Informasi penting
Study abroad: Before you leave

5 ALASAN MEMBUKA REKENING BANK SEBELUM TIBA DI LUAR NEGERI

824

Bisa segera mengakses rekening tabungan sesegera mungkin sangatlah penting sewaktu kuliah di luar negeri. Berikut ini adalah 5 sebab mengapa sebaiknya membuka rekening tabungan sebelum tiba di kota destinasi kuliah di luar negeri...

 

 

Lingkungan asing

Walau sebelumnya telah membaca di berbagai sumber mengenai kota destinasi kuliah, tiba disana dan harus mengurus banyak keperluan sangat memakan waktu, dan bisa saja membingungkan. Belum lagi, begitu tiba akan disibukkan dengan masa orientasi, atau mengurus pendaftaran mata kuliah, pembuatan kartu mahasiswa dan lain sebagainya. Jadi akan sangat membantu jika urusan bank telah beres sebelum kamu sampai di negara tujuan. Dengan demikian kamu dapat mengakses dana untuk berbagai keperluan. 

 

 

Mencari bank yang cocok

Di luar negeri, bank-bank menawarkan incentif yang bermacam-macam bagi nasabah mereka. Akan sangat membingungkan dan memakan waktu untuk menentukan yang tepat dan cocok. Jadi sebaiknya mencari informasi sebelum berangkat kuliah. Dan juga, sewaktu di rumah kamu bisa meminta pendapat dari orang tua, saudara, senior atau teman yang pernah memiliki pengalaman serupa, sehingga kamu tidak perlu pusing mengurus rekening sendiri di negara asing.

 

 

Mencari alamat bank

Pertama kali sampai di negara asing, tentunya masih belum mengenal jalan. Untuk dapat menemukan bank yang ingin kamu tuju, harus mempelajari rute perjalanan dan lain sebagainya yang cukup merepotkan dan memakan waktu.

 

 

Kebutuhan segera

Begitu sampai di luar negeri, tentunya harus membeli berbagai kebutuhan. Membayarkan uang kuliah setelah mendaftarkan mata kuliah yang akan diambil di semester pertama juga membutuhkan uang dalam jumlah besar. Tentunya kurang aman jika harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak bukan? Oleh karena itu cara paling aman adalah membuka rekening tabungan terlebih dahulu, dan begitu tiba di negara tujuan, kamu bisa menarik jumlah yang dibutuhkan untuk melunasi biaya-biaya yang dibutuhkan.

 

 

Istilah perbankan

Istilah perbankan yang digunakan mungkin asing di telingamu, walau telah lulus tes IELTS atau TOEFL, mungkin kamu tidak mengingat atau memperhatikan istilah-istilah yang perlu dipakai di bank sehingga menjadi kendala sewaktu berkomunikasi dengan customer service bank. Belum lagi harus melengkapi formulir dalam Bahasa Inggris. Jadi dengan mengurus rekening bank sebelum berangkat kuliah ke luar negeri, kamu akan menghemat banyak waktu dan masalah.

 

 

Selain rekening bank, apalagi yang perlu dipersiapkan dari rumah? Baca juga 10 dokumen penting yang wajib menemani kamu berangkat kuliah ke luar negeri

 

Yakin sudah siap berangkat kuliah ke luar negeri? Baca dulu checklist ini untuk memastikan tidak ada yang ketinggalan.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS