Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

Kuis: Enaknya Belajar Dimana di Italia?

355

Tentu Cinque Terre di Italia merupakan tempat yang harus dikunjungi saat kamu traveling ke negara ini… namun kalau mau studi lanjut, enaknya di mana ya?

 

 

Banyak mahasiswa dari mancanegara membanjiri Italia tiap tahun karena gudangnya yang penuh dengan karya seni, infrastrukturnya yang canggih, efek dari sejarahnya kepada dunia, dan budayanya yang sangat menawan. Makanan, Bahasa, dan keindahan Italia telah lama memukau banyak wisatawan, namun negara ini terus menarik banyak mahasiswa dari berbagai penjuru dunia berkat keramahannya terhadap pendatang dan pengaruh kontemporernya yang tak tertandingi. Belajar di salah satu dari universitas di Italia pastinya akan memberikanmu pengalaman belajar yang sangatlah berbeda. Kesempatan ini, ditambah dengan kesempatan untuk mencicipi tidak hanya makanan Italia yang lezat, kesempatan untuk shopping serta melihat-lihat atraksi-atraksinya yang menarik membuat Italia menjadi tempat yang sungguh tak terlupakan!

 

Italia dipenuhi tidak hanya dengan mangkuk-mangkuk pastanya, namun juga kota-kotanya yang tak tertandingi indahnya. Kota mana yang harus kamu tuju untuk belajar di Italia? Coba jawab kuis ini untuk mencari tahu!

 

1. Manakah mata pelajaran favoritmu (yah, atau mata pelajaran yang paling tidak kamu benci deh) ?

A) Sejarah – Subyek ini membantu kita untuk menghargai kemenangan, dan juga kesalahan umat manusia di masa lampau.

B) Teater – Hidupku adalah sebuah komedi dan juga tragedi.

C) Kesenian – Entah yang mana yang lebih seksi: Mona Lisa atau David.

D) Bisnis – Aku ingin meniru kemewahan khas Italia dan membangun jejaringku sendiri.

 

2. Makanan Italia mana yang kamu paling sukai?

A) Spaghetti – Yang paling klasik, paling populer, dan paling disukai oleh semua orang.

B) Ravioli – Selalu dipenuhi dengan cita rasa baru yang tak terduga.

C) Lasagna – Masakan yang kompleks dan indah dengan banyak lapisan yang berbeda-beda.

D) Risotto – Sangat beranekaragam dan mudah untuk dinikmati.


3. Sarana transportasi apa yang paling kamu sukai?

A) Metro – Aku suka sekali tantangan untuk dapat menguasai sistem sarana transportasi publik di kota besar!

B) Gondola – Meski pelan namun pasti (cubit aku dong! Ini beneran nggak sih!?). Perlahan ini akan membawaku memenangkan balapan yang ada di hidup ini.

C) Berjalan – Metode transportasi yang mengubah semua tempat tujuan serasa rumah dengan mengeksplorasinya dengan berjalan kaki.

D) Vespa – Ngeng, ngeng, ngeng!

 

4. Pasangan mana dari Italia yang paling berpengaruh untukmu?

A) Caesar dan Brutus – Et tu?—Bagaimana denganmu?

B) Romeo dan Juliet – Ternyata sayahanda memanglah membandingkan Adinda selayaknya hari-hari di musim panas.

C) Da Vinci dan Michelangelo – Bukan nama-nama kura-kura ninja ya.

D) Snookie dan Pauly D – Infotainment yang memang paling bagus.

 

5. Minuman apa dari Italia yang paling kamu sukai?

A) Espresso – Bagaimana mungkin ada orang yang bisa melalui pagi (dan siang) hari tanpa minuman ini!?

B) Peroni – Memang bir Italia bukanlah yang paling terkenal, tapi bahkan di kampong halamanku pun aku selalu mencari Peroni.

C) Gelato termasuk nggak sih? Karena cuma itu yang aku butuhkan! Dan gelato kan semacam cairan yang dibekukan, ya nggak sih…

D) Anggur – Meneguk segelas Malvasia Bianca yang enak merupakan satu-satunya cara untuk bersantai setelah menghadapi tes yang sulit.

 

 

Jadi apa hasil yang kamu dapatkan?

Kebanyakan A – Roma: Kata orang, “Semua jalan akan menuju ke Roma,” dan mungkin saja inilah tujuanmu nantinya saat kamu melanjutkan studimu. Roma merupakan kota metropolitan dengan nilai-nilai sejarah di tiap penjuru kotanya. Kamu bisa saja mempelajari Filsafat saat sedang mengunjungi sebuah forum, ataupun Teologi saat kamu mengunjungi Vatikan, ataupun seni memasak saat sedang memakan suplli bikinan rumahan, namun di manapun itu, Roma selalu memiliki hal-hal yang dapat dijadikan sebuah pelajaran bagi setiap mahasiswa yang datang berkunjung. Ini merupakan kota besar dengan banyak pemandangan yang dapat dilihat. Kamu tidak akan pernah merasa bosan dan justru akan selalu menemukan sesuatu yang baru.

 

 

Kebanyakan B – Venesia: Labirin kompleks kota Venesia yang terdiri dari jalanan dan kanal ini merupakan tempat yang ideal untukmu! Venesia dikenal sebagai kota yang romantic, dan ini merupakan reputasi yang telah terbukti: dengan adanya tur melalui gondola, pengelasan gelas, dan rutinitas memberikan makan kepada burung-burung merpati di Piazza San Marco, tentu sulit untuk tidak jatuh cinta dengan kota ini. Tiap-tiap jalanan dan kanal di kota ini selalu menawarkan pelajaran yang berharga. Pesona Venesia telah menyihir banyak pengunjung, termasuk juga Hollywood, dan bahkan penduduk setempatnya selama berabad-abad. Malahan, seluruh kota ini telah dinamakan sebagai situs Bersejarah Dunia—World Heritage Site! Tinggal di Venesia seakan tinggal di dalam museum yang sangat indah dan menakjubkan.

 

 

Kebanyakan C – Florence: Florence merupakan kota yang lebih kecil, dan karenanya berkeliling kota akan terasa lebih mudah dibandingkan dengan mengelilingi Roma. Kamu akan dapat benar-benar mengenali kota ini dan juga tiap-tiap pelosoknya selama kamu tinggal di sini, dan mungkin secara tidak sengaja malah menjadi langganan di kafe-kafe di sana. Sebagai ibu kota kesenian di Italia dan juga pusat dari zaman Renaisans, Florence akan memunculkan sisi senimanmu yang tersembunyi, seperti yang telah terjadi pada orang-orang lainnya selama berabad-abad silam. Kamu bisa melihat banyak karya seni yang terkenal di Museum Uffizi dan banyak tempat lainnya di penjuru kota.

 

 

Kebanyakan D – Milan: Pusat kebudayaan ini dikenal sebagai pusat fashion dan bisnis internasional Italia. Hingar binger di Milan akan membuatmu terus bersemangat untuk terus belajar, bekerja sukarela, maupun melakukan magang di kota ini. Sebagai pusat kebudayaan modern di Italia, banyak fashionista dan eksekutif terkenal tinggal di kota ini – yang berarti akan banyak kesempatan berharga untuk para mahasiswa untuk belajar dari para ahli di sini! Atau setidaknya, saat kamu kembali nanti, kamu bisa membuat teman-temanmu terkesan dengan koleksi baju-bajumu yang terkini sesuai dengan mode di Milan!

 

 

(Sumber: http://www.gooverseas.com/blog/quiz-where-should-you-study-abroad-italy)

 

(Klik di sini untuk melihat info mengenai beasiswa kuliah ke Italia!)

(Atau klik di sini untuk mensurvey biaya kuliah ke Italia!)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.