Informasi penting
Study abroad: Prospek Karir

MENCARI PERKERJAAN SETELAH LULUS KULIAH

4206
Baik Anda pelajar domestik ataupun internasional; selalu hanya satu pertanyaan dalam pikiran Anda: ‘Bagaimana saya mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah?’ Dunia pekerjaan di seluruh dunia sangat kompetitif, karena itu perusahaan mencari kandidat-kandidat yang mempunyai kelebihan yang menonjol dibandingkan yang lainnya.
 
Jadi bagaimana seorang pelajar internasional dapat menonjol di tengah keramaian, pada saat ratusan pelajar lainnya juga berada di posisi yang sama? Hotcourses Abroad memberikan beberapa tips untuk membantu Anda bertransisi dari pelajar menjadi seorang profesional, dan menganjurkan cara-cara untuk meningkatkan kredibilitas Anda selama kuliah: 
 
CV: 

CV Anda merupakan kesempatan emas untuk menjual diri Anda kepada perusahaan. Sisihkanlah waktu untuk mencari contoh CV secara online, agar CV Anda dapat terlihat profesional. Usahakanlah untuk menghindari kalimat-kalimat klise yang digunakan pada sebagian besar CV – perusahaan umumnya memeriksa lusinan bahkan ratusan surat, maka pastikan CV Anda menonjol. Kesalahan tata bahasa dan pengejaan dapat menghambat kesempatan Anda, maka jika Anda tidak sepenuhnya yakin terhadap kemampuan menulis Anda, mintalah bantuan seseorang untuk memeriksanya.
 
Tips Penting: Promosikan pencapaian pribadi Anda. Pastikan Anda fokus pada keahlian yang Anda dapatkan dari pengalaman dan bagaimana hal itu dapat berguna bagi perusahaan, jika mereka memutuskan untuk mempekerjakan Anda.
 
Wawancara:
 
Ini mungkin bagian paling mendebarkan pada pengalaman pengajuan lamaran, namun ada cara-cara untuk mematangkan persiapan Anda. Selalu lakukan penelitian sebelum Anda diwawancara. Dengan menunjukkan pengetahuan mengenai perusahaan yang akan menjadi tempat kerja Anda, memiliki arti bahwa Anda bersedia dan mampu meraih kesuksesan jika terpilih. Hal ini juga mampu memberi Anda perasaan siap yang dapat membantu Anda mengendalikan kegugupan. Mayoritas perusahaan mengakhiri wawancara dengan bertanya apakah Anda ingin bertanya pada mereka – ini adalah kesempatan untuk menunjukkan inisiatif Anda, sehingga suatu ide bagus untuk mempersiapkan satu atau dua pertanyaan sederhana (namun bertanya mengenai uang atau liburan pada tahap ini bukanlah ide yang baik!).
 
Tips penting: Cobalah untuk menyebutkan kegiatan perusahaan yang terbaru. Jika perusahaan memiliki blog atau newsletter online, maka lakukanlah pekerjaan rumah Anda – jika mereka menceritakannya mengenai hal itu di dalamnya, maka jelas bahwa mereka bangga akan itu, dan akan merasa senang mendengar Anda mengetahui tentang pencapaian mereka.
 
Keahlian Berguna
 
Bahasa asing selalu menjadi keahlian kuat dalam wawancara. Menjadi seseorang yang menguasai banyak bahasa akan bermanfaat saat Anda berhubungan dengan klien yang berasal dari luar negeri, namun yang penting adalah Anda harus menguasai bahasa Inggris secara tulisan dan lisan yang baik dan benar. Anda harus menguasai bahasa Inggris pada tingkat tertentu dan memiliki bukti dokumentasi yang bersangkutan. Untuk informasi lebih jauh mengenai ujian akan kemampuan dan kualifikasi bahasa Inggris, lihat artikel Hotcourses’ IELTS.
 
Tips penting: Jadilah pro-aktif. Lakukan kegiatan magang untuk nilai tambahan dan kerjakan tugas/proyek di luar jadwal perkuliahan yang akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang dinamis, sehingga aplikasi lamaran Anda menonjol dari yang lain.
 
Carilah di:
  • Universitas Anda mungkin memiliki papan pengumuman yang selalu diperbarui dengan lowongan pekerjaan baik di kampus ataupun wilayah lokal sekitar.
  • Surat kabar lokal juga memiliki bagian lowongan.
  • Situs rekrut online adalah sumber yang bermanfaat dan sebagian besar perusahaan menggunakan cara ini untuk merekrut karyawan. Anda dapat mencari berdasarkan sektor industri, gaji, dan waktu bekerja.
  • Agensi perekrut karyawan bekerja untuk membantu pelajar dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman.
  • Media sosial telah menjadi sumber utama mengenai informasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Umumnya, perusahaan multinasional memiliki akun facebook,, twitter, dan linkedin. Jika Anda memiliki akun twitter, maka ini beberapa akun untuk diikuti: @GradFutures_UK; @LondonGradFair; @graduatejobsUK; @milkroundonline
  • Dosen dan penasihat pelajar Anda tetap menjadi sumber terbaik dalam saran mengenai pekerjaan – mereka telah melewati segalanya selama ini dan seringkali selalu menjadi penghubung dengan perusahaan atau para lulusan yang melewati jalan yang sama. Mereka mengetahui mengenai skema lulusan yang sesuai dengan Anda, dan bahkan mungkin bersedia membuat surat rekomendasi untuk Anda.
 
Tips penting: Diskusikanlah dengan pelajar lainnya yang sudah lulus sebelum Anda, untuk mendapat gambaran mengenai dunia kerja, dan untuk mencari apa yang tersedia.
 
Kegiatan Magang – Menjadi seorang karyawan magang adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman profesional dan langkah maju bagi karir masa depan Anda. Mengenai informasi tentang pilihan ini, lihat artikel kegiatan magang kami. 
Persyaratan Resmi – Sebelum Anda mulai bekerja di tempat tujuan kuliah Anda, pastikan Anda memiliki surat-surat resmi yang dibutuhkan. Informasi lebih jauh mengenai hal ini, lihat artikel kami mengenai visa dan asuransi negara di Inggris.
 
Situs berguna lainnya:
Saat Anda menggunakan internet, ketik ‘Graduate scheme UK’ atau negara tujuan kuliah lainnya yang Anda inginkan. Ini akan memunculkan serangkaian link menuju situs-situs yang berhubungan dengan skema lulusan. Berikut adalah beberapa situs berguna sebagai awal pencarian Anda:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS