Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

Lulus dari universitas top pasti dapat gaji tinggi gak?

6350
Orang-orang bilang kuliah itu sama dengan investasi. Semakin bagus reputasi universitas tempat kamu kuliah, kamu tenang aja deh, lulus nanti pasti dapat perkerjaan super. Cuma, kuliah di universitas top itu kan masuknya susah, trus biayanya juga kurang bersahabat sama saldo bank. Pantas gak ya saya bela-belain masuk universitas top?
 
Secara singkat, jawabannya adalah tidak. Tidak ada yang dapat memastikan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.
 
Kenapa begitu? Mari kita bicarakan lebih lanjut...
 
 

Universitas Top?

 
Pertama-tama, jangan terlalu terikat pada sebutan “Universitas Top” terlebih dahulu, Opini masing-masing orang berbeda satu sama lainnya tentang kriteria tersebut. 
 
Di Inggris, beberapa universitas yang tergabung dengan Russell Group atau 1994 Group menetapkan persyaratan masuk yang tinggi. Universitas-Universitas tersebut sering dianggap bergengsi dan semua orang yakin bahwa para lulusannya memiliki pekerjaan yang keren di masing-masing bidang.
 
Kenyataan di lapangan: Jika kamu adalah lulusan dari universitas tersebut TETAPI tidak memiliki pengalaman kerja yang baik, peluang untuk diterima disebuah perusahaan tidaklah tinggi.
 
 
 

Pekerjaan yang baik?

 
Sebagian orang berpendapat bahwa pekerjaan yang baik berarti pekerjaan yang memberikan penghasilan paling tinggi. Akan tetapi, menurut sebagian yang lain, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang cocok dengan minat mereka.
 
Banyak yang mempercayai bahwa dengan lulus dari universitas ternama, kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan lebih besar. Memang benar reputasi dari beberapa universitas tertentu dinilai lebih meyakinkan bagi banyak perusahaan. Akan tetapi, jaman sekarang, perusahaan lebih mementingkan kinerja seseorang daripada sekedar nilai akademis. Jangan lupa, universitas-universitas ternama biasanya mahal dan tidak semua orang sanggup kuliah disana. Dan banyak mahasiswa yang punya otak cemerlang tetapi tidak mampu secara finansial. Jadi banyak juga perusahaan yang berpikir demikian dan tidak selalu hanya menerima lulusan dari universitas ternama.
 
Kenyataannya...
 
Tidak semua lulusan dari universitas ternama langsung mendapatkan pekerjaan tentunya. Bahkan di tahun 2011, beberapa lulusan dengan nilai tinggi hanya mendapatkan pekerjaan di supermarket dalam 6 bulan pertama setelah wisuda. Tidak banyak tentunya, dan juga tidak berarti karir mereka hanya sampai disitu, beberapa diantara mereka juga menjadi manager di tahun berikutnya dan mendapatkan penghasilan yang tinggi.
 
Di lain pihak, banyak juga lulusan dari universitas yang bukan tergolong universitas ternama mendapatkan pekerjaan dalam 6 bulan pertama setelah wisuda. Jadi lulusan universitas mana saja tetap bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
 
Jadi sebenarnya apa sih yang sebenarnya dihargai oleh para pemberi kerja (perusahaan)? LinkedIn bertanya kepada 1.400 manager perekrutan dari perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam daftar Fortune 500, dan ini hasilnya:
 

 

 
 
 
Universitas yang tepat
 
Universitas terbaik bagi kamu adalah yang menawarkan jurusan yang kamu sukai dan memiliki pengajar/dosen yang dapat memotivasi, serta dimana kamu dapat memiliki teman kuliah yang menyenangkan.
 
Ketika kita berbicara prospek masa depan, masing-masing universitas memiliki keunggulan tersendiri. Universitas terkenal yang sudah berdiri sejak lama biasanya menawarkan kesempatan yang lebih baik bila kamu ingin bekerja di perusahaan ternama, ingin bekerja di luar negeri, ataupun ingin berkarir di bidang riset dan akademis. Sementara universitas baru biasanya menawarkan pengalaman bekerja yang lebih baik serta memiliki hubungan dengan perusahaan-perusahaan terkait.
 
Tetapi, jika kamu memiliki kualifikasi yang baik serta pengalaman kerja, kebanyakan perusahaan tidak mempedulikan dari mana kamu lulus kuliah.
 
Jadi kunci supaya lebih gampang menemukan pekerjaan setelah lulus kuliah nantinya adalah pengalaman kerja dan soft skills. So, sewaktu kuliah, jangan cuma habisin waktu di perpustakaan dan bela-belain dapat nilai tinggi, jangan lupa meluangkan waktu untuk ikut ekskul di kampus, kerja sambilan, dan mengenal banyak orang. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, dan semakin banyak peluang untuk sukses.
 
Trus apa manfaat kuliah ke luar negeri untuk prospek kerja masa depan? Baca di sini aja:
 
 
 
 
 
BACA JUGA:
 

5 ALASAN MENGAPA MAHASISWA INTERNASIONAL LEBIH DIGEMARI PERUSAHAAN

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS