Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Essentials - Wajib dibaca

Info Lengkap Tes IELTS

6890

Jika Anda ingin kuliah ke negara yang mempergunakan Bahasa Inggris, Anda perlu membuktikan bahwa Anda mengerti dan mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan baik. IELTS English language test memberitahukan dengan jelas apa saja yang perlu Anda ketahui.

Banyak Institusi yang mewajibkan Anda untuk membuktikan kemampuan Bahasa Inggris Anda. Tes IELTS dikenal secara luas di sluruh dunia dan merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris Anda.

 

Apakah IELTS itu?

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. Ini adalah tes kelancaran berbahasa Inggris yang dapat membuktikan bila Anda telah memenuhi batasan kriteria, baik untuk kuliah maupun bekerja. Tes ini mencakup 4 bagian yaitu: mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis.

 

IELTS berlaku untuk negara mana saja?

Institusi pendidikan di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hongkong, Irlandia, dan Afrika Selatan, serta dipergunakan oleh badan profesional di berbagai negara, seperti Selandia Baru Immigration Service, dan General Medical Council di Inggris. IELTS diterima oleh lebih dari 6000 organisasi di seluruh dunia.

 

Siapa yang menjamin kualitas tes IELTS?

IELTS dimiliki bersama oleh konsul Inggris, IDP, IELTS Australia dan Cambridge ESOL, yang memastikan bahwa tes yang dipakai dapat dipergunakan di seluruh dunia. Isi dari tes Bahasa Inggris tersebut dibuat dan diperiksa secara internasional sehingga menghilangkan perbedaan budaya dan bahasa.

Terdapat dua macam tes IELTS yaitu: Academic dan General Training test.

• Academic test dipergunakan untuk mahasiswa asing yang ingin kuliah di negara-negara yang mempergunakan Bahasa Inggris.

• General Training test dipergunakan untuk orang asing yang ingin pindah ke negara-negara yang mempergunakan Bahasa Inggris atau untuk bekerja di organisasi profesional.

Kedua tes tersebut mempunyai tes yang sama di bagian mendengarkan dan berbicara, tetapi bagian membaca dan menulis dibedakan dan disesuaikan secara khusus untuk kebutuhan Academic test ataupun General test.

 

Mengenai Tes IELTS

Tes Mendengarkan: 30 Menit, 4 Bagian, 40 Soal

Kemampuan pemahaman Anda akan diuji secara spesifik dalam berbagai konteks dan format.

Tes Membaca untuk Academic ataupun General Training: 60 menit, 3 bagian, 40 soal

Anda harus membuktikan kemampuan Anda dalam memahami bacaan yang terperinci dan rumit dalam Bahasa Inggris.

Tes Menulis untuk Academic ataupun General Training: 60 menit, 2 Soal

Anda diharapkan mampu membuat tulisan dalam Bahasa Inggris yang menggunakan topik dan konteks yang sudah disesuaikan untuk Anda. Penilaian tes meliputi kemampuan tata bahasa, struktur kalimat, kosakata maupun gaya menulis Anda.

Tes Berbicara: 11-14 menit, 3 bagian

Meliputi interview yang mencakup banyak topik dan konteks, Anda diminta untuk melakukan percakapan yang menggunakan topik pilihan Anda maupun topik yang sudah ditentukan. Anda juga akan diminta untuk terlibat dalam percakapan serius yang membahas isu-isu abstrak.

 

IELTS Bands

Setelah tes Anda dinilai, Anda akan diberikan skor yang terbagi atas beberapa golongan nilai (band):

• 9 - expert user (sangat ahli)

• 8 - very good user (sangat baik)

• 7 - good user (baik)

• 6 - competent user (cakap)

• 5 - modest user (sedang)

• 4 - limited user (terbatas)

• 3 - extremely limited user (sangat terbatas)

• 2 - intermittent user (terbata-bata)

• 1 - non-user (tidak mampu)

 

Biaya Tes IELTS

Biaya tes dapat berubah setiap tahun. Saat ini biaya untuk tes IELTS sebesar £115. Anda dapat mengetahui biaya tes di tempat Anda di situs web IELTS.

 

Skor IELTS berapakah yang harus saya capai untuk bisa kuliah di Inggris

Jika Anda ingin kuliah di Amerika Serikat, Kanada, Inggris ataupun Australia, Anda memerlukan minimal skor IELTS 6-6.5. Bila Anda ingin masuk ke jurusan yang lebih berat seperti kedokteran, Anda memerlukan minimal skor IELTS 7. Pastikan untuk mengetahui secara jelas mengenai skor minimal yang diminta oleh institusi atau organisasi yang Anda tuju.

 

Bagaimana dengan Tes TOEFL?

TOEFL dapat juga dipergunakan sebagai tes kemampuan Bahasa Inggris Anda sewaktu mendaftar masuk kuliah. TOEFL adalah tes Bahasa Inggris yang mempergunakan Bahasa Inggris Amerika Serikat dan dipakai untuk tes masuk di hampir semua Universitas Amerika Serikat.

 

Masih bingung memilih yang mana? Bandingkan keduanya di artikel panduan Hotcourses Indonesia di sini TOEFL vs IELTS.

Lihat semua video panduan kami tentang IELTS. Untuk melihat ujian IELTS seperti apa:

 

Kalau kamu punya pertanyaan seputar IELTS, silahkan konsultasi dengan situs resmi IELTS.

 

Tautan berguna:

Mengapa tes TOEFL dan IELTS penting untuk kuliah ke luar negeri?

Yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar untuk tes IELTS

IELTS Courses in Australia

IELTS courses in Malaysia

IELTS courses in New Zealand

IELTS courses in Singapore

IELTS courses in London and the UK

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS