Informasi penting
Study abroad: Before you leave

4 Cara Meyakinkan Ortu Agar Diperbolehkan Kuliah ke Luar Negeri

5111

Kita sering melihat pesan-pesan di Twitter seperti : “Saya ingin kuliah ke luar negeri, tapi tidak diijinkan orang tua! Hiks...” dan lain-lain.

 

Sementara Anda sangat antusias ingin kuliah ke luar negeri, orang tua Anda mungkin tidak berpikir demikian. Tentu saja banyak faktor yang mempengaruhi pikiran mereka, misalnya faktor keuangan, mereka tidak yakin Anda bisa hidup sendiri di negara asing dan sebagainya.

Tentu saja tanpa ijin orang tua, mimpi Anda untuk kuliah ke luar negeri tidak akan menjadi kenyataan. Jadi, bagaimanakah cara meyakinkan orang tua untuk membiarkan Anda kuliah ke luar negeri?

 

Bicarakan mengenai hal ini jauh-jauh hari

Jika Anda membicarakan hal ini secara mendadak, mungkin sulit bagi mereka untuk menerima pemikiran Anda. Bahkan mereka akan menganggap ini hanya mimpi sesaat Anda, dan Anda akan melupakannya tidak lama lagi. Jadi sebaiknya Anda membicarakan hal ini dua atau tiga tahun sebelumnya, dan lakukanlah secara berkala. Dengan begitu, mereka akan lebih yakin dengan niat Anda, bahwa Anda memang bersungguh-sungguh ingin kuliah ke luar negeri dan dengan alasan yang tepat. Selain itu, mereka juga ada kesempatan untuk mengatur anggaran dan menyiapkan biaya kuliah yang Anda perlukan nanti.

 

Jagalah sikap Anda

Kemandirian dan rasa tanggung jawab Anda adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan orang tua Anda. Jika Anda dinilai sebagai seorang anak yang giat belajar, mandiri, penuh rasa tanggung jawab, bisa mengambil keputusan yang tepat, maka orang tua Anda pasti akan lebih tenang membiarkan Anda hidup di luar negeri, tanpa pengawasan mereka. Tetapi sebaliknya, jika Anda menunjukkan sikap cengeng, manja, dan malas belajar, bagaimana orang tua Anda bisa tenang membiarkan Anda kuliah ke luar negeri? Apalagi kuliah ke luar negeri pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi, jika Anda memang sungguh-sungguh berniat untuk kuliah ke luar negeri, jadilah seorang pribadi yang mandiri, bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

 

Tunjukkan persiapan Anda

Jika Anda hanya bilang “Saya ingin kuliah ke luar negeri!” tanpa melakukan apa-apa, kecil kemungkinan permintaan Anda akan dikabulkan oleh orang tua Anda. Akan tetapi, jika Anda menunjukkan bahwa Anda telah mencari berbagai informasi mengenai universitas pilihan Anda, jurusan yang ingin Anda tekuni, biaya kuliah dan perkiraan biaya hidup, beasiswa yang disediakan,  mungkin orang tua Anda akan mempertimbangkannya. Kamu bisa juga mengunduh brosur resmi universitas dan menunjukkannya ke orang tua Anda. Dengan melihat persiapan Anda, mereka akan lebih yakin dengan kesungguhan Anda. 

 

Sampaikan mengenai prospek kerja di luar negeri

Untuk apa kuliah? Tentu saja untuk masa depan yang lebih baik. Masa depan yang baik identik dengan karir yang baik, dimana pemasukan Anda bisa menjamin kesejahteraan Anda dan keluarga. Jika Anda menjamin dengan kuliah ke luar negeri bisa mendapatkan karir yang baik, kemungkinan besar orang tua Anda akan setuju dengan keputusan Anda. Jadi, sampaikanlah kepada orang tua Anda gambaran mengenai prospek kerja di sana. Begitu Anda lulus kuliah, lowongan kerja apa saja yang tersedia dan jika bisa mengetahui estimasi gaji yang bisa Anda dapatkan, akan lebih baik lagi. Kemudian beberapa jurusan mengharuskan magang, dimana hal ini selain membantu Anda mencari pengalaman kerja, juga bisa untuk meringankan biaya hidup Anda. Carilah informasi lebih jelas mengenai hal ini, misalnya menceritakan contoh pengalaman magang, dan sampaikanlah semua informasi kepada orang tua Anda.

 

Semoga berhasil!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS