Informasi penting
Study abroad: Info Negara Tujuan

UNIVERSITAS MUDA DENGAN PERKEMBANGAN TERCEPAT DI DUNIA

1937

Times Higher Education mengumumkan 7 universitas muda dengan perkembangan tercepat di dunia, dan kunci kesuksesan mereka.

Berdasarkan hasil survei, universitas-universitas terbaik di dunia didirikan antara abad ke-11 dan ke-19. Kenyataannya, dalam beberapa tahun ini, banyak institusi muda yang berhasil menembus peringkat tinggi dan menyaingi universitas yang memiliki sejarah lebih panjang.

 

Apa yang dimaksud dengan ‘Universitas Muda’?

Tidaklah mudah menjadi universitas muda (berumur di bawah 50 tahun). Seringkali mereka dianggap ‘muda’, sehingga status ini menjadikan mereka susah bersaing dengan universitas-universitas yang telah memiliki sejarah dan prestasi ratusan tahun, yang telah memiliki banyak alumni terkenal dan para donatur yang royal.

Times Higher Education telah menganalisa 200 universitas yang masuk dalam peringkat World University Rankings (universitas-universitas terbaik di dunia) – yang didominasi oleh universitas-universitas tua dan elit - dan menemukan bahwa banyak universitas di bawah 50 tahun bergerak cepat dalam tabel peringkat menuju ranking yang lebih tinggi sejak 2011; menjadikan mereka institusi dengan perkembangan tercepat di dunia.

 

Universitas Muda dengan Perkembangan Tercepat di Dunia

Dari 7 ‘young guns’ yang diidentifikasikan di ‘Young Universities Summit Report’, Nanyang Technological University dari Singapura adalah universitas muda dengan perkembangan paling pesat – naik 108 peringkat dalam THE’s World University Rankings hanya dalam waktu 4 tahun (2011-2014).

 

Maastricht University Belanda berada di peringkat ke-2, naik 96 peringkat sejak 2011. Sedangkan University of Warwick dari Inggris berada di posisi ke-3 (naik 54 peringkat).

 

Advanced Institute of Science and Technology Korea berada di posisi ke-4 (naik 42 peringkat). Posisi selanjutnya ditempati oleh Pompeu Fabra University asal Spanyol (naik 21 peringkat), École Polytechnique Fédérale de Lausanne asal Swiss (naik 12 peringkat) dan  Hong Kong University of Science and Technology (naik 11 peringkat).

 

Lihat tabel di bawah ini untuk ringkasan yang lebih jelas:

 

Peringkat

Universitas

Tahun Didirikan

Negara

1

Nanyang Technological University

1991

Singapura

2

Maastricht University

1976

Belanda

3

University of Warwick

1965

Inggris

4

Korea Advanced Institute of Science and Technology

1971

Korea Selatan

5

Pompeu Fabra University

1990

Spanyol

6

École Polytechnique Fédérale de Lausanne

1969

Swiss

7

Hong Kong University of Science and Technology

1991

Hong Kong

Sumber: Times Higher Education Young Universities Summit Report www.theworldsummitseries.com  

 

Rahasia Kesuksesan Universitas Muda

Apa yang membuat universitas muda sukses?

1. Dampak Penelitian

Semakin sering hasil penelitian universitas dipublikasikan, atau dijadikan referensi oleh sumber akademis, semakin universitas itu akan dikenal. Hal ini berarti penelitian universitas tersebut memberikan dampak yang bermakna bagi dunia.

2. Kerjasama dengan Industri

Seberapa banyak perusahaan yang bekerja sama dengan universitas, dan menerapkan hasil penelitian universitas dalam praktek nyata, ternyata sangat berperngaruh dalam perkembangan universitas muda.

3. Keterlibatan Internasional

Keterlibatan internasional suatu universitas adalah faktor ketiga yang mendorong kemajuan universitas muda. Semakin banyak mahasiswa internasional, staf internasional yang dimiliki universitas, serta kerjasama dalam penelitian atau bidang akademis lainnya dengan institusi internasional akan menaikkan pamor universitas tersebut. 

 

Bertil Andersson, presiden dari Nanyang Technological University Singapura – institusi muda yang hanya memiliki 3 presiden sejak didirikan pada tahun 1991 mengatakan:

 

“Muda berarti harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan tempat di dunia global, dan faktor keberuntungan juga berpengaruh. Kami beruntung terletak di lingkungan nasional yang memandang tinggi ilmu pengetahuan, dan ekonomi disini sangat mendukung dan membantu institusi pendidikan tinggi.

 

Kepemimpinan yang kuat dari Dewan Pengawas dan Manajemen Senior, dengan komitmen untuk menekankan dan membuat perubahan nyata juga sangat penting.

 

Pertama, sebuah institusi harus memiliki komitmen untuk internasionalisasi, yaitu dengan memperkerjakan staf pengajar, staf penelitian dan mahasiswa pascasarjana terbaik.

 

Kedua, memiliki partner akademis internasional untuk memperluas portofolio akademis, terutama dalam bidang kedokteran juga sangatlah penting.

 

Ketiga, sangat penting memiliki koneksi industri yang kuat, baik secara nasional dan internasional, dengan perusahaan-perusahaan multinasional yang berbasis teknologi. Penelitian itu sia-sia jika hasilnya tidak dapat diterapkan untuk memberikan dampak baik bagi industri.

 

Kemudian, untuk sukses, sebuah institusi harus memiliki perencanaan yang strategis tetapi fleksibel, yang dipadukan dengan proses implementasi yang berkomitmen.

 

“Dengan demikian, sangatlah mungkin untuk menciptakan struktur pendidikan yang moderen dan berfokus pada mahasiswa; sebuah lingkungan yang menstimulasi; sebuah institusi terdepan di dunia.”

 

Phil Baty, penulis, Peringkat Times Higher Education, menambahkan:

“Umur rata-rata universitas yang berada dalam daftar 100 besar institusi terbaik di dunia dalam peringkat Times Higher Education World University Rankings mendekati 200 tahun, dan Oxford University yang didirikan pada tahun 1096, bahkan telah berumur 900-an tahun!

 

Yang ingin kami sampaikan dengan daftar ‘Peringkat Universitas Muda Terbaik’ adalah, untuk menjadi yang terbaik, umur bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan, usahalah yang mempengaruhi kesuksesan suatu universitas.

 

“Dengan kepemimpinan yang kuat, fokus yang jelas – dan tentu saja, dana yang kuat – ke-7 universitas muda terbaik telah menunjukkan bahwa, prestasi yang dicapai universitas lain dalam waktu berabad-abad, dapat dikejar dalam waktu beberapa dekade. Mereka adalah kelompok institusi dinamis yang menarik, yang dapat dijadikan teladan oleh seluruh dunia.

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.

Coba lihat...