Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

5 TEMPAT KULIAH PALING MURAH DI DUNIA

1456

Siapa yang tidak ingin mendapatkan gelar dari universitas di luar negeri? Akan tetapi banyak yang mundur karena masalah biaya kuliah yang terlalu tinggi. Sebenarnya, kuliah ke luar negeri tidak selalu identik dengan harga yang setinggi langit. Di dunia ini masih ada negara-negara dengan biaya kuliah rendah, atau bahkan gratis, dan soal kualitas tetap dapat acungan jempol di dunia. 

 

Semoga informasi di bawah ini bisa membantu kamu mencapai impian kamu untuk mendapatkan gelar dari pendidkan di luar negeri:

 

 

JERMAN

 

Mungkin masih banyak yang belum tau, kalau ternyata kuliah S1 di Jerman bisa lebih murah dari beberapa universitas di Indonesia. Beberapa universitas bahkan bebas biaya kuliah. Bekerja sampingan juga relatif gampang di Jerman. Akan tetapi, jika kamu berencana untuk kuliah ke sana, disarankan kamu telah menguasai bahasa Jerman, setidaknya tingkat dasar. Walau sudah banyak program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris di Jerman, bisa berbahasa lokan tetap akan memudahkan hidupmu di sana. 

 

 

 

DENMARK

 

Selain terkenal akan berbagai jenis pastry yang lezat, kualitas pendidikan tinggi Denmark juga diakui di dunia. Denmark cukup ramah terhadap mahasiswa internasional, buktinya, banyak program kuliah disampaikan dalam bahasa Inggris. Taraf hidup di Denmark juga sangat bagus. Hanya saja, biaya hidup di sini tergolong tinggi. 

 

 

 

BELGIA

 

Belgium juga banyak dilirik oleh banyak mahasiswa internasional. Empat universitas Belgium masuk dalam 200 besar universitas terbaik di dunia. Selain mutu pendidikannya yang tinggi, ada banyak daya tarik dari kota kecil ini, misalnya waffle yang lezat, budaya yang unik dan bangunan-bangunan yang menawan. Biaya kuliah di sini juga tergolong murah, hanya saja tidak terlalu banyak program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris. 

 

 

 

CINA

 

Biaya kuliah yang murah, banyaknya program kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris, makanan-makanan lezat dan budaya yang menarik menjadi daya tarik yang membuat Cina berkembang menjadi negara destinasi kuliah populer. Pemerintah Cina juga sangat mendukung kedatangan mahasiswa internasional. Banyak beasiswa diberikan khusus bagi mahasiswa internasional. Banyaknya institusi pendidikan tinggi yang tersedia di negara tirai bambu ini mungkin bisa membuatmu bingung untuk menjatuhkan pilihan. Sebelum memilih, pastikan juga kamu mempertimbangkan lokasi, karena biaya hidup di kota-kota besar seperti Shanghai dan Beijing tergolong tinggi. 

 

 

 

INTERNET

 

 

Ya, internet! Di jaman digital ini, kamu tidak perlu terbang ke luar negeri untuk mendapatkan gelar dari universitas di luar negeri. Sudah banyak universitas top di dunia yang menyediakan program kuliah online. Buktinya, 20 universitas yang paling banyak dicari di search engine Google adalah universitas-universitas yang banyak menyediakan program kuliah online.

 

Kelebihan dari mengikuti kuliah secara online tentunya adalah lebih murah dari segi biaya, lebih fleksibel dari segi waktu. Kamu tidak perlu meninggalkan rutinitas dan keluarga. Di jaman ini, interaksi dengan dosen dan teman-teman kuliah tidak menjadi masalah, karena bisa berhubungan secara online. Hanya saja dengan kuliah online, pengalaman tinggal di luar negeri dan mempelajari budaya setempat menjadi tidak ada.  

 

Baca juga:

 

Jika kamu merasa kuliah online adalah pilihan yang tepat buat kamu, FutureLearn bisa membantu kamu menemukan program kuliah yang tepat.

 

Merasa lebih nyaman dengan kuliah di kampus? Mulai cari program kuliah di luar negeri yang tepat untukmu sekarang juga. Jangan lupa, kamu bisa mendownload brosur resmi dari universitas luar negeri secara gratis, untuk mendapatkan informasi terbaru dan akurat dari universitas tersebut.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS