Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Before you leave - Wajib dibaca

3 Tips untuk kuliah sambil bekerja

12466

Kuliah ke luar negeri tanpa dibiayai oleh beasiswa bisa saja sangat berat. Oleh karena itu ada baiknya Anda membuat anggaran keuangan dengan seksama sebelum memutuskan untuk kuliah ke luar negeri. Untuk meringankan beban biaya, Anda bisa mempertimbangkan untuk kuliah sambil bekerja.

Yang menjadi pertimbangan adalah apakah pekerjaan paruh waktu akan mengganggu kuliah Anda. Sebenarnya tidak akan menjadi masalah jika Anda bisa membagi waktu dengan baik dan bersedia untuk bekerja keras. Keuntungan dari kerja paruh waktu selain meringankan biaya adalah, Anda bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggris Anda. Kemudian Anda juga memiliki kesempatan bagus untuk berbaur dengan masyarakat setempat. Apalagi jika Anda berkesempatan untuk magang di kantor, pengalaman kerja ini tentunya akan menambah nilai plus di saat Anda mencari kerja setelah lulus kuliah nanti.

Memang ada kasus di Amerika dimana mahasiswa asing mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari majikan mereka. Sebenarnya mahasiswa lokal juga bisa mengalami hal yang sama. Yang menjadi penyebab disini adalah kurangnya informasi mengenai tempat kerja dan halangan dalam kelancaran berbahasa. Selama Anda memilih majikan dengan teliti, Anda bisa meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan.

Sebelum memulai kerja paruh waktu, lakukanlah hal-hal sebagai berikut:

Periksalah visa Anda

Visa-visa dengan kategori tertentu – seperti visa Tier 4 di Inggris – tidak mengijinkan mahasiswa asing untuk bekerja. Visa lain bisa saja mengijinkan mahasiswa asing untuk bekerja, tetapi dengan batasan waktu tertentu. Misalnya di Selandia Baru, mahasiswa asing tidak diperbolehkan untuk bekerja lebih dari 20 jam perminggu. Jika Anda melanggar peraturan tersebut, Anda bisa diminta untuk segera meninggalkan negara tersebut. Jadi, sebelum memulai kerja paruh waktu, periksalah batasan-batasan visa Anda.

Bertanyalah pada mahasiswa asing lainnya

Anda bisa menanyakan pada para mahasiswa asing yang bekerja paruh waktu, mungkin di tempat kerja mereka ada lowongan, atau Anda bisa mencari informasi mengenai reputasi majikan atau tempat kerja yang lebih bersahabat terhadap mahasiswa asing.

Berkonsultasi dengan pihak universitas

Biasanya universitas memberikan layanan konseling mengenai kerja paruh waktu. Mereka bahkan mempunyai koneksi dengan perusahaan-perusahaan lokal. Dengan begitu, Anda berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang lebih terjamin dan sesuai dengan bidang studi Anda.

 

Artikel terkait:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS