Informasi penting
Study abroad: Before you leave

2 macam tes Reading di IELTS: Academic dan General Training

2387

Apakah tes Reading di IELTS Academic dan General Training sama?

Skill yang kamu perlukan (skill memprediksi, mencari informasi spesifik, menganalisa opini, dsb.) tidaklah berbeda untuk kedua jenis tes ini. Tipe pertanyaannya pun sama, misalnya saja dua-duanya sama-sama memiliki soal-soal pilihan ganda, melengkapi kalimat, dan semacamnya.

 

 

1. Yang berbeda dari kedua tipe soal ini adalah jenis teks bacaan yang akan kamu dapatkan.

Perbedaan ini ada untuk menunjukkan perbedaan ekspektasi dan tujuan para kandidat saat mengambil tes IELTS. Dalam tes  Academic IELTS, kamu akan diberikan 3 teks bacaan akademis yang mirip-mirip dengan jenis teks bacaan yang akan kamu dapatkan saat kamu berkuliah di luar negeri nanti. Teks bacaan tersebut diambil dari jurnal, majalah, buku-buku dan koran-koran akademis.

 

Di tes IELTS jenis General Training, kamu akan diberikan teks baik yang panjang maupun yang pendek dengan tema yang lebih umum, dan beberapa diantaranya berhubungan dengan pekerjaan atau situasi sehari-hari. Teks yang ada diambil dari selebaran, memo, pemberitahuan, jadwal kegiatan, dokumen, koran-koran, instruksi dan manual yang mungkin kamu baca dimana-mana.

 

 

 

2. Berapa banyak waktu yang akan diberikan untuk membaca dan mengerjakan soal tersebut?

 

 

Kamu akan diberikan maksimum 1 jam untuk menjawab 40 pertanyaan  dan untuk mentransfer jawaban kamu ke lembar jawaban. Kamu tidak akan diberikan waktu tambahan untuk mentransfer jawabanmu, berbeda dengan saat kamu mengerjakan bagian Listening.

 

3. Skill apa saja yang akan diuji?

Bagian Reading di tes IELTS akan menguji beberapa kompetensi yang berbeda, diantaranya:

 

  • Melengkapi diagram, tabel ataupun ringkasan
  • Menganalisa perbedaan antara tema dan detail pendukung
  • Mencari informasi spesifik
  • Mengidentifikasi opini penulis
  • Mengurutkan argumen-argumen penting
  • Mengidentifikasi tujuan penulis

 

 

Tes Reading ini juga menguji kosakatamu, karena kebanyakan jawaban yang benar dapat berupa sinonim atau parafrase dari pertanyaan yang ada.

 

4. Tipe-tipe pertanyaan apa saja yang akan berbeda?

Ada beberapa tipe pertanyaan yang berbeda yang dibuat untuk menguji kompetensi membaca kita, dan karenanya kamu perlu mengenali tipe-tipe tersebut.

 

5. Saya memerlukan skor minimum 7. Ada berapa pertanyaan yang perlu aku jawab dengan benar?

 

Jumlah jawaban benar yang diperlukan untuk mendapatkan skor 7 akan berbeda-beda, tergantung dari masing-masing tes yang kamu dapatkan. Pada umumnya, semua macam tes yang diujikan memiliki tipe-tipe kesulitan yang sama, namun skor yang dibutuhkan untuk mendapatkan skor tertentu akan berbeda-beda, tergantung dari performa keseluruhan para peserta tes di hari itu.

Untuk mendapatkan skor 7 kamu perlu menjawab setidaknya 30 pertanyaan dengan benar (dari total 40 soal), namun ini pun tidak mesti sama dari satu tes ke tes lainnya.

 

 

Perlu diingat bahwa tingkat kesulitan yang ada akan bertambah di tiap-tiap soal yang kamu hadapi, dan usahakanlah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di tahap awal dengan benar.

 

(Sumber: http://ieltsadvantage.com/2015/03/20/top-10-ielts-reading-tips/)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.