Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

10 Universitas Top di Eropa

733

 

 

Peringkat ini menilai kinerja universitas-universitas di dunia berdasarkan 5 kriteria penting: Pengajaran, penelitian, kutipan yang dimiliki, reputasi internasional dan pendapatan.

 

Britania Raya merupakan tempat 10 universitas terbaik di Eropa berada, menurut peringkat yang dikeluarkan oleh Times Higher Education World University Rankings tahun 2015-2016.

 

Institusi dari Britania Raya menempati tiga posisi, dengan University of Oxford di peringkat teratas, dengan skor keseluruhan 94,2, diikuti oleh University of Cambridge dan Imperial College London.

 

 

Selain itu, Britania Raya juga merupakan tempat asal sekitar seperempat dari 200 universitas terbaik di Eropa, dengan 46 universitas di peringkat tersebut.

 

Jerman merupakan negara terdominan di peringkat ini setelah Britania, dengan 36 universitasnya yang menempati 200 peringkat teratas. Universitas-universitas Jerman mendapat skor yang tinggi berkat lingkungan belajar-mengajarnya; LMU Munich, institusi Jerman dengan peringkat tertinggi memiliki skor tertinggi dalam bidang pengajaran, dan bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan universitas lain dengan peringkat yang lebih tinggi, seperti misalnya London School of Economics and Political Science dan juga University of Edinburgh.

 

 

Negara-negara Skandinavia juga memiliki performa yang bagus, yang kemungkinan besar disebabkan oleh besar populasi mereka. Karolinska Institute di Swedia merupakan salah satu 10 universitas terbaik, dan ada 11 universitas Swedia lainnya di 200 peringkat teratas. Finlandia memiliki 6 universitas juga di dalam peringkat ini.

 

 

Universitas-universitas di Eropa Timur dan Selatan tidak memiliki skor yang sama tingginya. Hanya ada 5 universitas Rusia yang masuk ke dalam ranking ini, dan hanya satu yang masuk ke 100 peringkat teratas—di peringkat ke-79, Lomonosov Moscow State University. Ini membuat Rusia sebagai negara dengan ranking terendah apabila dibandingkan dengan populasi dan pendapatan per kapitanya.

 

 

Spanyol adalah negara dengan ranking terendah apabila kita korelasikan dengan pendapatan per kapitanya, hanya dengan 5 universitasnya yang masuk ke dalam ranking ini. Universitasnya dengan ranking tertinggi, Autonomous University of Barcelona, menempati peringkat ke-70.

 

 

Untuk melihat daftar lengkapnya, klik di sini.

 

(Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2016/03/these-are-the-top-10-universities-in-europe)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.