Informasi penting
Study abroad: Before you leave

5 CARA 'MOVE ON' DARI KEGAGALAN MENDAFTAR KULIAH DAN BEASISWA LUAR NEGERI

2055

Apakah ini sudah kesekian kali kamu gagal mendaftar kuliah atau beasiswa luar negeri? Merasa kamu satu-satunya orang yang tidak beruntung itu?

Ada yang bilang bahwa FAIL adalah First Attempt in Learning. Semua orang pernah merasakan yang namanya: gagal, ditolak, tertinggal, dan lelah. Bahkan orang terkaya di China, Jack Ma (Pemilik Alibaba Group), harus melewati jalan berliku tajam penuh kegagalan sebelum akhirnya berhasil, jalan tersebut berupa:

  • Menjadi pemandu wisata gratisan selama 9 tahun demi belajar bahasa Inggris
  • Gagal ujian utama di SD 2 kali
  • Gagal ujian SMA 3 kali
  • Gagal ujian universitas 3 kali
  • Ditolak Harvard 10 kali
  • Ditolak 30 perusahaan saat melamar kerja
  • Bahkan KFC pun menolak lamaran pekerjaan Jack Ma

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegagalan tidak hanya terjadi pada kamu. Orang lain pun juga gagal. Yang membedakan hanya pada bagaimana kamu menghadapi kegagalan tersebut.

 

 

 

1. Terima kegagalan, menangis dan bersedihlah! 

Wait, what?

Yeah you hear me…

 

 

Pernah menonton film animasi ‘Inside Out’? Salah satu karakter utama di film itu adalah ‘Joy’ (kebahagiaan) dan ‘Sadness’ (kesedihan). Joy selalu berusaha menciptakan kebahagiaan dalam kehidupan seorang gadis bernama Riley. Yang pada akhirnya, Riley membutuhkan Sadness untuk kembali menghadapi tantangan hidup.

 

Seperti halnya Riley, kamu juga membutuhkan kesedihan untuk bangkit lagi. Saat kamu meneteskan airmata, kamu mengeluarkan hormon stres dari tubuh. Sehingga secara fisik, kamu akan merasa lebih baik. 

 

Kesedihan juga akan mengevaluasi kesalahan apa yang sudah kamu lakukan sehingga kamu gagal, yang terpenting adalah untuk kesedihan mengisi ulang baterai semangat meraih impian kamu

 

 

 

 

2. Jadilah gila

Yup, go be insane!

 

Albert Einstein bilang: “Insanity is doing the same thing over and over again and expecting a different result”...

 

 ”Kegilaan adalah melakukan hal yang sama berkali-kali, dan mengharapkan hasil yang berbeda”.

 

Kalau jalan untuk bisa kuliah di luar negeri adalah dengan mendaftar ke universitas dan beasiswa, terus lakukan, lagi dan lagi sampai kamu mendapatkannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dan orang lain

Kesedihan dan kekecewaan akan berlarut-larut kalau kamu selalu membandingkan kehidupan kamu dengan orang lain. Kamu tidak tahu apa yang telah mereka lewati untuk meraih kesuksesan. Seperti halnya kamu membandingkan perlombaan yang baru kamu mulai tahun ini dengan perlombaan orang lain yang mereka mulai 5 tahun lalu.

 

Kalaupun kamu ingin membandingkan kehidupan kamu dengan orang lain, lihatlah usaha dan kerja keras mereka. Bandingkan seberapa besar kerja keras kamu dengan mereka, apakah kamu sudah berusaha sekeras mereka?

 

 

 

4. Jangan mengasihani diri sendiri dan berdamai dengan hati

Ketika kamu jatuh, orang lain tidak akan mengasihani kamu. Berhentilah mengasihani diri sendiri. Setelah kamu menangis, galau, bersedih, mengevaluasi diri sendiri; ada suatu titik di mana kamu akan berdamai dengan diri sendiri. Inilah saatnya kamu keluar dari lingkaran setan kesedihan kamu.

 

Setelah berdamai dengan hati, kamu akan bisa segera move on. Moving on membuatmu segera bergerak, mencari kesempatan, dan merespon kesempatan tersebut sesegera mungkin. Self pity is toxic!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Gunakan ‘daya tarik’ pikiran kamu

 

Pernah membaca buku ‘The Secret’? di buku itu ada satu formula ‘sukses’, yang bernama ‘the law of attraction’ (Hukum tarik menarik). Seperti halnya magnet, pikiran kita juga memiliki daya tarik menarik. Bedanya, daya tarik menarik tersebut bukan antara positif dengan negatif, melainkan antara positif dengan positif. 

 

Segala sesuatu yang bisa kita bayangkan, adalah nyata - Pablo Picasso

 

Intinya, untuk mendapat hasil  yang positif, gunakan pikiran positif kamu. Contohnya: dengarkan nasihat dan kritik yang membangun, jangan hiraukan ucapan pesimis orang. Bertemanlah dengan orang-orang yang memiliki  motivasi tinggi dan memberi energi positif. Dengan energi-energi positif di sekitar kita, jalan untuk menuju kesuksesan jadi lebih gampang.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Nurmianti adalah digital marketing executive dari Hotcourses Indonesia. Dia lulus dari Universitas Negeri Malang, jurusan Sastra Inggris, dengan gelar Sarjana Sastra; serta menerima beasiswa Global UGRAD di Nazareth College of Rochester, NY. Sebelum lulus, Nurmianti mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di Inggris dan Amerika Serikat. Setelah menyelesaikan studi S1, Nurmianti juga sempat tinggal di beberapa negara, yaitu Jerman dan Romania. Dan saat ini, dia menetap di Inggris. Karena sering berpindah-pindah, travelling dan mencoba makanan baru menjadi hobinya.

Coba lihat...