Informasi penting
Study abroad: Essentials

Tips Lulus Tes Pendaftaran Universitas

874

Ulangilah pelajaran secara efektif

Sebelum mengikuti tes, kita selalu melakukan revisi (mengulang pelajaran). Tetapi seberapa efektif revisi yang kita lakukan? Sebelum memulai revisi, buatlah daftar dan jadwal revisi. Tulislah bagian mana yang perlu Anda revisi dan pastikanlah Anda menulis dengan lengkap, sehingga tidak ada bagian yang tertinggal. Dengan membuat daftar revisi akan mempermudah proses revisi Anda dengan membaginya ke sektor-sektor yang lebih kecil.

Berkonsentrasilah disaat Anda sedang mengulang pelajaran. Carilah tempat yang tenang tanpa gangguan. Hindarilah hal-hal yang bisa membuyarkan konsentrasi Anda seperti televisi dan penggunaan internet dan jauhilah media sosial seperti Facebook dan twitter.

Daya konsentrasi semua orang berbeda-beda. Ada yang bisa berkonsentrasi seharian penuh asal tidak diganggu, sementara sebagian orang tidak bisa berkonsentrasi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, menurut para ahli, sebaiknya Anda beristirahat setiap 60-90 menit. Sementara sedang melakukan revisi, Anda bisa ditemani oleh cemilan dan air minum yang cukup.

Banyaklah berlatih

Bagi yang mengikuti kursus persiapan ujian, biasanya guru Anda akan menyediakan contoh-contoh soal untuk Anda. Jika tidak, Anda bisa mendapatkan berbagai contoh soal untuk berbagai jenis ujian di internet. Manfaatkanlah fasilitas ini dengan baik.

Berlatih dengan contoh-contoh soal akan membuat Anda lebih mengenali struktur ujian, sehingga Anda bisa mempelajari bagian mana yang menjadi kelemahan atau kelebihan Anda, kemudian mengatasinya. Kerjakanlah contoh-contoh soal tersebut dengan batasan waktu yang sama dengan ujian. Dengan banyak banyak berlatih, Anda akan semakin siap untuk menhadiri ujian.

Jangan melupakan stamina Anda. Sementara bekerja keras mempersiapkan ujian, Anda juga harus menjaga kesehatan badan. Tanpa kondisi yang fit, Anda tidak bisa mengeluarkan usaha yang maksimal di hari ujian. Untuk mengimbangi ujian yang berlangsung selama 3 hingga 4 jam, biasakanlah diri Anda untuk bisa terus berkonsentrasi selama itu.

Menghadiri Ujian

Fakta-fakta ilmiah membuktikan bahwa performa seseorang disaat menghadiri ujian dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah jangan sampai dehidrasi. Jika Anda menghadiri ujian dengan waktu diatas 2 jam, bawalah air minum.

Kemudian, tekanlah tingkat stress Anda. Tingkat stress yang tinggi akan mempengaruhi fokus Anda semasa ujian. Anda bisa menghindari stress dengan persiapan ujian yang cukup, dan jangan terlambat menghadiri ujian.

Sewaktu ujian berlangsung

Semasa ujian berlangsung, Anda harus pintar-pintar membagi waktu. Ingatlah bahwa setiap bagian ujian mempunyai batasan waktu. Pakailah jam tangan, untuk berjaga-jaga jika Anda tidak duduk di tempat yang dekat dengan jam di ruang ujian.

Apapun yang terjadi, jawablah semua pertanyaan walaupun Anda tidak yakin kalau jawaban Anda itu benar. Nilai diberikan kepada jawaban yang benar, tetapi nilai Anda tidak akan dikurangi untuk jawaban yang salah. Selama Anda berusaha menjawab walaupun ragu masih ada kemungkinan kalau jawaban Anda itu benar.

Jagalah kesehatan Anda

Biasanya para pelajar berusaha keras dalam mepersiapkan ujian mereka sampai lupa untuk menjaga kesehatan. Tetapi ingatlah, tanpa kondisi yang fit, Anda tidak bisa memberikan yang terbaik semasa ujian, dan bahkan jika Anda jatuh sakit, Anda jadi tidak bisa mengikuti ujian. Jadi pastikanlah Anda makan dan istirahat yang cukup sewaktu dalam masa persiapan ujian. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa meluangkan waktu untuk olahraga ringan.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca