Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

Mencari Karir yang Tepat Berdasarkan Kepribadian Anda

3091

The Myers-Briggs Type Indicator® adalah tes kepribadian psikometris yang telah cukup banyak digunakan, dan apabila data-data yang ada digunakan sepantasnya, ini dapat membantu orang-orang untuk memilih bidang karir yang paling tepat untuk mereka. Banyak mahasiswa/i tingkatan pertama dan kedua yang masih kebingungan menentukan jalan hidup mereka—ini adalah masalah yang sangat umum.

Bagi mereka yang merasa seakan tersesat atau berada di tempat yang salah, cobalah mengetes kepribadian Anda melalui tes Myers-Briggs ini—kecuali Anda sudah pernah mencobanya. Tes ini bukanlah ujian—Anda tidak perlu belajar sebelumnya, dan di sini tidak ada jawaban yang salah. Yang harus Anda lakukan adalah memilih jawaban yang paling sesuai dengan diri Anda sendiri, dan (mudah-mudahan) tes ini akan membantu Anda dalam proses pencarian jalan hidup yang tepat.

Sayangnya, seringkali orang-orang menyalahartikan tujuan dari tes MBTI® ini. Meski tes ini memang berguna dalam membantu mereka yang berusaha meniti karir yang berbeda-beda, tes ini tidak dapat mencocokkan jenis kepribadian dengan profesi tertentu. Tes ini sekadar menawarkan pengertian mendalam akan kelebihan dan minat seseorang agar ia dapat kemudian memilih macam karir yang diminati.

Apa itu MBTI®?

Tes MBTI® mengelompokkan orang-orang ke dalam 16 tipe kepribadian yang berbeda-beda berdasarkan minat dan cara mereka berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Dalam tes ini, Anda perlu memilih satu dari keempat hal di bawah ini:

  • Dunia Favorit. Mereka yang lebih memilih dunia mereka sendiri memilih introversi (I), sedangkan mereka yang lebih memilih dunia di luar mereka memilih ekstraversi (E).

  • Informasi. Mereka yang memilih untuk menginterpretasi arti dari informasi yang mereka terima memilih intuisi (N), sementara mereka yang memilih fokus mereka di detail dari informasi yang ada memilih sensing (S).
  • Pengambilan keputusan. Mereka yang memilih untuk melihat keadaan dan situasi saat mengambil keputusan memilih feeling (F), sementara mereka yang membuat keputusan berdasarkan logika memilih pemikiran/thinking (T).
  • Struktur. Mereka yang lebih menyukai banyak pilihan di hadapan mereka memilih Perceiving (P) sementara mereka yang lebih memilih untuk memutuskan rencana mereka jauh-jauh hari sebelumnya memilih Judging (J).

 

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, seseorang akan dapat menunjukkan tipe kepribadiannya dengan 4 huruf tersebut menggunakan kombinasi dari masing-masing huruf di tiap-tiap kategori. Misalnya saja, seseorang yang memilih introversi, sensing, feeling dan judging akan masuk dalam kategori ISFJ.

(Klik di sini untuk mencoba tes kepribadian MBTI)

 

Memilih Karir

Tidak ada satu pun kepribadian tertentu yang lebih baik dibandingkan lainnya, dan sama halnya dengan jenis karir yang dipilih. Tidak berarti satu kepribadian lebih pas untuk jenis pekerjaan tertentu. Semua macam karir memerlukan adanya satu set kompetensi yang bervariasi, dan tiap-tiap orang dapat memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang ia miliki untuk membangun jenjang karirnya. Di bawah ini ada contoh-contoh bagaiman bermacam-macam tipe kepribadian dapan digunakan dalam satu jenis karir yang serupa.

  • Manajer konstruksi. Seseorang dengan gelar di bidang konstruksi manajemen kemungkinan akan menghabiskan hari-harinya berada di jabatan kepemimpinan. Meski akan ada beberapa tipe kepribadian yang kemungkinan akan menikmatk posisi ini lebih daripada yang lain, ini adalah macam karir yang cocok untuk lebih dari satu macam tipe kepribadian saja. Misalnya saja, seseorang dengan tipe kepribadian ENTP dapat menggunakan sisi ekstraversi dan intuisinya untuk menginspirasi para bawahannya, sementara seseorang dengan tipe kepribadian ESTP akan menunjukkan jenis kepemimpinan yang adil dan logis, juga struktur yang rapi di dalam tim yang ia pimpin.

(Klik di sini untuk melihat daftar universitas yang menawarkan program kejuruan di bidang Manajemen Konstruksi)

  • Ilmuwan. Seseorang dengan tipe kepribadian INTP biasanya cocok dengan tipe karir dengan bidang sejenis dengan ilmuwan. Orang dengan tipe kepribadian ini bisa berpikir dengan logis, fokus dengan hal-hal mendetail dan menggunakan intuisinya untuk mengembangkan teori-teori baru. Namun, seseorang dengan tipe kepribadian ISTP juga dapat menikmati karir di posisi serupa. Tipe kepribadian ISTP dapat menggunakan kemampuan analisisnya yang jeli untuk mengatasi masalah-masalah ilmiah dan menganalisa sah tidaknya sebuah klaim.

(Klik di sini untuk melihat daftar universitas yang menawarkan program kejuruan di bidang Sains)

  • Seniman. Seseorang dengan tipe kepribadian ENFP awalnya terlihat sangat cocok untuk tipe karir ini. Ia biasa selalu terbuka terhadap ide-ide baru, intuitif, dan suka bereksplorasi di dunia di sekelilingnya. Namun, tipe kepribadian yang bertolak belakang semacam ISTJ dapat juga meraih kesuksesan di jenis karir serupa. Karakter ISTJ biasanya mampu menganalisa detail-detail sekecil apapun dan mereplikanya dengan sangat akurat.

(Klik di sini untuk melihat daftar universitas yang menawarkan program kejuruan di bidang seni)

Meski semua macam kepribadian dapat memanfaatkan kelebihannya untuk meraih kesuksesan di semua jenis karir, beberapa kepribadian tertentu mungkin akan lebih memilih beberapa tipe karir tertentu dibanding jenis jenis karir lainnya. Dengan mencari tahu tipe kepribadian MBTI® Anda, Anda juga dapat mengidentifikasi karir macam apa yang paling sesuai untuk Anda.

(Sumber: http://talknerdy2me.org/matching-your-myers-briggs-type-to-the-right-major-for-you/)

Mencari jurusan

Pilih negara
Kejuruan
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.