Informasi penting
Study abroad: Essentials

Info Lengkap Tes Pendaftaran Universitas

5181

Selain mempertimbangkan nilai akademis dari pendidikan sebelumnya, beberapa universitas mewajibkan para calon mahasiswa mereka untuk mengambil tes masuk sesuai dengan jurusan yang dipilih. Tujuannya adalah universitas ingin melihat apakah calon mahasiswa tersebut cocok dan layak untuk menekuni jurusan yang dipilih. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan mengenai berbagai jenis ujian masuk beserta tujuannya.

ATAS

The Academic Technology Approval Scheme (ATAS) diperkenalkan di tahun2007 dengan tujuan mencegah penyebaran pengetahuan keluar Inggris yang bisa digunakan untuk pengembangan senjata-senjata. Ujian ini hanya diperuntukkan bagi para calon mahasiswa yang ingin mengambil program pascasarjana dengan jurusan yang berhubungan dengan sains dan teknologi dan membutuhkan visa tier 4. Jika Anda ragu apakah Anda masuk dalam kriteria tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan pihak penerimaan mahasiswa di universitas pilihan Anda.

MCAT

The Medical College Admission Test (MCAT) adalah tes masuk untuk jurusan kedokteran. Biasanya sertifikat ini diminta oleh universitas-universitas ternama. Tes ini akan menguji kecocokan dan kelayakan calon mahasiswa kedokteran. Tes dibagi menjadi 4 bagian: physical sciences (sains fisik), verbal reasoning (penalaran verbal), biology (biologi) dan the trial section (sesi pencobaan).

USMLE

The United States Medical Licensing Examination (USMLE) adalah ujian untuk lisensi kedokteran di Amerika dan Kanada. Ujian ini menguji kemampuan seorang dokter dalam menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari semasa kuliah kedalam dunia praktek kedokteran yang sebenarnya.

Proses ujian dibagi dalam 3 tahap. tahap pertama menilai pengetahuan sains dan praktek dasar dalam bidang medis. Tahap kedua menguji kemampuan dokter untuk berinteraksi dengan pasien. Tahap ketiga menguji apakah dokter tersebut bisa memberikan perawatan medis yang profesional dan sesuai dengan keadaan pasien.

LSAT

The Law Schools Admission Test (LSAT) adalah tes yang mengambil masa setengah hari. Tes ini biasanya diminta oleh jurusan hukum di Amerika dan Kanada, dan juga berbagai universitas ternama di dunia. Ujian ini menguji kemampuan pemahaman dan penalaran calon mahasiswa, dimana kemampuan-kemampuan tersebut dianggap penting untuk menekuni bidang hukum.

Ujian ini diberikan dalam format pilihan ganda yang menguji kemampuan analisa, pemahaman dan penalaran calon mahasiswa. Para calon mahasiswa dianjurkan untuk mengambil ujian ini di bulan Juni atau September sebelum perkuliahan dimulai.

GMAT

The Graduate Management Admission Test (GMAT) adalah tes yang berbasis komputer. Tes ini diperuntukkan bagi para kandidat yang ingin mengambil program pascasarjana jurusan bisnis seperti MBA, Akutansi, Keuangan dan Manajemen.

Ujian ini dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian Kuantitatif menilai kemampuan para kandidat dalam berpikir secara. Bagian Verbal menguji kemampuan para kandidat dalam mengerti dan memproses baik materi tertulis maupun verbal. Bagian Penalaran menilai kemampuan para kandidat dalam mengevaluasi data dan membuat laporan analitik.

GRE

The Graduate Records Examinations (GRE’s) mencakup berbagai bidang yang berbeda. Kebanyakan kandidat mengambil tes umum, tetapi ada juga beberapa calon mahasiswa pascasarjana yang diharuskan mengambil tes dengan bidang bahasan yang lebih spesifik. Sertifikat ini diminta oleh mayoritas program pascasarjana di negara-negara yang berbahasa Inggris.

Tes ini dibagi menjadi 3 bagian: verbal, kuantitatif dan laporan analitik. Tes ini pertama kali dikenalkan di tahun 1949 oleh Educational Testing Service, dan dirombak di tahun 2011.

SAT

The Scholastic Assessment Test (SAT) adalah tes standar yang diperuntukkan bagi para kandidat yang ingin melanjutkan pendidikan di college Amerika Serikat. Tes terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: pemahaman bacaan, matematika dan mengarang.

PCAT

The Pharmacy College Admission Test (PCAT) adalah ujian untuk menguji kelayakan calon mahasiswa jurusan farmasi. Ujian ini dibagi dalam 6 bagian: penalaran verbal, biologi, pemahaman bacaan, keahlian kuantitatif, kimia, dan mengarang dalam topik seputar kesehatan, sains atau politik.

CGFNS

The Commission on Graduates of Foreign Nursing Schools (CGFNS) test diperuntukkan bagi yang ingin menjadi perawat di Amerika Serikat. Untuk mengambil ujian ini, para kandidat harus menyelesaikan mata kuliah yang diminta dan layak untuk mengambil penempatan kerja di Amerika Serikat.

NBDE

The National Board of Dental Examination (NBDE) adalah ujian bagi para calon mahasiswa kedokteran gigi di Amerika Serikat. Ujian ini dibagi menjadi 3 bagian: Part 1, Part 2 dan bagian kesehatan gigi dan mulut. Part 1 terdiri dari 400-an soal pilihan ganda mengenai mikrobiologi, kedokteran gigi dan embriologi. Part 2 meliputi penilaian yang lebih vokasional dan memakan waktu 2 hari.

ACT

The American College Testing (ACT) adalah ujian bagi siswa sekolah menengah ke atas yang ingin mendaftarkan diri ke college. Tes ini dibagi kedalam 5 bagian: Inggris, Matematika, Reading, Penalaran Sains dan Mengarang.

CAE

The Cambridge Advanced Exam (CAE) menguji kemampuan berbahasa Inggris para calon mahasiswa. Ujian ini dibagi menjadi 5 bagian: membaca, mengarang, grammar dan kosakata, berbicara dan penalaran. Ujian ini diakui oleh lebih dari 13,000 universitas, perusahaan-perusahaan dan berbagai lembaga kepemerintahan di seluruh dunia.

PTE

The Pearson Test of English (PTE) adalah ujian kelancaran dalam berbahasa Inggris. Ujian ini diakui di Australia, Amerika Serikat dan Inggris. Ujian ini terdiri dari 2 bagian: mengarang dan berbicara yang menguji ketangkasan dalam mendengar, berbicara, mengarang dan pemahaman bacaan.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca