Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

5 JURUSAN TERPOPULER SAAT INI

4713
Menanggapi pasar yang semakin lama semakin kompetitif, dibarengi dengan perkembangan teknologi yang pesat serta tantangan terbaru dalam dunia global, berikut ini adalah 5 bidang studi yang sedang populer dengan prospek kerja terbaik:
 
1. MANAGEMENT OF INNOVATION
 
Inovasi adalah kata kunci untuk unggul dan sukses dalam setiap usaha. Seperti Steve Jobs yang membuat Apple berkembang pesat, ide yang inovatiflah yang dibutuhkan suatu perusahaan untuk bertahan dan maju.
 
Inovasi sangat penting dalam menyesuaikan produk dan jasa dengan kebutuhan konsumen, terutama pada jaman yang sumber daya semakin terbatas ini. Jika tidak dapat mengikuti perkembangan jaman yang dinamis ini, tentu saja kelangsungan hidup suatu perusahaan dapat terancam. Oleh karena itu semua perusahaan berlomba mencari manager yang jeli, inovatif, kreatif, yang dapat menilai pasar, melihat arah perkembangan dan prospek pasar.   
 
Jika Anda adalah seseorang yang menyukai tantangan, merasa memiliki kepuasan tersendiri setelah menyelesaikan masalah yang rumit, punya banyak ide kreatif, dapat bergerak dengan memanfaatkan sumber daya yang sangat terbatas, maka bisa jadi Anda adalah the next Steve Jobs. Semua hal yang besar memerlukan permulaan dan persiapan.
 
2. ENTREPRENEURSHIP
 
Atau dikenal sebagai ‘kewirausahaan’ semakin lama semakin populer. Anda tentunya sering mendengar cerita tentang tokoh yang tiba-tiba menjadi miliarder bukan? Memulai usaha sendiri sekarang semakin mudah dengan adanya internet dan media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain. Di indonesia bahkan sudah banyak marketplace terkenal seperti Tokopedia, Blibli.com dan lain sebagainya.
 
Dengan bertambahnya kesempatan untuk merintis usaha sendiri, tentunya sangat tepat mendalami jurusan Kewirausahaan saat ini. Dimana, Anda akan belajar mengenai cara memulia usaha sendiri, membangun koneksi, memasarkan produk, mengambil resiko dan lain sebagainya.
 
Jika Anda memiliki naluri bisnis, bercita-cita untuk merintis usaha sendiri, segera mulai mencari program kuliah ‘Entrepreneruship’.
 
3. PRODUCT DESIGN
 
Desain produk, yang mungkin dulu jarang terdengar, saat ini sangatlah populer. Mengapa? Lagi-lagi berhubungan dengan inovasi. Bagaimana cara menciptakan produk yang berguna, ekonomis, dan digemari masyarakat, dengan sumber daya yang ada? Ini adalah tantangan yang harus dihadapi oleh desainer produk.
 
Jika Anda sering merasa hidup ini kurang praktis, dan memiliki banyak ide untuk mempermudah kehidupan ini, misalnya ‘bagaimana jika suatu hari saya menciptakan alat yang bisa membuat dunia ini bebas kabel, sehingga rumah tidak berserakan?!’ Maka, Anda cocok sekali mendalami bidang ini. Anda bisa memulai dengan mencari program kuliah ‘Product Design’.
 
4. DIGITAL MARKETING
 
Digital Marketing berarti memasarkan produk melalui dunia maya. Dengan banyaknya kesempatan untuk bisnis online, tentu saja harus bisa memasarkan barang secara online juga. Selain itu sekarang pengguna internet semakin banyak, sehingga banyak perusahaan yang tidak lagi hanya iklan di tv atau majalah, akan tetapi juga di media sosial atau Youtube. 
 
Jika ingin mendalami marketing dan Anda tidak bisa lepas dari internet, bukankah sangat bagus dapat mengembangkan minat Anda menjadi karir yang berprospek cerah? Coba browsing program jurusan ‘Digital marketing’.
 
5. DIGITAL MEDIA
 
Secara umum, Digital Media bisa digambarkan sebagai membuat gambar, klip secara digital, atau menggunakan komputer. Jika iklan di tv kebanyakan dibuat dengan cara syuting, maka digital media adalah membuatnya dengan cara menciptakan atau menggabungkan gambar dan suara dengan menggunakan teknologi komputer.
 
Kegunaannya sangat banyak. Bisa untuk membuat iklan, klip, film, yang kemudian ditampilkan di internet, atau dunia maya. Contohnya: Burberry, yang sukses mempromosikan produk mereka dan menanamkan brand image mereka dengan digital media.
 
Sekarang semakin banyak perusahaan besar yang mencari tenaga kerja yang memiliki kemampuan untuk merancang dan membuat  digital media.
 
Tertarik? Anda bisa mulai mencari program Digital Media.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS