perouges

Perouges merupakan kota lainnya dari abad pertengahan di timur laut Lyon. Perouges ini sangatlah romantis, bergaya kuno dan nyaman, sehingga ia sering digunakan untuk shooting banyak film. Beberapa film yang mengambil setting di Perouges adalah The Bride (1985) dan The Hour of the Pig (1993). Perouges memang ahli merawat lanskap kunonya. Kalau kamu mengunjungi kota ini di bulan April dan Juni, kamu akan mendapatkan kejutan menyenangkan berupa festival musim seminya di bulan April dan berbagai acara-acara musik, mulai dari genre Baroque sampai Jazz di tiap bulan Juni.

 

 

 

Naiklah kereta dari Paris Gare de Lyon ke Lyon Part Dieu, kemudian melanjutkan perjalananmu dengan kereta lain ke Meximieux-Perouges.

Estimasi lama perjalanan: + 2 jam 44 menit.

 

 

10. Domfront

Naik gunung, berkuda, bersepeda, berjalan-jalan… Berikut hanyalah sebagian kecil dari apa saja yang dapat kamu lakukan di Domfront.

 

Kamu bisa memulai harimu dengan mengunjungi beberapa tempat-tempat bersejarahnya:

- Puing-puing Chateau de Domfront

- Rumah besar the Saucers

- Gereja tua bergaya Romawi dari abad ke-11, Notre Dame

- Jalan setapak di Hutan Andaines

- Perjalanan ke Bagnoles de l’Orne

- Taman bermain di Colmont Gorron

- Museum Charles Leander

 

 

Naiklah kereta dari Paris Montparnasse Vaugirard ke Flers, kemudian melanjutkan dengan bus ke Flers ke Domfront.

Estimasi lama perjalanan: + 4 jam

 

 

11. Kaysersberg

Kaysersberg, alias Pegunungan Raja, menarik banyak pengunjung karena deretan anggur Alsace klasiknya, jadi kamu harus bersiap-siap melihat berbarel-barel anggur yang sangat bagus!

 

Saat memasuki kota Kaysersberg, kamu akan melihat benteng-benteng yang mendominasi kota, yang merupakan pengingat dari sejarahnya yang strategis dan signifikan. Terlebih lagi, sama halnya dengan kota-kota lainnya di Perancis, Kaysersberg berisi juga rumah-rumah bergaya abad pertengahan, rumah-rumah yang separuhnya terbuat dari kayu, jalanan yang berbatu-batu, dan tentu saja, berbagai gereja dari abad pertengahan. Jangan lupa untuk berjalan-jalan di jembatan bentengnya dari abad ke-16 yang menunjukkan pemandangan indah dari sungai…

 

 

 

Naiklah kereta dari Paris Est ke Colmar, kemudian lanjut selama 5 menit dengan kereta lain ke Logelbach. Dari sana, naiklah bus no. 145 ke Kaysersberg.

Estimasi lama perjalanan: + 5 jam

 

 

12. Lourmarin

Lourmarin merupakan sebuah animasi puisi, berisi banyak kafe, restoran, butik, dan jalanan berhiaskan daun ivy yang dipenuhi wangi lavender yang memberikan cita rasa khas lokal.

 

Atraksi lokalnya:

Istana-istana Renaisans dari abad ke-15

Berbagai gereja-gereja Katolik dan Protestan

Pemandangan Proches Bastides

 

Kalau kamu bersedia mengendarai keluar Lourmarine selama 20 menit, kamu akan melihat Sungai Durance, dan kalau kamu lanjut dari tempat itu selama 40 menit kamu akan menemui kota Aix-en-Provence yang layak dikunjungi kalau kamu memang mencari pergantian suasana.

 

 

Naiklah kereta dari Paris Gare de Lyon ke Avignon Center, kemudian melanjutkan dengan kereta lain ke Cavaillon. Dari sana, naiklah bus no. 8 ke Lourmarin.

Estimasi lama perjalanan: 6 jam 45 menit.

 

 

13. Gaillac

Gaillac menawarkan sambutan yang hangat dengan anggur dan perkebunan anggurnya selagi kamu berjalan-jalan di jalan setapaknya yang menawan. Gaillac dipenuhi kastil-kastil, naungan merpati, dan pohon pinus. Gaillac adalah produsen anggur yang cukup besar, baik dari anggur putih, merah, dan bahkan rosé. Atraksi lainnya adalah:

  • Abbaye Saint-Michel XIII
  • Palmata 13th round
  • Gereja St. Petrus,
  • Museum Abbey
  • Istana Foucaud

 

Abbaye St. Michel
Château de Foucaud

 

 

Naiklah kereta dari Paris ke Touloousse-Matabiau, kemudian ke Gaillac.

Estimasi lama perjalanan: + 6 jam 41 menit.

 

 

14. Eguisheim

Eguisheim sangatlah unik dengan tata jalanannya yang konsentris, yang membedakannya dari kota-kota lain di Perancis.

 

Kota ini menarik banyak turis dan pengunjung karena ia dipenuhi dengan bunga-bunga dan rumah-rumah berwarna-warni, yang memberikan suasana bak negeri dongeng. Sebagai bagian dari Alsatian Wine Route, Eguisheim juga memproduksi anggur-anggur enak. Ini tampak nyata dari perkebunan anggurnya, gudang-gudang dan bar-bar anggur di sekeliling kota.

 

 

 

Naiklah kereta dari Paris Est ke Colmar, kemudian naiklah bus dari sana ke Eguisheim.

Estimasi lama perjalanan: + 4 jam

 

 

15. Etretat

Ini merupakan salah satu tempat berlibur terfavorit di Upper Normandy.

Etretat menawarkan:

  • Banyak B&B dan pasar
  • Tebing-tebing dan kubah-kubah yang dramatis
  • Pantai berbatu yang indah

 

Etretat terkenal dengan kubah-kubah naturalnya dan dedaunannya yang tajam-tajam.

 

 

 

Naiklah kereta dari Paris St. Lazare ke Le Havre, kemudian naik bus no. 24 ke Etrerat.

Estimasi lama perjalanan: + 3 jam 31 menit.

 

Dengan ribuan kota-kota kecil dan pedesaan di Perancis, penulis tidak dapat mengikutsertakan semua kota ke dalam satu artikel saja; karenanya penulis mencoba menyeleksi beberapa yang ia anggap paling layak dikunjungi, namun tiap-tiap daerah di Perancis pun biasanya memiliki keunikan sendiri-sendiri.

 

(Sumber: https://www.talkinfrench.com/beautiful-town-france/)

 

Tertarik kuliah di Perancis? Coba cek artikel-artikel berikut:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.