Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

10 tips untuk meningkatkan pengalaman kerja

1271

Pengalaman bekerja bukan hanya sesuatu yang ditampilkan di CV, tetapi juga merupakan kesempatan untuk menyiapkan diri agar lebih siap terjun ke dunia kerja nantinya.  
 

Berbeda dengan jaman dulu, program kuliah di luar negeri sekarang banyak mencakup kesempatan magang. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu dan memegang gelar, tetapi juga siap terjun ke dunia kerja.

 

Program magang memberikan banyak sekali pengalaman bekerja yang sangat berharga, mulai dari berkenalan dengan banyak orang sampai akhirnya memahami apa yang kita suka ataupun tidak dari sebuah pekerjaan. Setiap orang dapat memperoleh lebih dari sekedar pengalaman kerja, jika mau bersikap proaktif. Bagaimana cara memanfaatkan kesempatan magang dengan baik? Berikut ini adalah tips-tips untuk meningkatkan pengalaman kerja sewaktu magang:

 

1. Berikan kesan pertama yang baik

Kesan pertama yang baik sangatlah membantu. Pastikan tiba di tempat kerja tepat pada waktunya, berpakaian yang rapi. Menunjukkan sikap yang ramah, dapat diandalkan dan kompeten juga membantu seseorang lebih diterima di tempat kerja.  



2. Berusahalah mengenal orang lain

Sapalah setiap orang yang ditemui dengan senyuman yang ramah, perkenalkan diri kepada mereka. Jangan ragu untuk menanyakan pekerjaan mereka dan apa yang dapat kamu bantu atau kerjakan bersama mereka.

3. Aturlah diri Anda

Walaupun Anda akan dibimbing selama proses magang, Anda tidak dapat mengharapkan semua diberikan begitu saja untuk Anda. Anda juga harus belajar mencatat dan mengingat semua instruksi yang diberikan, dan belajar mengatur waktu Anda dengan baik. Setiap negara dan tempat kerja memiliki budaya dan etika tersendiri. Sangat disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu untuk menghindari kesalahpahaman.



4. Terlibatlah dalam banyak tugas

Semakin banyak terlibat dalam suatu pekerjaan, maka akan mendapatkan lebih banyak pengalaman. Tunjukkan rasa tertarik dalam mengerjakan tugas apa saja, mulia dari yang ringan hingga yang berat dan cobalah menyelesaikan semuanya dengan baik. 



5. Tanyakan hal yang kurang jelas

Jangan malu untuk menanyakan sesuatu yang kurang dipahami, atasan akan lebih senang bila kamu berani untuk menanyakan sesuatu. Tetapi tentunya tidak menanyakan setiap hal yang seharusnya dapat diketahui dengan mudah. 



6. Utarakan ide

Jika memiliki ide tentang sesuatu, jangan ragu untuk mengutarakannya. Semua orang menghargai ide, terlepas dari diterima atau tidaknya ide yang diutarakan.



7. Tawarkan bantuan

Jika berbicara dengan orang lain, cobalah tanyakan apa yang mereka lakukan saat ini dan adakah yang dapat dilakukan untuk mereka. Dengan menunjukkan sikap terbuka untuk menolong, tentunya rekan kerja akan mengingat kamu ketika memerlukan sesuatu.



8. Buatlah catatan

Catatlah segala sesuatu yang penting tentang pekerjaan dan apa yang telah dipelajari selama ini. Dengan demikian kamu dapat mengetahui segala sesuatu yang diperlukan nantinya.



9. Tanyakan masukan yang berguna

Tanyakan informasi atau masukan yang dapat diterima dari supervisor tentang pekerjaan kamu, ketimbang menunggu respon mereka. Hal ini dapat membantu untuk lebih berhasil dalam pekerjaan. 



10. Pikirkan tentang pengalaman yang didapatkan dari tempat kerja

Sangatah penting untuk jujur terhadap diri sendiri tentang proses magang yang dilalui. Jika  merasa tidak cocok dengan pekerjaan, jangan merasa semua ini sia-sia. Ingatlah bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik.

 

 

 

 

Mercury Colleges mampu memberikan dan sangat memenuhi kriteria kualitas pendidikan. Mercury Colleges menawarkan kemampuan yang penting untuk mendapat pekerjaan dengan cepat setelah lulus. Program-program di sini dirancang untuk memberikan pelatihan intensif untuk mempersiapkan para pelajar meniti karir di masa depan. Lingkungan belajar di Mercury Colleges Australia dirancang khusus supaya mahasiswa bisa berinteraksi secara produktif, supaya mereka bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat.

 

Info lebih lanjut, silahkan hubungi: Paul Bacanu paul.bacanu@hotcourses.com.au

 

 

 
Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS