Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

Universitas dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Dunia

1584

Gelar di bidang Ilmu Komputer dari universitas-universitas top dapat membantu para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka di perusahaan-perusahaan semacam Apple, Google dan Facebook.

Tapi universitas mana yang menawarkan yang terbaik di bidang Ilmu Komputer yang dapat membuat calon bos kita nantinya terkesan?

 

Dengan menggunakan peringkat dari QS World University Rankings, kami mengurutkan universitas yang menawarkan program Ilmu Komputer paling top di dunia.

 

Peringkat ini seringkali menjadi panduan para calon mahasiswa/i saat awal kali menentukan universitas mana yang akan mereka tuju, dan banyak perusahaan pun menggunakan peringkat yang sama saat menyeleksi para pelamar kerja.

 

Faktor yang digunakan adalah reputasi universitas tersebut secara akademis, reputasi universitas tersebut sendiri, dan juga besarnya pengaruh penelitian yang dilakukan. Metodologi yang digunakan secara keseluruhan bisa juga kamu lihat di sini, dan skor yang digunakan menggunakan skala 0-100.

 

Berikut merupakan 10 yang terbaik. Untuk melihat daftar lengkapnya, klik di sini.

 

10. Princeton University — Salah satu bagian dari Ivy League ini berlokasi di New Jersey, dan memang biasanya mendapatkan skor yang bagus dalam peringkat ini. QS memberikan nilai keseluruhan 85,6 untuk program Ilmu Komputer dan Sistem Informasi yang mereka miliki.

 

9. National University of Singapore (NUS) — NUS merupakan universitas tertua di Singapura. Jumlah muridnya mencapai 35.000 dan program Ilmu Komputer dan Sistem Informasi-nya mendapatkan skor keseluruhan 85,9.

 

8. EHT Zurich - Swiss Federal Institute of Technology — Ini merupakan universitas dengan skor tertinggi yang tidak berlokasi baik di Amerika Serikat maupun di Britannia Raya. 21 penghargaan Nobel telah diberikan baik ke mahasiswa maupun dosen-dosen di EHT dan skor yang mereka dapatkan, yaitu 86,3, cukuplah mengesankan.

 

7. University of California, Berkeley (UCB) — Gedung universitas Berkeley yang megah merupakan arsitektur yang sangatlah mengesankan. Program Ilmu Komputer dan Sistem Informasi-nya mendapatkan peringkat 89,4.

 

6. University of Cambridge — Kota Cambridge merupakan salah satu pusat teknologi di Britannia Raya berkat universitas kotanya, yang seringkali muncul di banyak peringkat universitas dunia yang ada. Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasinya saja mendapatkan skor 89,8 dari QS.

 

5. Carnegie Mellon University — Universitas swasta di Pittsburgh, Pennsylania, ini mungkin tidaklah setara dengan Harvard dan Stanford, namun program Ilmu Komputer dan Sistem Informasinya dianggap sebagai salah satu yang paling berkelas, dengan skor 91,4 di peringkat QS.

 

4. Harvard University — Sayangnya, universitas terbaik di dunia ini (menurut QS) tidak memiliki jurusan yang terbaik dalam bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi karena ia sekadar menempati peringkat ke-4, namun sebagai universitas yang telah ditinggalkan oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mereka masih mendapatkan skor 92,4.

 

3. University of Oxford — Didirikan di tahun 1096, universitas kuno ini masihlah merupakan salah satu yang terdepan di bidang teknologi, dengan startup semacam DeepMind yang terkait erat dengan universitas ini. Oxford mendapatkan skor keseluruhan sebanyak 92,5.

 

2. Stanford University — Institusi California ini memiliki reputasi sebagai tempat yang sering menjebolkan lulusan yang akhirnya bergabung dengan perusahaan-perusahaan teknologi terbesar di dunia, termasuk diantaranya Google, HP, Instagram, dan Snapchat. Skor yang mereka terima sebanyak 93,2.

 

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT) — Tentu tidaklah mengejutkan apabila salah satu universitas paling berkelas di dunia juga menawarkan jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Infomasi terbaik di dunia, dengan skor 93,8 di peringkat QS. Menurut survei yang diadakan oleh The Guardian, para lulusan MIT yang masih hidup sekarang telah membangun sebanyak 25.800 perusahaan, dan mempekerjakan lebih dari 3 juta orang, termasuk setidaknya sekitar seperempat tenaga kerja di Sillicon Valley.

 

Atau klik di sini untuk melihat jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi di negara-negara lain!

(Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2016/07/these-are-the-best-computer-science-schools-in-the-world?utm_content=buffer88a5c&utm_medium=social&utm_source=facebook.com&utm_campaign=buffer)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.