Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

11 Kota Termahal untuk Ditinggali di Eropa

1215

Kalau kita ingin kuliah ke luar negeri, tentu ada beberapa hal yang perlu disurvei dan dipersiapkan terlebih dahulu. Pertama-tama, tentu saja kita perlu menentukan tujuan kita. Nah salah satu faktor penentu dalam hal ini bisa jadi biaya hidup yang diperlukan untuk tinggal di sana, ya bukan? Beberapa informasi berikut mungkin bisa jadi sangat berguna untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi kamu-kamu yang ingin melanjutkan kuliah di benua Eropa.

 

Benua Eropa mungkin saja membanggakan sejumlah negaranya dengan pendapatan per kapita dan juga standar gaya hidup tertinggi, namun ini juga menandakan betapa mahalnya biaya hidup di sana terkadang.

 

 

11 kota termahal di Eropa

Menurut laporan yang publikasikan oleh Glassdoor berjudul “Kota Eropa Manakah yang Menawarkan Standar Gaya Hidup Terbaik?”, ibukota Inggris, London, menawarkan harga sewa rumah tertinggi di Eropa, yang artinya orang-orang menghabiskan sebagian besar penghasilan mereka untuk membayar harga sewa tempat tinggal saja.

 

Biaya hidup menurut indeks dari Glassdoor mengkalkulasikan antara pendapatan dan “jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli barang-barang kebutuhan dan membayar fasilitas di negara-negara berbeda, termasuk diantaranya makanan, restoran, transportasi, perawatan rumah dan elektronik, dan juga biaya sewa.”

 

Tentu saja London berada di posisi atas, namun ada kota-kota lain yang bahkan mengalahkan London dalam hal biaya.

 

Artikel di Business Insider menuliskan daftar 11 kota termahal untuk ditinggali di Eropa, dan hasilnya adalah sebagai berikut:

 

11. Amsterdam — Ibukota Belanda adalah tempat yang paling diincar untuk ditinggali di Belanda, berkat reputasinya sebagai pusat budaya, perkembangan ekonomi, dan pendidikan. Namun kepopuleran ini juga menaikkan biaya hidup lokal menjadi semakin tinggi dan karenanya semakin mahal pula.

 

10. Helsinki — Meski pendapatan orang-orang Finlandia secara keseluruhan terbilang tinggi, namun biaya hidup dalam beberapa kategori kebutuhan membuatnya berada dalam daftar ini.

 

9. Stockholm — Swedia merupakan salah satu negara dengan standar kehidupan tertinggi di Eropa, berkat biaya bahan-bahan pokok dan fasilitas (termasuk diantaranya makanan, transportasi, dan biaya sewa) yang cukup menguras gaji.

 

8. Dublin — Ibukota Irlandia memiliki salah satu standar gaji tertinggi di Eropa. Namun harga rumah, transportasi umum dan bahan-bahan pokok yang semakin naik membuat biaya hidup di kota tersebut semakin mahal saja.

 

7. Paris — Gaji tahunan sebenarnya terhitung mencukupi dan ia menempati peringkat ke-6 dari bawah menurut ranking gaji tahunan dalam indeks Glassdoor saat kita membandingkannya dengan gaji rata-rata di seluruh Perancis. Namun biaya property termasuk cukup tinggi di ibukota, dan menjadikan Paris salah satu kota termahal untuk ditinggali di Eropa.


 

6. Copenhagen — Sebagai pusat budaya, perekonomian dan pemerintahan di Denmark, kota ini menawarkan biaya hidup tertinggi di negara tersebut.

 

5. Bergen — Kota tepi laut di Norwegia ini dikelilingi oleh pegunungan dan fjord, namun biaya hidup di sana jauh lebih tinggi dibandingkan biaya yang dikeluarkan orang-orang yang tinggal di Los Angeles di Amerika Serikat.

 

4. Oslo — Ibukota Norwegia ini membanggakan gaji rata-rata yang cukup tinggi dibandingkan di seluruh Eropa, namun baik harga bahan-bahan pokok sampai ke biaya listrik, semuanya tergolong mahal, dan bahkan biaya transportasi bisa cukup menguras gaji bulanan.

 

3. London — Ibukota Inggris ini memiliki biaya sewa tempat tinggal yang paling tinggi di seluruh Eropa. Apabila kita menimbang gaji yang pas-pasan, penduduk London perlu menguras cukup banyak dari gaji bulanan mereka untuk mencukupi kebutuhan ini.

 

2. Zurich — Kota ini adalah pusat perekonomian Swiss, namun ia pun menawarkan biaya tertinggi di bidang transportasi, akomodasi, dan keperluan sehari-hari lainnya.

 

1. Geneva — Biaya hidup di kota di Swiss ini 3% lebih mahal dibandingkan biaya hidup di New York meskipun pendapatan rata-ratanya termasuk paling tinggi juga apabila dibandingkan dengan keseluruhan Eropa.

 

 

(Masih tertarik untuk kuliah di Eropa? Coba klik di sini untuk melihat pilihan-pilihan apa saja yang tersedia untuk kamu!)

 

(Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2016/05/these-are-the-most-expensive-cities-to-live-in-europe/?utm_content=bufferb9428&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.