Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

Kriteria-kriteria yang dilirik oleh perusahaan

7653

Bagaimana sih kriteria yang ingin dicari oleh perusahaan-perusahaan? Apa saja yang mereka pertimbangkan saat menyeleksi resume-resume lamaran kerja? Setelah membaca artikel di bawah ini, Anda mungkin akan menyadari ternyata kita tidak bisa hanya mengandalkan nilai yang bagus untuk mendapatkan kerja, dan ternyata semua harus dimulai di saat kita kuliah. Jadi ada baiknya sebelum mulai mencari jurusan kuliah atau universitas, kita sudah mulai berpikir pekerjaan apa sih yang kita minati dan bagaiman jalur yang yang tepat untuk mencapai cita-cita kita?

 

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang dicari oleh perusahaan saat memilih calon karyawan mereka:

Nilai

Nilai memang bukan faktor yang terpenting, tetapi juga bukan berarti nilai akademis tidak dilirik sama sekali. Pada umumnya para lulusan dengan nilai akhir minimal B atau setara cenderung akan lebih dipertimbangkan. Ini dikarenakan nilai yang Anda peroleh menunjukkan seberapa Anda serius dan berusaha dalam perkuliahan Anda.

Pengalaman

Pengalaman yang dimaksud disini bisa berarti pengalaman kerja dan pengalaman ekstra kurikuler. Untuk bekerja diperlukan pengetahuan dan keahlian. Seberapa Anda menguasai teori dan pengetahuan dari bidang kuliah Anda bisa ditunjukkan oleh nilai akademis. Akan tetapi seberapa Anda mengerti dan bisa menerapkan hal-hal yang telah Anda pelajari? Untuk mengetahui hal ini, tentunya perusahaan ingin melihat aktifitas dan kegiatan apa sajakah yang pernah Anda ikuti. Akan lebih bagus lagi jika Anda memiliki pengalaman magang atau pengalaman kerja paruh waktu.

Biasanya setiap universitas menyediakan banyak perkumpulan mahasiswa ataupun klub. Ada baiknya Anda memilih mengikuti salah satu atau beberapa yang menarik minat Anda. Penting untuk diketahui, sebaiknya Anda memilih sedikit klub tetapi aktif daripada memilih banyak klub tetapi tidak pernah aktif terlibat dalam kegiatan klub. Perusahaan tentunya akan lebih tertarik jika Anda pernah menjadi panitia (misalnya presiden klub, sekretaris, humas dan lain-lain) daripada hanya menjadi anggota.

Selain menceritakan partisipasi Anda semasa kuliah, baik di klub maupun magang atau kerja sambilan, tuliskan juga mengenai keahlian apa saja yang Anda pelajari dari setiap kegiatan tersebut, misalnya komunikasi, kepemimpinan, pemasaran, kerjasama tim dan lain-lain. Hal ini akan membuat resume kerja Anda lebih menarik.

Keahlian Teknikal

Keahlian teknikal yang dicari tentu saja yang berhubungan dengan bidang kerja yang Anda lamar, misalnya keahlian komputer, database, bahasa asing dan lain-lain. Sebelum itu Anda perlu mencari tahu tentang deskripsi kerja posisi yang Anda lamar, supaya Anda bisa menuliskan keahlian teknikall yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Penampilan Resume

Penampilan resume akan menggambarkan karakter Anda. Oleh karena itu perhatikanlah ketepatan dalam penggunaan grammar, pengejaan, titik koma dan bahasa penulisan Anda. Jika terdapat kesalahan, Anda bisa dianggap sebagai orang yang ceroboh. Untuk format dan bahasa resume, Anda bisa mencari  contoh dari internet.

Kemudian, hadirlah tepat waktu dan dengan berpakaian rapi saat wawancara. Sebelum menghadiri wawancara, ada baiknya mencari berbagai informasi mengenai perusahaan tersebut untuk menunjukkan minat Anda terhadap mereka. Akan lebih baik lagi bila di saat wawancara, Anda mengajukan beberapa pertanyaan tentang perusahaan tersebut untuk menunjukkan minat Anda terhadap mereka.

Kesimpulannya, selain nilai akademis, ternyata perusahaan lebih memperhatikan keahlian di luar akademis, seperti yang bisa didapatkan saat magang,kerja paruh waktu, atau dengan bergabung dengan klub dan perkumpulan mahasiswa. Jadi sebaiknya sewaktu kuliah, kita tidak hanya terfokus dalam mengejar nilai, tetapi juga aktif dalam kehidupan sosial.  

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS