Informasi penting
Study abroad: Before you leave

College vs. university

1144

Dalam Bahasa Inggris, kata College dan University sering sekali digunakan secara bergantian untuk menyebut universitas, namun sebenarnya ada perbedaan yang tidak terlalu kentara antara dua kata ini.

University biasanya ditujukan untuk institusi yang menawarkan program S1 dan S2 penuh waktu, sementara college seringnya menawarkan program-program yang jauh lebih spesifik dan mungkin tidak menawarkan program S2 sama sekali. Namun definisi ini bukanlah sesuatu yang baku, dan colleges dan universitas bisa menamakan institusi mereka sesuka hati.

Dalam penggunaan Bahasa Inggris-Amerika di penerapan sehari-hari, university memiliki konotasi akan ‘prestige’—atau kelas—yang tidak selalu dimiliki oleh college, meski ada juga universitas-universitas ternama dengan reputasi bagus yang juga menyebut diri mereka sebagai college sekadar karena alasan tradisi (misalnya saja Darthmouth College). Namun tidak ada yang akan berkata bahwa mereka akan melanjutkan studinya di universitas. Di Amerika, setelah kamu lulus SMA, kamu akan pergi ke college, meskipun college tujuanmu menyebut dirinya sebagai universitas.

 

 

Misalnya saja, surat kabar berikut sering merujuk ke kata college sebagai istilah generik yang mengacu pada institusi pendidikan tinggi:

"Cara lain yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan kondisi finansial banyak college di masa resesi atau krisis adalah dengan menaikkan SPP, tentunya." [NY Times]

"Ia adalah orang pertama di dalam keluarga yang dapat mengenyam pendidikan di college." [Wall Street Journal]

"Murid-murid di Texas sedikit tertinggal di belakang teman-temannya dalam hal peringkat di tes Advanced Placement mereka untuk college." [Houston Chronicle]

 

 

Beberapa universitas di Amerika merujuk kepada program-program S1 mereka sebagai college (misalnya saja Harvard College di Harvard University), sementara yang lain menggunakan kata college untuk mengacu pada unit-unit di dalam sebuah organisasi di universitas. Misalnya saja, the University of Michigan memiliki College of Literature, Science & Arts, the College of Engineering, dan the Taubman College of Architecture & Urban Planning, dan masih banyak lagi.

 

(Coba cek artikel berikut mengenai Harvard University!)

 

 

 

Bahasa Inggris British, Australia, dan Kanada

Di UK, universitas merupakan institusi yang dapat memberikan gelar, sementara college adalah institusi yang mempersiapkan para murid untuk mendapatkan gelar.

Sistem ini bisa menjadi agak kompleks dan ia bervariasi dari satu sekolah ke sekolah lainnya. Dalam prakteknya, orang-orang Inggris biasanya menggunakan kata university sebagai istilah umum untuk pendidikan yang lebih tinggi—misalnya:

 

 

"Ia akan menjadi orang pertama di dalam keluarga yang mengenyam pendidikan di university." [The Guardian]

"Di masa lalu, banyak orang menempuh pendidikan di university untuk alasan selain pekerjaan." [Financial Times]

 

Sistem yang sama berlaku juga di Kanada dan Australia; university lebih sering digunakan dibandingkan college untuk mengacu pada pendidikan tinggi pada umumnya—misalnya:

 

 

"Menghabiskan satu tahun jeda setelah lulus SMA dan sebelum memasuki university dulu dilihat sebagai suatu bentuk pemberontakan." [Sydney Morning Herald]

"Hanya ada 23% dari generasi pertama yang kuliah di university, yang sejauh ini merupakan persentase terendah dari grup imigran manapun." [Globe and Mail]

 

(Sumber: http://grammarist.com/usage/college-university/)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.