Informasi penting
Study abroad: Before you leave

Apakah Ijazah SMA dari luar negeri berlaku di Amerika Serikat?

1209

Setiap tahunnya, ada ribuan orang pindah ke Amerika untuk bekerja ataupun belajar. Beberapa menetap hanya untuk sementara sedangkan lainnya berimigrasi ke Amerika untuk mencari pekerjaan tetap. Apapun alasannya, semuanya perlu mendaftar untuk mendapatkan visa yang tepat untuk menetap di Amerika dan menunjukkan ijazah ataupun resumé mereka.

Kalau kamu mendapatkan ijazah SMA-mu dari negeri asalmu, mungkin kamu kemudian bertanya-tanya apakah ijazahmu berlaku di Amerika. Jawabannya tergantung pada beberapa factor, termasuk diantaranya standar pendidikan di negaramu dan beberapa perbedaan di sistem pendidikan berstandar internasional.

 

Mengevaluasi Gelar SMA dari Luar Negeri

Cara yang paling efektif untuk membandingkan gelar SMA-mu dengan persyaratan pendidikan di Amerika adalah dengan mensertifikasi ijazahmu.

Misalnya kalau kamu mendaftar sebagai mahasiswa internasional ke universitas di Amerika, kamu harus mengumpulkan bukti pendidikan terakhirmu yang setara dengan standar pendidikan di Amerika. Evaluasi akreditasi adalah salah satu cara yang berguna kalau kamu mencari kerja, karena dengan evaluasi kredensial kamu dapat membuktikan bahwa pendidikan SMA-mu memang sudah setara dengan standar di Amerika.

 

Untuk memperoleh evaluasi tersebut, kamu perlu mencari jasa untuk ini. Di Amerika Serikat, jasa ini tidaklah ditawarkan oleh pemerintah. Jasa dari pihak ketiga-lah yang biasanya dipekerjakan oleh masing-masing individu, dengan cara mengumpulkan fotokopi ijazah dan transkrip mereka ke penyedia jasa.

 

Kamu akan perlu mengkontak kembali alma matermu dan meminta fotokopi ijazah—apabila memungkinkan—yang menunjukkan bukti bahwa kamu memang alumni sekolah tersebut dan telah lulus.

 

 

Lalu bagaimana kalau Ijazahku tidak berlaku?

Tentu kemungkinan ini selalu ada, dan apabila iya, para imigran di Amerika memiliki beberapa pilihan. Salah satunya adalah dengan mengambil tes GED, singkatan dari General Educational Development test.

Siapapun yang lulus tes ini akan mendapat ijazah yang setara dengan ijazah SMA di Amerika. Meski hierarkinya masih berada di bawah diploma SMA, namun ijazah GED sudahlah cukup untuk melamar pekerjaan, dan ijazah ini dapat digunakan untuk mendaftar di community college. 

 

Di beberapa kasus lainnya, kelas-kelas malam atau kelas-kelas semacam Kejar Paket A--continuing education--dapat juga diambil untuk mendapatkan ijazah pengganti ijazah SMA. Kamu perlu mengumpulkan kembali ijazah SMA-mu dan juga ijazah yang kamu dapatkan dari kelas-kelas ini ke penyedia jasa evaluasi kredensial setelahnya untuk memperoleh surat keterangan yang menyatakan bahwa memang pendidikan yang kamu peroleh sudahlah setara dengan SMA di Amerika.

 

Jangan lupa, perlunya menyetarakan ijazahmu ini tidak berarti bahwa negaramu lebih tertinggal kalau dibandingkan dengan sistem pendidikan di Amerika. Ini artinya sekadar bahwa tiap-tiap Negara memiliki standar yang berbeda-beda—dan mengevaluasi dengan cara yang berbeda pula.

 

P. S. Kalau kamu sendiri sudah menentukan universitas yang ingin kamu tuju, penting sekali untuk langsung mengecek masalah ini dengan universitas yang bersangkutan lho untuk memastikan! Coba hubungi Admissions Office di universitas tersebut baik melalui email ataupun telepon untuk bertanya lebih lanjut. Mereka pasti berusaha membantu kamu kok!

 

 

 

 

(Sumber: http://www.spantran.com/academic-evaluation-services/is-a-foreign-high-school-diploma-any-use-in-the-united-states/)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.