Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

KULIAH MURAH DI KOTA PELAJAR INGGRIS – LEEDS

6836

 

Inggris terkenal akan kualitas dan sejarah pendidikan tingginya. Begitu mendengar kuliah di Inggris kebanyakan orang beranggapan biayanya pasti sangat mahal, karena memiliki mata uang paling besar di dunia. Akan tetapi, ternyata ada juga kota pelajar yang murah di Inggris, yaitu Leeds, kota ketiga terbesar di Inggris, yang biaya kuliah dan hidupnya jauh lebih murah dari London. Dan kenyataannya, kuliah di Inggris itu lebih murah dari di Amerika dan Australia. Plus, di Inggris mahasiswa internasional bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. 

 

 

BIAYA HIDUP DI LEEDS

 

Di Inggris, Leeds terkenal sebagai kota yang murah. Paling mudah dibayangkan, Leeds itu seperti Yogyakarta-nya Inggris. Lokasi kampus terletak tidak jauh dari pusat kota. Otomatis biaya hidup pun mengikuti dinamika ini. Bahasa praktisnya, “harga pelajar” semua.

 

Seperti dikutip dari PPI-Leeds.com, yaitu situs di bawah naungan Perhimpunan Pelajar Indonesia UK (PPI UK), yang dikhususkan bagi pelajar Indonesia yang sedang atau berencana kuliah ke Leeds, berikut adalah kisaran biaya hidup di Leeds (klik gambar untuk lebih jelas):

 

Biaya Hidup di Leeds

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sesuai peraturan UKBA, biaya hidup yang harus disiapkan selama sebulan di luar London adalah £ 800 per bulan. Berdasarkan pengalaman, biaya hidup tersebut lebih dari cukup. Bahkan sudah mencakup anggaran hiburan, terutama jika bisa merencanakan dengan baik setiap aktivitas dari jauh hari, tahu hari-hari apa saja atau waktu-waktu tertentu toko-toko memberi diskon, maka hidup di Leeds sungguh sangat terjangkau dan menyenangkan.

 

Selain itu, di Leeds tidak sulit untuk mencari toko-toko yang menjual bahan makanan halal. Banyak toko-toko daerah muslim yang menyediakan barang-barang halal. Juga ada beberapa toko-toko oriental yang menjual produk-produk Indonesia sepeti Kecap ABC dan Indomie dan juga barang-barang halal lainnya yang biasanya datang dari Singapura dan Malaysia.

Di beberapa toko-toko besar nasional seperti Tesco dan Asda juga dijual barang-barang dan daging halal. Begitu juga dengan rumah makan dan restoran halal juga tidak sulit ditemukan.

 

Di Inggris juga ada toko belanja murah. Toko-toko besar seperti Primax menjual pakaian dengan harga hampir sama atau bahkan lebih murah dengan pakaian yang dijual di Ramayana atau Matahari di Indonesia.

 

 

BIAYA KULIAH DI LEEDS

 

Sebagai kota pelajar di Inggris, pendidikan tinggi di LEEDS memiliki reputasi yang tinggi di dunia internasional. Salah satu universitas yang populer di kalangan mahasiswa internasional di LEEDS adalah Leeds International Study Centre (ISC). Biasanya mahasiswa internasional memulai dari program persiapan kuliah, kemudian melanjutkan ke Leeds Beckett University atau University of Leeds.

 

Biaya kuliah dari Leeds ISC adalah:

 

Biaya Kuliah Leeds International Study Centre

 

 

 

Mengapa memulai dari Leeds ISC? Karena Leeds ISC memberikan persiapan yang bagus untuk mengikuti perkuliahan di dua universitas ternama di Leeds, yaitu Leeds Beckett University atau University of Leeds. Leeds ISC terletak di kampus Leeds Beckett University, jadi semasa belajar di Leeds ISC, pelajar sudah dapat menggunakan fasilitas dari Leeds Beckett University.

 

Perpustakaan Leeds ISC

 

 
 
 
 

MENGAPA KULIAH DI LEEDS

 

 

Walau dikenal sebagai kota pelajar, Leeds sama sekali tidak membosankan. Sambil menimba ilmu di salah satu universitas terbaik di dunia, pelajar juga dapat menikmati hidup mereka di Leeds. Meskipun luas kota Leeds tidak sebesar Manchester apalagi London, Leeds tetap memiliki daya tarik tersendiri dari segi sightseeing, town centre, shopping, arsitektur dan tempat bersejarah dan night life. Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Leeds saat sedang jenuh dengan tugas kuliah, pekerjaan, atau di akhir pekan (sumber: PPI-Leeds.com).

 

 

Leeds Kirkgate Market

 

 

Bila butuh bahan-bahan masakan seperti sayuran, daging, seafood dan buah-buahan, maka disinilah tempat para warga Leeds berbelanja. Leeds Kirkgate Market cukup bersih dan nyaman untuk berbelanja. Barang-barang yang dijual dijamin lebih murah dan segar. Selain bahan makanan, disana kita juga dapat menjumpai tempat makan, baju-baju, elektronik bahkan pangkas rambut.

 

Di sini, kamu juga bisa mengunjungi booth pertama Marks & Spencer yang belum berubah dari pertama kali mereka buka.

 

 

Town Hall

 

Rasanya nggak lengkap ke Leeds kalau belum foto di depan Town Hall. Town Hall ini adalah salah satu landmark utama kota ini. Town Hall adalah gedung besar dengan menara berbentuk jam dengan kubah diatasnya yang elegan. Town Hall ini sering dipakai untuk tempat pagelaran musik orkestra atau paduan suara. Untuk sampai di Town Hall, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari City Center.

 

 

 

Leeds City Centre

 

 

Kamu kelupaan bawa barang dari rumah? Tinggal pergi ke city center, semua barang yang mau kamu cari pasti ada di Leeds City Center, kamu bisa menemukan semua hal dari mulai apotek, supermarket, mini market, lots of branded stores (zara? ada! topshop? pastinya! marks & spencers? ada dong! dan masih banyak lainnya!), pasar tradisional, makanan-makanan enak, toko elektronik, chinese supermarket, thailand supermarket, dan banyak lainnya.


Tidak seperti di Indonesia, City Center disini konsepnya terbuka dan bukan di dalam mall, jadi enak untuk dipakai jalan-jalan santai sambil cuci mata plus window shopping.

 

Jangan lewatkan juga pertunjukan seniman jalanan setiap akhir pekan, tentunya 10-50p bukanlah jumlah besar untuk Anda masukkan ke kotak di depan para seniman tersebut.

 

 

Roundhay Park

 

Inggris identik dengan tamannya yang besar dan nyaman untuk dikunjungi bareng keluarga atau orang-orang terdekat. Nah, salah satu taman yang nyaman untuk dikunjungi di Leeds itu Roundhay Park. Roundhay Park itu taman yang super besar dan juga punya berbagai spot yang bisa dinikmati segala usia, yaitu: taman, kafe, danau, canal gardens, butterfly gardens dan mansion house (yang sekarang bisa dipakai untuk venue berbagai acara). Roundhay Park sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka jalan-jalan santai, baca buku di taman, atau duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Elland Road Stadium

 

 

Penyuka sepak bola pasti tidak mau melewatkan kunjungannya ke stadion ini. Sebagai tim legendaris (dan salah satu rival terbesarnya Manchester United di tahun 60/70an!), stadion ini bersejarah banget untuk Leeds United dan penduduk kota Leeds. Disini kamu bisa ikut tour keliling stadium dan mampir ke toko suvenir untuk beli pernak-pernik Leeds United.

 

Di atas hanyalah beberapa tempat menarik dari Leeds. Baca selengkapnya di sini.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS