Informasi penting
Study abroad: Before you leave

Cara menentukan jenjang studi yang cocok untuk kamu

2997

Sebelum memilih program kuliah di luar negeri, penting untuk mengetahui jenjang pendidikan yang bisa kamu ambil. Karena istilah-istilah di luar negeri agak berbeda dengan Indonesia, terkadang bisa membingungkan.

Download brosur informasi beasiswa ​​

Pertama-tama, kamu perlu mempertimbangkan faktor-faktor di bawah ini untuk menentukan jenjang pendidikan:

 

‘Apa kualifikasi yang saya miliki sekarang?’

Universitas memberlakukan persyaratan masuk bagi pendaftar internasional. Misalnya untuk dapat diterima di program Bachelor (undergraduate/sarjana) maka kamu harus memiliki surat tanda kelulusan dari Sekolah Menengah Umum dengan nilai yang memadai. Untuk dapat diterima di program diploma atau foundation, atau vokasi, tentu saja kualifikasi yang dibutuhkan berbeda lagi. 

 

‘Apa cita-cita saya?’

Menentukan arah kuliah, tentunya harus mempertimbangkan pertanyaan ini. Kedepannya kamu ingin mendalami karir di bidang apa? Ada jenis karir tertentu yang lebih kompetitif, sehingga gelar S1 saja susah mendapatkan pekerjaan dan gelar pascasarjana (S2) akan lebih membantu prospek kerja. Jadi sebelumnya, ada baiknya mempelajari atau mencari gambaran tentang pasaran kerja. Kamu bisa memulai dengan artikel-artikel ini:

Masih bingung? Coba lihat karir apa yang sesuai untuk kamu

 

Jika kamu belum memiliki kualifikasi yang diminta universitas di luar negeri...

Kualifikasi yang kamu miliki belum diterima di program yang kamu inginkan? Jangan putus asa, kamu bisa mengambil program jalur (pathways) supaya diterima di program kuliah impianmu.

 

Terdapat dua kategori persyaratan masuk: Akademis dan Bahasa Inggris. Jika nilai akademis kamu telah memenuhi syarat, tetapi belum mencapai skor Bahasa Inggris yang diminta universitas, kamu bisa mengambil program persiapan Bahasa Inggris terlebih dahulu, misalnya EFL. Kualifikasi S1 yang kamu dapatkan di Indonesia belum cukup untuk ambil program S2 di luar negeri? kamu bisa mengikuti program jalur seperti.

 

 

Jenjang pendidikan yang tersedia?

 

Sarjana

Pendidikan Sarjana (atau disebut sebagai undergraduate (UG) di luar negeri) adalah jenjang pendidikan tinggi tingkat pertama. Gelar yang paling umum didapat dari jenjang ini adalah Bachelors (3 tahun) dan dapat ditambah dengan gelar Honours  (Hons) jika nilai kamu memenuhi persyaratan, dan menambah durasi kuliah (sekitar 1 tahun).

 

 

Pascasarjana

Pendidikan Pascasarjana (S2/S3) atau disebut dengan postgraduate (PG) di luar negeri adalah jenjang pendidikan lanjutan dari gelar Bachelors atau Honours. Sementara pendidikan sarjana membahas cakupan studi yang lebih umum dan luas, pendidikan pascasarjana mempelajari fokus studi yang lebih spesifik, juga mengharuskan penelitian, dan atau menulis tesis. Masters (S2) adalah jenjang awal dari pascasarjana (berdurasi 1-2 tahun), yang kemudian dapat dilanjutkan dengan Doktorat (PhD) yang berdurasi sekitar 3-4 tahun.   

 

 

Vokasi/Kejuruan

Berbeda dengan pendidikan sarjana dan pascasarjana yang lebih teoritikal, pendidikan vokasi/ kejuruan berfokus lebih praktikal. Pendidikan vokasi mengajarkan teknik dan keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk langsung memasuki lapangan kerja (baik itu akuntansi, keperawatan, teknik, hukum, dan lainnya) begitu lulus. 

 

Sudah jelas dengan jenjang pendidikan yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki? Mulai cari program kuliah di luar negeri sekarang juga di Hotcourses Indonesia

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.

Coba lihat...