Informasi penting
Study abroad: Before you leave

6 Pertanyaan Yang Penting Dijawab Sebelum Kuliah Ke Luar Negeri

3627

Seberapa lama saya bisa hidup sendiri tanpa ditemani keluarga?

Jika Anda adalah orang yang sulit berpisah dengan keluarga, tetapi ingin kuliah ke luar negeri, Anda bisa mempertimbangkan program belajar yang lebih pendek. Misalnya, daripada memilih program sarjana yang berlangsung selama minimal 3 tahun, Anda bisa mempertimbangkan Associate’s Degree (setara gelar Diploma di Indonesia) yang hanya memerlukan 2 tahun. Ataupun, Anda bisa menyelesaikan gelar sarjana di Indonesia dan mengambil program pascasarjana di luar negeri. Program pascasarjana pada umumnya dapat diselesaikan dalam setahun.

 

Apakah saya lebih cocok dengan kehidupan di kota besar atau di kota kecil?

Hal ini akan berpengaruh pada kehidupan sosial Anda. Perlu Anda ingat, kuliah tidak hanya menyangkut prestasi akademis. Tujuan dari kuliah adalah demi masa depan yang lebih baik. Kualitas kehidupan sosial Anda saat kuliah tidak boleh diabaikan. Selain mengejar prestasi, Anda perlu bergaul dan berbaur dengan lingkungan setempat. Hal ini akan memberikan sumbangan besar dalam pengalaman Anda yang nantinya akan membentuk karakter Anda. Jadi, pilihlah daerah yang sesuai dengan kepribadian Anda. Jika Anda memang lebih menyukai kehidupan yang tenang, jangan paksakan diri untuk hidup di kota besar. Atau sebaliknya, jika Anda sudah terbiasa dengan kehidupan kota besar, jangan paksakan diri untuk hidup di daerah yang membosankan bagi Anda. Carilah lingkungan dimana Anda bisa memanfaatkan waktu kuliah Anda dengan baik untuk mendalami ilmu dan memperkaya diri dengan pengalaman-pengalaman yang bermakna.

 

Apakah saya bisa berbagi kamar dengan orang lain?

Kebudayaan kampus berbeda-beda di tiap negara. Mahasiswa internasional di Australia lebih memilih untuk tinggal di luar kampus, sementara di Inggris, mahasiswa lebih senang tinggal di dalam kampus, paling tidak untuk tahun pertama. Di Amerika dan Hong Kong, para mahasiswa pada umumnya tinggal di asrama dimana terdapat beberapa tempat tidur dalam satu kamar. Pilihan lainnya adalah tinggal di apartemen dengan teman-teman seapartemen yang tidak Anda kenal. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda bisa menyesuaikan diri dengan orang lain yang tidak Anda kenal? Jika Anda kuliah ke luar negeri dengan sekelompok teman, maka tidak menjadi masalah. Anda dan teman-teman bisa menyewa apartemen. Tetapi jika tidak, dan Anda merasa lebih nyaman tinggal sendiri, pilihlah kamar single. Ingatlah, bahwa Anda perlu menjaga kondisi emosional Anda agar bisa memberikan hasil yang terbaik bagi studi Anda. Jadi Anda perlu mencari tempat tinggal yang nyaman.

 

Apakah saya bisa menyesuaikan diri dengan makanan di luar negeri?

Makanan adalah sumber nutrisi, dan penting untuk menjaga kesehatan, terutama di saat kita jauh dari keluarga. Beberapa asrama menyediakan jasa katering dengan menyediakan makan malam dan sarapan pagi. Ini akan memudahkan Anda tentunya, tetapi tentu saja pilihan menu tidak banyak, dan Anda bisa bosan dalam waktu beberapa lama. Pertama kali tiba di negara asing, mungkin Anda tidak terbiasa dengan makanan di sana. Jadi, ada baiknya jika Anda bisa memasak sendiri. Tetapi jika Anda adalah orang yang bisa menerima makanan apa saja, maka Anda akan baik-baik saja.

 

Apakah jurusan yang saya pilih sudah benar-benar sesuai dengan minat saya?

Terkadang, kita memilih jurusan berdasarkan prospek karir yang tersedia, padahal sebenarnya kita lebih berminat di bidang lain. Jika Anda mengalami dilema seperti ini, pertimbangkan kembali mengenai jurusan pilihan Anda dengan seksama. Jika Anda menekuni jurusan yang tidak Anda minati, Anda tidak akan bisa memberikan usaha yang maksimal. Anda mungkin hanya akan berusaha untuk mengejar nilai saja. Di luar negeri, walau nilai akademis dipertimbangkan sewaktu menerima karyawan, perusahaan-perusahaan juga mementingkan semangat kerja calon karyawan mereka, karena seorang karyawan dengan semangat kerja yang tinggi cenderung memberikan performa yang lebih baik.

Demi diri Anda sendiri, pilihlah jurusan di bidang yang Anda sukai. Akan jauh lebih menyenangkan bekerja di bidang yang kita nikmati, daripada bekerja hanya untuk mengejar gaji. Kita perlu memperhatikan kualitas hidup emosi kita, untuk menjalankan hidup yang lebih bermakna.

 

Lowongan kerja apa saja yang tersedia jika saya lulus nanti?

Dalam menentukan tempat kuliah Anda, sebaiknya Anda mempunyai gambaran karir seperti apakah yang ingin Anda tekuni di masa depan. Lingkungan kerja seperti apakah yang bisa Anda nikmati? Beberapa kota terkenal untuk industri-industri tertentu. Misalnya, banyak perusahaan ternama Inggris yang berpusat di London, sehingga London adalah tujuan populer bagi para lulusan jurusan Keuangan dan Bisnis. Jika Anda berencana mengejar karir di luar negeri, carilah informasi lebih lanjut mengenai prospek karir yang sesuai bagi Anda sebelum menentukan tempat kuliah Anda.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS