Informasi penting
Study abroad: Essentials

Tips Menulis CV

2453

Setelah menamatkan sekolah menengah Anda, Anda akan sering membuat surat aplikasi, baik untuk universitas-universitas yang Anda minati, maupun untuk membuat lamaran kerja. Jadi penting bagi Anda untuk mempelajari cara menulis surat aplikasi/lamaran yang baik, yang bisa membuat Anda terlihat lebih menonjol dari kandidat lainnya.

Aplikasi masuk universitas Anda adalah satu-satunya media yang menghubungkan Anda dengan universitas. Universitas mengenal Anda dari surat aplikasi yang Anda tulis. Oleh karena itu sangat penting untuk memberikan kesan sebaik mungkin supaya Anda diterima di universitas pilihan Anda.

CV Anda

Surat aplikasi/lamaran disebut juga sebagai CV, biasanya ditujukan kepada universitas ataupun perusahaan dimana Anda ingin melamar kerja. Di dalam CV Anda, Anda perlu menuliskan informasi menarik mengenai diri Anda, sehingga pihak universitas/ perusahaan tertarik untuk mempertimbangkan lamaran Anda. Informasi-informasi tersebut bisa berupa latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, referensi dan infomasi personal laninnya (misalnya hobi atau minat).

Jika Anda ingin melamar pekerjaan yang mementingkan kreatifitas (misalnya bidang yang berkaitan dengan seni, kerajinan tangan, desain, grafis, jurnalisme, PR dan sebagainya) , Anda juga perlu menulis dan mempresentasikan CV Anda dengan kreatif. Ada baiknya Anda membuat tampilan luar CV Anda semenarik isinya, misalnya mendesain CV Anda menyerupai majalah atau website, atau Anda mempunyai ide kreatif lainnya. Yang perlu Anda ingat selalu adalah CV mewakili Anda untuk memberikan kesan pertama pada pihak universitas/perusahaan, jadi buatlah semenarik mungkin sehingga mereka merasa tertarik dengan Anda.

JIka Anda ingin melamar ke jurusan yang lebih bersifat kejuruan (vokasi) di universitas, maka Anda perlu menerakan keahlian-keahlian atau pengalaman yang Anda miliki yang sesuai dengan jurusan yang Anda pilih. Tunjukkanlah Anda mempunyai bakat dan minat pada jurusan tersebut. Mulailah dengan kronologis pendidikan Anda, diikuti dengan pengalaman kerja Anda. Pengalaman kerja tidak harus merupakan pengalaman dalam dunia kerja, tetapi bisa saja semua kegiatan yang pernah Anda ikuti yang berhubungan dengan bidang jurusan yang Anda pilih, misalnya kegiatan ekstra kurikuler, lomba, kerja sukarela dan lain-lain.

Biasanya CV ditulis dengan format yang kronologis (berdasarkan urutan waktu). Cara tradisional ini sangat cocok jika Anda ingin melamar ke jurusan yang bersangkutan dengan filsatat dan bahasa. Jika Anda lebih nyaman dengan format ini, selalu dahulukan kronologis pendidikan Anda, baru diikuti oleh pengalaman Anda seperti yang dijelaskan di paragraf sebelumnya.

Tips Menulis Aplikasi

Tentu penting untuk menulis CV semenarik mungkin, tetapi janganlah menambahkan informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Biasanya pihak universitas/perusahaan akan mengadakan interview, jadi seberapa benar isi CV Anda, mereka bisa menilainya dengan jelas.

Sebelum menulis CV, Anda harus jelas dengan semua kelebihand an kekurangan Anda, sehingga Anda bisa memikirkan cara untuk menuliskan kepribadian Anda dengan sebaik dan semenarik mungkin. Walaupun ada peraturan dalam menulis CV, seperti aturan kronologis, jika perlu Anda bisa membuat sedikit perubahan, sesuai dengan kepribadian Anda.

Telitilah dalam menulis CV Anda. Hindari kesalahan-kesalahan seperti grammar yang salah, pengejaan yang tidak tepat dan sebagainya karena ini akan membuat Anda terlihat ceroboh. Sebelum mengirimkan CV Anda, periksalah sekali lagi, atau Anda bisa meminta komentar dari teman, keluarga ataupun guru Anda mengenai CV Anda.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Wajib dibaca