Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

6 DESTINASI KULIAH POPULER 2016

2001

Jadikan tahun 2016 sebagai permulaan perkuliahan ke luar negeri! Ini adalah enam destinasi kuliah populer, mulai dari eropa, Amerika dan Asia. Tunggu apa lagi? Mulai rencanakan perjalananmu sekarang juga!

 

1. Selandia Baru

Tahun baru di Selandia Baru? Mungkin berlibur di sini telah masuk dalam daftarmu? Mengapa tidak kuliah di Selandia Baru saja? Selain bisa melihat sendiri pemandangan indah yang muncul dalam film Lord of the Rings dan mencoba skydive pertamamu, negara ini juga memiliki banyak universitas kelas dunia yang memberikan kualifikasi yang diakui internasional.
 

Di sini kamu akan kuliah di kelas dengan murid sedikit, dekat dengan para dosen, dan merasakan kebudayaan pembelajaran independen yang membangun kreatifitas. Pemerintah sangat menyambut kedatangan mahasiswa internasional. Kamu bahkan bisa bekerja di sini setelah lulus. Industri-industri yang berkembang pesat di Selandia Baru adalah TI, Kedokteran dan Teknik dimana pemerintah dan pemain industri memperkerjakan tenaga kerja internasional.

 

 

 

 

2. Kanada

Aman, multikultur dan ramah. Ini hanyalah beberapa karakter yang menggambarkan Kanada. Terkenal akan keramahannya terhadap imigran dan mahasiswa internasional, Kanada adalah destinasi kuliah populer yang menawarkan banyak kesempatan kerja baik semasa kuliah maupun setelah tamat. Kebanyakan mahasiswa asal Cina, Korea Selatan, India, Iran dan Filipina menjadi residen permanen setelah kuliah di Kanada.

Selain bekerja dan kuliah di Kanada, kamu juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah. Sebagai tempat yang didamba-dambakan untuk main ski di musim dingin dan hiking di musim panas, Kanada juga memiliki kota-kota yang menawan seperti  Montreal, Vancouver dan Toronto. Dan jangan lupa mengunjungi Niagara Falls, Banff National Park dan Rocky Mountains!

 

 

 

 

 

 

3. Irlandia

Jika kamu mendengar cerita dari mereka yang pernah berkuliah di Irlandia, kamu akan mendengar banyak pub-pub yang nyaman, jalan-jalan santai di kota dan banyak cerita lucu. Mungkin karena warga lokal yang terkenal sangat ramah dan bersahabat, selain Giant’s Causeway dan pecinta Guinness (!), pengalaman mahasiswa di Irlandia selalu unik dan yang terpenting, menyenangkan.

Inggris terkenal dengan Oxford dan Cambridge. Di ibukota Irlandia, Dublin memiliki banyak universitas-universitas peringkat atas seperti Trinity College Dublin yang didirikan pada tahun 1592, University College Dublin, alma mater James Joyce dan Dublin City University yang moderen. Cork juga adalah kota yang mengesankan yang dikenal sebagai European Culture Capital pada tahun 2005. Dan jangan lupakan Galway yang indah, yang dikelilingi oleh pantai dan alam yang menawan, tetapi tetap ramai di malam hari!

 

 

 


 

4. Australia 

Di Bulan Juni 2015, jumlah pendaftaran mahasiswa internasional di Australia naik 10.4%, yakni terdapat 464,787 mahasiswa internasional yang mendaftar. Dan kenyataannya, pendidikan tinggi di Australia adalah ekspor ke-4 terbesar setelah batu bara, minyak dan gas.

 

Mengapa banyak mahasiswa yang memilih Australia? Mungkin kare iklimnya yang bersahaban, pantai-pantai yang luas (bahkan bisa mencapai 90 mil!) dan gaya hidup yang santai. Selain itu, di Australia memang terdapat banyak univeristas top seperti  University of MelbourneAustralian National University dan University of Sydney. Australia adalah negara yang berjiwa muda, aktif dan indah, tempat yang menyenangkan untuk kuliah dan hidup.

 

 

 

 

5. Malaysia

Malaysia adalah pilihan yang pas bagi mahasiswa Asia yang ingin kuliah ke luar negeri, tetapi belum ingin langsung terjun ke kebudayaan barat. Semakin banyak ilmuwan dan ahli akademis datang ke Malaysia, begitu dengan kampus-kampus cabang luar negeri yang menawarkan program twin degree (gelar ganda).   

 

Di saat luang, kamu bisa mengunjungi banyak kuil yang tersebar di kota-kota utama dan di daerah yang lebih terpencil seperti Batu caves di Selangor. Selain itu Malaysia juga merupakan surga belanja, terutama di Kuala Lumpur.

 

 

 

 

6. Inggris

Kaya akan sejarah, terkenal dengan penelitian yang unggul dan sebagai melting pot dari kebudayaan dan kebangsaan yang beragam, tidak heran Inggris menjadi negara nomor 1 untuk kepuasan mahasiswa internasional. Inggris juga merupakan negara destinasi kuliah paling populer setelah Amerika.

 

Kualitas pengajaran di institusi-institusi kelas dunia membuat negara ini menjadi incara para mahasiswa yang berambisi. Beberapa universitas bahkan menyediakan program jalur, persiapan Bahasa Inggris, dan bahkan jurusan kedokteran khusus bagi mahasiswa internasional. (program kuliah ini benar-benar ada di University of Central Lancashire!). Selain itu terdapat banyak pilihan universitas di Inggris.

 

 

 

 

Tertarik kuliah ke luar negeri? Mulai cari program kuliah yang cocok buat kamu sekarang juga!

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS