Informasi penting
Study abroad: Essentials

Info Lengkap Tes TOEFL

2322

Jika Anda ingin mengambil program sarjana atau pascasarjana dalam Bahasa Inggris, Anda akan diharuskan untuk mengambil tes kelancaran berbahasa Inggris untuk memastikan bahwa kemampuan berbahasa Inggris Anda memenuhi persyaratan program yang ingin Anda ambil. TOEFL merupakan salah satu tes kelancaran berbahasa Inggris yang diakui secara luas di seluruh dunia.

Tes TOEFL dijalankan oleh ETS dan bisa berupa paper-based (PBT) atau internet-based (iBT). Tujuan utama dari tes ini adalah menguji apakah kemampuan Bahasa Inggris Anda (secara tertulis dan oral) memenuhi persyaratan untuk kuliah di universitas.

TOEFL dikenal oleh lebih dari 130 negara dan lebih dari 7,500 college dan institusi lainnya di seluruh dunia. Skor/nilai TOEFL digunakan sebagai syarat penerimaan untuk program-program berbahasa Inggris, alokasi beasiswa dan untuk kepentingan imigrasi.

Tes TOEFL mula-mula diadakan untuk mengukur kelancaran Bahasa Inggris para pelajar asing yang ingin kuliah di Amerika dan Kanada. Jadi standar tes TOEFL disesuaikan dengan standar Amerika. Akan tetapi banyak juga universitas-universitas di Inggris yang menerima TOEFL.

Struktur Tes

Struktur ujian tidak jauh berbeda antara PBT dan IBT. struktur ujian terdiri dari 4 bagian:

Reading:

Anda akan diminta untuk membaca beberapa bacaan dari artikel-artikel universitas, kemudian Anda harus menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan tersebut. Soal diberikan dalam format pilihan ganda. Soal-soal tersebut akan menguji pemahaman bacaan serta kosakata Anda.

Listening:

Disini Anda akan mendengarkan rekaman percakapan mengenai kehidupan universitas, misalnya percakapan antara mahasiswa dan dosen di kelas. Soal juga diberikan dalam format pilihan ganda. Bagian ini akan menguji seberapa bisa Anda memahami dan menginterpretasikan isi percakapan tersebut.

Speaking:

Disini Anda akan menghadiri sesi tanya jawab. Topik untuk 2 soal pertama bisa berkisar seputar kehidupan pribadi Anda, seperti menceritakan kota Anda atau guru favorit Anda. Di 2 pertanyaan berikutnya, Anda akan diberikan bacaan atau percakapan, kemudian Anda akan diminta untuk meringkas bacaan atau percakapan tersebut, serta memberikan opini Anda.

Writing:

Sebagai penutup, Anda akan menuliskan 2 esai pendek. Topik pertama biasa diambil dari topik umum, misalnya: bagaimanakan peran internet dalam hidup Anda? atau Jika ada sesuatu yang ingin Anda ubah di negara Anda, apakah itu? untuk essai kedua, Anda akan diberikan bacaan singkat, kemudian Anda diharuskan untuk menuliskan esai argumentatif, membuat analisa mengenai bacaan tersebut.

Hasil Tes

Bagian Reading dan Listening dinilai oleh komputer dengan skor antara 0 hingga 30. Bagian Reading terdiri dari 36-56 soal. Anda harus menjawal soal berdasarkan bacaan yang diberikan. Bagian Listening terdiri dari 34 -51 soal. Anda harus menjawab pertanyaan berdasarkan percakapan yang Anda dengar dari rekaman. Percakapan tersebut bisa merupakan percakapan dari suatu ceramah, diskusi maupun percakapan umum.

Bacalah lebih lanjut mengenai persiapan ujian di sini.

Biaya Tes TOEFL

Biaya tes TOEFL tergantung dimana Anda akan mengambil tes tersebut. Anda bisa mencari informasi mengenai tempat tes terdekat beserta jadwal tes di sini .

Anda juga bisa mendaftar online, via telepon ataupun pos. Bacalah lebih lengkap di sini.

Baca lebih lanjut mengenai...

IELTS dan persiapannya.

Pelajari lebih lanjut mengenai ujian masuk lainnya.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca