Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

Keterampilan yang Diperlukan oleh Para Mahasiswa di Abad 21

623

Gap antara keterampilan yang dipelajari dengan keterampilan yang dibutuhkan semakin melebar semenjak gaya pembelajaran yang tradisional telah terbukti gagal dalam memperlengkapi para lulusan dengan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk dapat berhasil di dunia nyata, menurut laporan yang dikeluarkan oleh World Economic Forum.

 

Para pekerja di era terkini perlu memiliki keterampilan untuk berkolaborasi, berkomunikasi, dan memecahkan masalah—keterampilan yang seringkali dikembangkan justru melalui pembelajaran sosial dan emosional, atau dikenal juga sebagai Social and Emotional Learning (SEL). Apabila dikombinasikan dengan keterampilan tradisional, kecakapan sosial dan emosional ini dapat memperlengkapi para pekerja agar dapat sukses di perekonomian digital yang terus berevolusi ini.

 

Keterampilan apakah yang paling dibutuhkan?

 

Analisa yang tampak dari 213 penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan instruksi atau gaya pengajaran SEL mendapat skor rata-rata 11 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak. Dan metode SEL berpotensi untuk memberikan keuntungan jangka panjang, misalnya saja semacam tingkat kepegawaian yang tinggi dan juga pencapaian pembelajaran secara optimal.

 

Keterampilan kepemimpinan yang baik, ditambah dengan rasa ingin tahu juga sangatlah penting untuk para mahasiswa/i untuk mencari info mengenai pekerjaan atau karir yang ingin mereka miliki nantinya.

 

 

Laporan Forum lainnya dari The Future of Jobs yang dikeluarkan pada Annual Meeting 2016 di Davos menilik strategi kepegawaian, keterampilan dan juga ketenagakerjaan untuk hari depan.

 

Laporan tersebut mengamati para kepala HRD dan strategy officers dari perusahaan terkemuka akan arti dari pergeseran yang ada sekarang terkait dengan kepegawaian, keterampilan, dan juga perekrutan di industri dan area yang berbeda.

 

 

Para pembuat kebijakan, para pengajar, orang tua, eksekutif, peneliti, pengembang teknologi, investor, dan NGO dapat bersama-sama menjamin adanya perkembangan keterampilan sosial dan emosional sebagai tujuan bersama dan juga syarat kompetensi dari sistem pendidikan dimana-mana.  

 

(Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2016/03/21st-century-skills-future-jobs-students?utm_content=buffer5ac88&utm_medium=social&utm_source=facebook.com&utm_campaign=buffer)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.