Informasi penting
Study abroad: Essentials

Tips Menghadiri Wawancara (Interview)

2571

Wawancara kadang tidak bisa dihindari. Anda mungkin perlu menghadiri wawancara sebelum diterima masuk oleh universitas pilihan Anda, atau untuk memasuki dunia kerja. Mungkin terdengar menakutkan, tetapi sebenarnya jika Anda mengenal proses wawancara dan mempersiapkan diri dengan baik, tidak ada yang perlu ditakutkan.

 

Mempersiapkan diri

Kita semua ingin terlihat meyakinkan sewaktu wawancara. Dengan hanya mempersiapkan penampilan saja tidaklah cukup. Apalagi di jaman modern ini, persaingan masuk ke universitas ataupun dunia kerja semakin ketat. Jadi, yang penting adalah Anda bisa membuktikan kenapa Anda lebih pantas dipertimbangkan untuk menempati posisi yang Anda minta dibandingkan dengan kandidat lainnya.

 

Untuk mempersiapkan diri, sebelumnya Anda bisa meneliti jurusan pilihan Anda. Keahlian apa saja yang mereka pentingkan, dan apakah Anda sesuai dengan persyaratan mereka. Kemukakanlah kelebihan Anda, dan alasan mengapa Anda ingin memilih jurusan tersebut. Lebih baik lagi jika Anda mempunyai gambaran mengenai apa yang ingin Anda capai di masa depan, dan bagaimana belajar di jurusan ini bisa membantu Anda. Dengan melihat kesungguhan dan minat Anda, biasanya universitas akan mempertimbangkan untuk menerima aplikasi Anda.

 

Jenis-jenis wawancara

Ada berbagai cara untuk mengadakan wawancara. Halangan geografis biasanya tidak memungkinkan wawancara langsung. Jadi wawancara juga bisa diadakan via telepon, atau video seperti Skype. Jika wawancara dilakukan melalui skype, anggaplah Anda menghadiri wawancara langsung. Pilihlah lokasi yang tenang dan hadirlah dengan pakaian yang sopan. Ada baiknya memberitahukan kepada orang-orang yang serumah dengan Anda jika Anda akan menghadiri wawancara melalui skype di waktu tertentu, dan mintalah supaya mereka tidak mengganggu Anda.

 

Jika Anda menghadiri wawancara langsung, hadirlah tepat waktu. Aturlah perjalanan dan waktu Anda dengan baik. Pastikan Anda tidak terjebak macet atau tersesat. Apapun alasan Anda, terlambat menghadiri wawancara akan memberikan kesan yang sangat buruk.

 

Jika Anda akan diwawancarai via telepon selular, pastikanlah telepon Anda dalam keadaan meyala saat waktu yang dijanjikan. Pastikan Anda berada di lokasi dengan sinyal bagus dan baterai yang masih penuh.

 

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sewaktu wawancara

Biasanya waancara menanyakan hal seputar seberapa Anda cocok dan layak untuk mengikuti perkuliahan di jurusan pilihan Anda. Pihak universitas juga akan menanyakan alasan mengapa Anda memilih jurusan ini, dan mengapa Anda memilih universitas tersebut. Kemudian mereka akan menanyakan kelebihan serta kekurangan Anda dan apa yang bisa Anda sumbangkan kepada universitas. Sumbangan bukan berarti uang, tetapi merupakan prestasi atau dedikasi Anda terhadap studi Anda.

 

Pikirkanlah bagaimana Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelumnya. Jika Anda mempersiapkan diri dengan baik, hasilnya tentu tidak akan mengecewakan. Jika Anda merasa khawatir, bicarakanlah dengan kenalan Anda yang pernah menghadiri wawancara. Semakin Anda mengenal wawancara, kekhawatiran Anda akan berkurang atau hilang dengan sendirinya.

 

Tips untuk menghadiri wawancara

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah persiapkanlah dengan baik. Bukan hanya mengenai contoh-contoh pertanyaan dan bagaimana Anda akan menjawabnya, tetapi juga mengenai jadwal dan tempat wawancara.

 

Kemudian, jawablah pertanyaan dengan jujur. Jangan menambahkan kelebihan Anda dan jangan menutupi kelemahan Anda. Ketidakjujuran hanya akan memperburuk kesan Anda di mata universitas.

 

Tetaplah tenang semasa wawancara. Jangan panik. Panik tidak akan membantu Anda sama sekali. Sebelum memulai wawancara, tenangkanlah pikiran Anda. Yakinlah bahwa Anda telah membuat persiapan dengan baik. Oleh karena itu, hindari datang terlambat atau terburu-buru, karena itu akan membuat Anda galau.

 

Kadang mungkin Anda akan diberikan pertanyaan di luar dugaan. Jangan pernah merasa panik. Tetaplah tenang dan jawablah sebisa mungkin. Kadang universitas tidak selalu menilai benar salahnya jawaban Anda. Kadang mereka ingin menilai sikap Anda dalam menghadapi keadaan tidak terduga. Jadi, penting bagi Anda untuk tetap tenang.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca