Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

Inilah universitas-universitas top di dunia

846

 

The Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menempati peringkat pertama universitas terbaik di dunia selama 5 tahun berturut-turut menurut peringkat yang dikeluarkan oleh QS World University Rangkings.

 

 

MIT yang berlokasi di Boston mendapatkan skor penuh di peringkat tahun ini. Reputasi akademik dan pegawainya yang sangatlah bagus hanya disaingi oleh prestasi akademik yang sempurna.

 

Quacquarelli Symonds meranking universitas berdasarkan 6 indikator: reputasi akademik; reputasi pegawai; rasio mahasiswa terhadap fakultas; kutipan yang telah dibuat di tiap-tiap fakultas; rasio internasional fakultas dan rasio internasional mahasiswa.

 

Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun lebih, universitas-universitas Amerika Serikatlah yang menempati 3 peringkat teratas. Stanford dan Harvard bertukar tempat dari peringkat 3 ke 2 dan sebaliknya.

 

 

Penempatan Stanford di posisi kedua menunjukkan adanya kenaikan yang stabil dalam peringkat QS. Dengan peringkat ke-15 di tahun 2012, tahun ini, universitas California tersebut mendapatkan skor 98,7 dari total 100 untuk mengalahkan Harvard.

 

Cambridge yang tahun lalu berbagi peringkat ketiga dengan Stanford turun di peringkat keempat. QS menunjukkan adanya trend yang meluas akan peringkat banyak universitas Eropa Barat yang turun peringkat.

 

 

“Beberapa negara-negara Eropa Barat membuat atau mengajukan adanya pengurangan budget untuk penelitian dan karenanya mereka kalah dari universitas-universitas Amerika dan Asia,” kata Ben Sowter, kepala penelitian di QS.

 

Hanya ada satu institusi yang berasal dari luar Amerika Serikat dan Britannia Raya yang menempati 10 peringkat teratas, yaitu ETH Zurich di peringkat ke-8.

 

 

Bagian Dunia yang Lain

Universitas Asia dengan peringkat tertinggi masih tetap National University of Singapore di peringkat ke-12, diikuti oleh Nanyang Technological University di peringkat berikutnya.

 

 

QS juga menunjukkan progress yang stabil dari institusi Cina—peringkat Tsinghua University naik ke posisi ke-24.

 

 

Australia dan Kanada juga menaiki jenjang dalam 100 peringkat teratas, dan untuk pertama kalinya universitas dari Amerika Latin memasuki peringkat ini. Universidad de Buenos Aires menempati peringkat ke-85.

 

(Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2016/09/these-are-the-world-s-top-universities?utm_content=buffere25ba&utm_medium=social&utm_source=facebook.com&utm_campaign=buffer)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.