Informasi penting
Study abroad: Before you leave

Kuliah itu seperti apa ya?

30335

Apa sih perbedaan kuliah sama waktu sekolah? Bukankah sama-sama mengikuti pelajaran dalam kelas, ngerjain tugas, trus ikut ujian? Bagi Anda yang memiliki pertanyaan-pertanyaan seperti itu, mari simak artikel di bawah ini...

Jawaban singkatnya adalah kuliah di universitas menuntut kemandirian. Hanya dengan mengikuti kelas kuliah tidak menjamin Anda bisa mengerjakan tugas dan mendapat nilai yang bagus saat ujian. Jika semasa sekolah kita hanya mengikuti pelajaran di kelas, sewaktu kuliah kegiatan belajar lebih bervariasi.

Kegiatan-kegiatan Kuliah

  • Kelas kuliah: Kegiatan ini diadakan di ruang yang besar. Semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini akan menghadiri kelas kuliah. Kegiatan belajarnya lebih pasif. Biasanya dosen menyampaikan materi pelajaran, mahasiswa membuat catatan. Dosen menjelaskan dan mahasiswa mendengarkan. Tanya jawab sangat jarang dilakukan.
  • Seminar: Jumlah mahasiswa yang mengikuti seminar lebih sedikit jika dibandingkan dengan kelas kuliah. Pengajarannya juga lebih interaktif. Mahasiswa diharapkan untuk mengajukan pertanyaan, mengemukakan ide dan pendapat mereka. Kadang mahasiswa juga diminta untuk melakukan presentasi, sehingga perlu menyiapkan diri sebelumnya.
  • Tutorial: Kelas ini lebih kecil lagi dari seminar. Bisa jadi hanya antara dosen dan Anda sendiri (tetapi kejadian ini tidak umum). Di kelas tutorial, dosen akan membahas topik-topik tertentu, atau mengadakan diskusi dengan topik yang lebih spesifik. Biasanya sebelum menghadiri tutorial Anda harus mengerjakan tugas (PR) atau menyiapkan presentasi.
  • Praktek: Kegiatan ini untuk mempelajari keahlian praktikal di laboratorium, studio, lokakarya, atau tempat lain yang sesuai, tergantung mata kuliah Anda.

Proporsi Tiap Kegiatan

Porsi dari tiap kegiatan bisa berbeda-beda. Metode pengajaran juga bisa berbeda-beda tergantung universitas dan mata kuliah. Ada mata kuliah yang bersifat lebih teoritis, dan ada mata kuliah yang bersifat lebih praktikal. Misalnya untuk mata kuliah sains, mahasiswa akan menghabiskan banyak waktu di kelas kuliah untuk mempelajari dan di laboratorium untuk mengadakan penelitian. Mahasiswa jurusan hukum akan lebih sering terlibat dalam diskusi. Bisa juga mata kuliah yang sama memiliki struktur yang berbeda di universitas yang berbeda. Mengenai proporsi tiap kegiatan di atas bisa ditanyakan melalui email ke universitas, ataupun saat menghadiri acara open day.

Layanan Dukungan Mahasiswa

Universitas menyediakan pembimbing dan kantor khusus untuk membantu para mahasiswa yang membutuhkan. Terutama pada tahun pertama, mungkin asih banyak mahasiswa yang bingung dengan cara pengerjaan tugas, membuat presentasi, dan lain sebagainya. Universitas mengerti akan kebingungan mahasiswa-mahasiswa tertentu pada masa transisi ini. Jadi, jika Anda mengalami masalah dalam mengikuti kuliah, jangan sungkan untuk mengunjungi pembimbing atau kantor mahasiswa yang bisa membantu Anda.

Diskusi dengan Teman-teman

Di kampus tidak jarang terlihat para mahasiswa berkumpul dan membahas tugas mereka. Untuk mengerjakan tugas biasanya perlu mencari bahan (artikel, jurnal, buku dan lain-lain). Tiap mahasiswa bisa saja mengerjakan tugas dari sudut pandang yang berbeda-beda, tetapi mereka harus mempunyai bahan yang relevan untuk mendukung sudut pandang mereka. Biasanya para mahasiswa akan saling bertukar pendapat dan bahan yang mereka dapatkan. Jadi, sharing dengan teman-teman bisa membantu kelancaran kuliah Anda juga, tetapi hindari juga terlalu tergantung dengan teman.

 

Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS