Informasi penting
Study abroad: Before you leave

9 TIPS BERKEMAS SEBELUM BERANGKAT KE LUAR NEGERI

1779

Ahli Pengiriman Barang Ke Seluruh Dunia, Michael Spicer Memberikan Panduan Berharga Untuk Berkemas Sewaktu Mahasiswa Akan Berangkat Ke Luar Negeri.

 

‘Pindah ke luar negeri untuk kuliah mungkin akan menjadi pengalaman terbesar dalam hidup Anda sejauh ini. Begitu banyak yang harus direncanakan dan dikerjakan. Untungnya, saya sudah berpengalaman di bidang ini (dan saya juga pernah menjadi mahasiswa pada waktu lampau), jadi saya memiliki beberapa tips untuk Anda yang perlu dan harus dilakukan ketika berkemas sewaktu berangkat ke luar negeri”.

Jika Anda meninggalkan rumah untuk menuntut pendidikan lebih tinggi di negara lain, cobalah untuk membaca panduan berikut ini untuk menghidari kesalahan umum yang biasa terjadi. Ini akan membuat pengalaman berkemas Anda menjadi lebih mudah. 

 

1. Jangan melupakan timbangan

Adalah keharusan untuk mahasiswa menimbang berat bagasi Anda sebelum berangkat ke Airport. Maskapai Penerbangan akan menambahkan biaya ekstra untuk bagasi yang kelebihan berat. Sebuah tips yang sangat mudah adalah menggunakan timbangan rumah Anda, cobalah untuk mengukur berat badan Anda, dan mintalah seseorang untuk memberikan koper Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi berat badan Anda dari total berat keseluruhan. Mudah!

 

2. Jangan lupa tentang barang yang dilarang atau tidak diijinkan

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah mendapatkan barang Anda ditahan oleh petugas keamanan karena Anda membawa sesuatu yang terlarang atau tidak diijinkan. Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan secara online tentang hal ini tatapi yang utama untuk diingat adalah cairan hanya boleh dibawa di dalam kontainer kurang dari 100 ml dengan pengecualian obat yang diresepkan oleh dokter yang harus Anda lampirkan bersama bukti dokumen. 

 

3. Jangan membawa peralatan mandi tanpa memasukkan ke dalam tas terpisah

Jika ada kemungkinan terjadi bocor, jangan menaruh peralatan mandi di koper Anda beserta baju Anda. Sangatlah tidak nyaman bila Anda diperiksa di imigrasi dikarenakan adanya kebocoran. Selalu masukan barang yang mudah bocor ke dalam plastik. Sama halnya dengan barang yang mudah pecah – bungkuslah secara seksama.

 

4. Jangan menunggu sampai menit terakhir untuk check in

Terlihat sangatlah jelas, fakta bahwa Anda datang setelah semua orang lain telah check ini, menambah kemungkinan bahwa bagasi Anda tidak terbawa di pesawat. Hal ini akan sangat memberatkan Anda ketika pertama tiba di luar negeri.

 

5. Jangan membawa barang yang dapat Anda beli di negara tujuan Anda

Barang seperti buku, CD, DVD, apa saja yang memakan tempat dan dapat dengan mudah didapatkan di alamat baru Anda. Saat ini Anda dapat dengan mudah membuat salinan dari iClouds, Kindles dan Spotify, jadi mengapa harus menambah berat bawaan Anda? Banyak terdapat penyimpanan murah untuk mahasiswa jika Anda membutuhkan tempat untuk menyimpan koleksi Anda. Adalah ide yang bagus untuk membeli tambahan ruang penyimpanan Anda.

 

6. Jangan menaruh barang penting di berbagai kotak

Untuk kenyamanan Anda, sangatlah mudah jika Anda menaruh berbagai barang penting yang Anda perlukan di satu tempat (seperti perlengkapan mandi, teh dan kopi, dan lainnya). Dengan ini Anda dapat mengeluarkannya dan dapat langsung Anda gunakan. Terkadang berada di tampat yang baru akan terasa lebih nyaman bila Anda menemukan semua barang yang Anda perlukan di dalam satu kotak. Hal ini lebih mengarah pada psikologi, tetapi tentunya akan lebih mudah jika Anda tidak perlu untuk membongkar seluruh kotak untuk menemukan sikat gigi Anda.

 

7. Jangan lupakan tas

Banyak mahasiswa melupakan untuk membawa tas – untuk keperluan sehari hari seperti rangsel atau tas belanjaan. Tentu Anda dapat selalu membeli tas di tempat tujuan Anda tapi sebuah tas kosong tidaklah begitu berat dan memakan tempat. 

Anda bisa menaruh charger atau keperluan lain yang akan segera dipakai pada saat turun dari pesawat. Sebaiknya cek juga iklim di negara destinasi. Jika ternyata musim dingin, sebaiknya membawa sweater atau baju dingin.

 

8. Jangan lupa untuk membawa baju ekstra

Saya harap ini tidak akan terjadi pada Anda, tetapi dalam keadaan bagasi Anda hilang atau tertinggal, akanlah sangat menolong bila Anda mebawa baju ekstra di koper tangan Anda.

 

Berkemas tidaklah harus menjadi pengalaman menakutkan bagi mahasiswa jika Anda sudah merencanakan semua sebelumnya, dan jangan lakukan sendirian cobalah untuk meminta bantuan keluarga Anda

 

9. Jangan lupa membawa uang tunai

Anda akan membutuhkan uang tunai untuk makan, naik taksi atau bis, untuk beberapa hari sebelum bisa mengakses rekening bank Anda di luar negeri. Untuk jumlah yang sebaiknya dibawa, bisa ditanyakan kepada universitas. 

 

Artikel ini ditulis oleh by Seven Seas Worldwide, perusahaan pengiriman internasional yang mengambil, menyimpan dan mengirimkan bawaan dan bagasi lebih Anda ke seluruh dunia. 

 

 

Baca juga:  

Panduan kami untuk Anda sebelum berangkat ke luar negeri

Tips untuk berangkat kuliah

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS