Informasi penting
Study abroad: Before you leave

Tips Packing Untuk Kuliah Di Luar Negeri

8142

Setelah menerima surat penerimaan dari universitas pilihan kamu, saatnya kamu mempersiapkan barang-barang yang akan kamu bawa ke luar negeri. Dengan batas bagasi pesawat 23kg-30kg, tentunya kamu harus mempunyai system packing yang efektif agar tidak meninggalkan barang keperluan di Indonesia.

Baju musim dingin

Langkah yang paling penting sebelum berangkat untuk studi di luar negeri adalah untuk mencari tahu tentang cuaca disana. Tentunya, negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia memiliki musim yang tak pernah kita alami selama di Indonesia. Contohnya, buat kamu yang akan kuliah di Inggris, musim dingin disana bisa mencapai suhu derajat minus, maka kamu harus membawa baju tebal, jaket dan lengan panjang secukupunya. Namun, ada baiknya juga untuk membeli pakaian musim dingin di negara tujuan saja. Tentunya, tempat yang bercuaca dingin akan mempunyai lebih banyak pilihan (termasuk pilihan harga) dibandingkan dengan di Indonesia.

Sertifikat dan dokumen penting

Salah satu hal yang paling penting untuk dibawa adalah kumpulan dokumen-dokumen seperti ijazah lulus SMA, hasil tes IELTS atau TOEFL, akte kelahiran, dan sertifikat-sertifikat prestasi kamu. Dokumen seperti ini mungkin dibutuhkan untuk aplikasi visa, program studi lain, melamar kerja atau hal-hal lain selama di luar negeri. Sebaiknya, bawalah dokumen selengkap mungkin agar selalu siap sedia.

Tips tentang membawa makanan

Hal-hal seperti sambel ABC, kecap manis, bumbu rendang dan indomie sangat mudah kamu temui di Chinatown atau supermarket oriental. Khususnya bagi kamu yang akan belajar di kota besar, kamu tidak perlu membawa banyak-banyak makanan. Walaupun harganya sedikit lebih mahal dari harga warung Indonesia, ini akan memberi kamu tempat lebih untuk barang-barang lainnya.

Batik

Sebaiknya kamu juga membawa pakaian khas Indonesia seperti baju Batik. Pada umumnya, selama di luar negeri kamu akan berpartisipasi dalam acara-acara yang menonjolkan budaya Indonesia, dan baju batik sangat diperlukan untuk event seperti itu. Selain itu, memakai baju yang mengingatkan kamu tentang Indonesia juga dapat memberi kesenangan tersendiri.

Tips packing

  • Packing merupakan proses yang cukup sulit, maka dari itu ada baiknya untuk memulai persiapan barang bawaan kamu setidaknya dua minggu sebelum kamu berangkat. Berikan waktu secukupunya agar kamu tidak terburu-buru dan meninggalkan barang yang penting.
  • Buatlah sebuah daftar barang yang kamu mau bawa. Sistem checklist dapat membantu kamu packing dengan tenang. Ada juga checklist-checklist umum yang ditawarkan di situs Internet.
  • Kamu juga bisa bertanya kepada international office universitas kamu atau mahasiswa disana mengenai hal-hal khusus yang harus kamu siapkan, khususnya bagi kamu yang berencana untuk tinggal di asrama kampus.
  • Bacalah blog-blog pelajar internasional untuk mendapatkan informasi seputar kehidupan mahasiswa di luar negeri agar kamu memiliki gambaran tentang barang-barang yang sebaiknya kamu bawa.
  • Have fun! Persiapan sebelum berangkat ke luar negeri seharusnya menjadi awal dari pengalaman kuliah yang seru dan menyenangkan.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC