Informasi penting
Study abroad: Before you leave

Membaca Kilat: Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca (Bagian 3)

281

Tips di dalam tes

 

  • Kamu tidak perlu membaca keseluruhan teks untuk tiap pertanyaan yang ada. Hanya baca yang perlu kamu baca dan lanjutkan ke pertanyaan berikutnya.
  • Jangan mengkhawatirkan kata-kata yang tidak kamu mengerti artinya. Kalau kamu mendapati satu kata yang tidak kamu mengerti, kamu dapat menebak artinya dari kata-kata lain di kalimat tersebut atau kamu dapat mengacuhkannya. Bahkan untuk native speaker pun, ada kalanya mereka tidak mengerti arti sebuah kata.
  • Setiap pertanyaan kurang lebih berdurasi selama 90 detik, namun beberapa pertanyaan lebih mudah dibandingkan yang lain sementara lainnya dapat menghabiskan lebih banyak waktu. Jangan benar-benar aplikasikan batas waktu sebanyak 90 detik per pertanyaan; pangkaslah waktu di pertanyaan-pertanyaan yang lebih mudah dan sisakan sisanya untuk yang lebih sulit.
  • Namun pastikan juga kamu tidak menghabiskan terlalu banyak waktu. Beberapa pertanyaan dibuat untuk membedakan murid-murid di level band 8 dan 9, dan kalau kamu tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini setelah satu sampai dua menit, segeralah lanjut ke pertanyaan selanjutnya terlebih dahulu.
  • Secara umum, pertanyaan-pertanyaan yang lebih mudah biasanya terletak di awal sementara yang lebih sulit di bagian akhir.
  • Kalau kamu terbiasa mengucapkan kata-kata yang kamu baca—meski dengan sangat pelan—hentikanlah kebiasaan ini. Melakukan ini dapat memperlama proses pencernaan kata yang kamu baca.
  • Kalau kamu terus-menerus membaca kalimat yang sama lebih dari sekali, cobalah gunakan secarik kertas untuk menandai baris kata yang baru saja kamu baca. Setelah beberapa saat, kamu akan berhenti membaca bagian yang sama berulang-ulang dan mulai membaca dengan cara yang lebih efisien.
  • Bacalah pertanyaan yang ada sebelum kamu membaca teks bacaan. Ini akan membantumu memfokuskan pikiranmu dan tujuanmu saat membaca nanti.
  • Gunakanlah judul bacaan dan perhatikanlah illustrasi atau gambar-gambar yang mungkin ada di dalam teks untuk membantumu memprediksi isi keseluruhan teks tersebut.

 

(Sumber: http://ieltsadvantage.com/2015/05/06/speed-reading-increase/?utm_content=buffer73eb0&utm_medium=social&utm_source=facebook.com&utm_campaign=buffer)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.