Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

5 Bidang Kerja Baru yang Akan Diminati di Masa Depan

1148

Kalau kamu merasa tidak cocok dengan bidang kerja yang ada di pasar kerja saat ini, bisa jadi kamu ternyata memang lebih cocok dengan pasar kerja di masa depan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, banyak lapangan kerja baru yang akan tercipta sementara profesi yang lain pun akan ada juga yang menjadi punah.

Di bawah ini adalah beberapa ranah kerja yang diprediksi akan semakin dicari dan menjadi salah satu yang terpopuler di masa depan.

 

Nanoteknologi

Pernahkah kamu membayangkan kemungkinan akan dibangunnya mesin seukuran sebuah molekul? Aplikasi macam apa yang akan dimilikinya? Para peneliti di bidang nanoteknologi sedang berusaha menjawab pertanyaan tersebut selagi mereka mengebangkan aplikasi-aplikasi yang akan membantu melakukan banyak hal, semacam mengatasi masalah di bidang medis dan membangun sistem pertahanan Negara. Setidaknya sudah ada tuntutan untuk pekerja di bidang ini sebanyak 2 juta lowongan. Di masa depan tuntutan untuk para ahli nanoteknologi akan semakin dicari.

(Cari universitas yang menawarkan Progdi Nanoteknologi)

 

Space Workers

Meski saat ini NASA belum terlalu membutuhkan astronot dalam jumlah yang sangat banyak, lowongan untuk profesi ini dan lainnya yang berhubungan dengan industri luar angkasa diprediksi akan meningkat di masa depan. Seiring dengan berkembangnya perusahaan-perusahaan semacam SpaceX dan Virgin Galactic yang memfasilitasi keberangkatan orang-orang ke luar angkasa dengan harga yang terjangkau, tentu lowongan untuk para astronot dan pilot yang mampu mengoperasikan pesawat luar angkasa serta merawat mesin-mesin ini akan meroket.

(Cari Progdi yang berhubungan dengan Penjelajahan Luar Angkasa di Arizona State University)

 

Wind Power Maintenance

Perkembangan di dunia Pembangkit Listrik Tenaga Angin sudah sangatlah maju dalam waktu yang sangat singkat. Sekarang ini sudah ada tenaga angin yang cukup untuk menyokong listrik dalam rumah-rumah, setidaknya sebanyak 9,7 juta rumah. Dengan meningkatnya tuntutan yang ada untuk mengembangkan pengelolaan energi yang ramah lingkungan, Biro Statistik Pekerja yakin bahwa lowongan pekerjaan di bidang ini akan terus meningkat di masa depan.

(Cari Universitas yang menawarkan Progdi Engineering di bidang Wind Power Energy)

 

Genetic Counselors

Tes genetik mungkin telah menjadi semacam bola kristal di dunia medis. Hanya dengan menengok gen kita, para ilmuwan dapat mengetahui kondisi kesehatan kita termasuk mengetahui hal-hal apa saja yang termasuk rawan bagi kita. Konselor genetik adalah orang-orang yang mengulas hasil tes ini dan menjelaskannya kepada para pasien, serta membantu mereka mencari perawatan yang tepat, juga membuat keputusan akan perawatan medis kita ke depannya. Seiring dengan semakin majunya tes ini, dan semakin murahnya biaya untuk melakukan tes ini, tuntutan akan jumlah konselor genetik di masa depan akan semakin banyak pula.

(Cari Universitas yang menawarkan Progdi di bidang Genetik)

 

Vertical Farmer

Jumlah populasi manusia di dunia ini terus saja bertambah sementara luas lahan pertanian semakin langka, namun makanan tetap menjadi kebutuhan utama, dan jumlah permintaan yang ada justru semakin meningkat. Di banyak kota, ruang-ruang kosong yang ada sekarang ditransformasi menjadi lahan pertanian untuk menciptakan sumber makanan dan penghasilan bagi para pengusaha. Seiring dengan pertumbuhan populasi yang semakin pesat dan berkurangnya lahan-lahan pertanial, ahli-ahli agrikultur vertikal pun akan semakin dicari.

(Cari Universitas yang menawarkan Progdi Agricultural Technology)

 

Kesimpulan

Kemajuan dalam bidang sains terus mengubah hidup manusia ke arah yang semakin baik. Hal-hal ini pun mengubah cara manusia bekerja. Ada banyak kesempatan untuk bidang-bidang karir yang baru di depan mata bagi generasi saat ini dan masa depan. Nantinya bidang-bidang karir di atas lah yang mungkin akan memimpin masa depan kita ketika lapangan kerja lainnya mulai tenggelam. Kalau Anda tertarik mempelajari sains and teknologi, prospek-prospek di atas dapat Anda pertimbangkan—mungkin saja Anda malah akan menjadi inovator di salah satu bidang tersebut.

 

(Sumber: http://www.investopedia.com/slide-show/future-jobs/?article=1)

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.