Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

7 PERTANDA PROSES VISA PELAJAR ANDA TIDAK RESMI

919
Perhatikan daftar checklist berikut dan periksa apakah ada di antaranya yang tidak anda lewati selama proses ujian atau pengajuan visa pelajar anda.
 
Acara Panorama BBC membahas mengenai pusat dan agensi ujian di Inggris yang melakukan kegiatan ilegal pada sistem visa pelajar. Hal tersebut cukup mengejutkan, jadi kami merangkum (dengan cara yang lebih ringan dan bersahabat) pelajaran yang kami dalami dari acara tersebut, sehingga Anda dapat mengajukan aplikasi visa pelajar Inggris dengan cara yang sesungguhnya.
 
Apakah agensi menjamin sepenuhnya bahwa Anda akan mendapatkan visa, dengan biaya tinggi?
Jika iya, Anda patut waspada. Tiap kasus dan pelajar berbeda-beda, maka dari itu seharusnya diputuskan menurut peraturan yang sebenarnya.
 
Apakah mendadak Anda memiliki sejumlah uang di rekening yang seharusnya tidak Anda miliki?
Apakah Anda mendapat rekening tabungan bank atas nama Anda, namun dengan uang yang bukan milik Anda? Jika iya, maka itu adalah pemalsuan. Pengetahuan perbankan sederhana: rekening bank selalu dikeluarkan oleh bank yang sebenarnya, bukan agensi yang baru Anda temui.
 
Apakah agensi itu harus memeriksa dan memikirkan terlebih dahulu tentang “bayaran” yang mereka kenakan?
Jika seorang agen harus memikirkan besaran biaya atau mereka tidak memiliki bukti tertulis resmi, maka ini patut dipertanyakan atau ini jelas merupakan layanan ilegal (seperti di luar prosedur sebenarnya). Dan lagi, Anda seharusnya menyadari jika mendapat surat dokumen resmi dari seseorang yang bukan badan resmi yang berwenang mengurus, maka dokumen tersebut pasti tidak asli. Kemudian, jika Anda meminta bukti pembayaran dan mereka memberi tatapan tidak biasa, maka artinya ada sesuatu yang salah.
 
Apakah Anda memiliki rekan pada saat ujian bahasa?
Apakah ada seseorang yang muncul di belakang Anda sebelum ujian dimulai, dan mengambil posisi di komputer Anda? Walau hal ini dapat memudahkan, namun ANDA seharusnya yang mengikuti ujian tersebut. “Rekan” Anda tidak akan disebutkan pada sertifikat Anda, jadi mengapa mereka yang mengikuti ujian?
 
Apakah Anda tidak memasuki ruang ujian pada saat ujian bahasa yang sebenarnya?
Hal ini merupakan indikasi yang cukup besar. Tidak penting mengenai kemampuan bahasa Inggris Anda, Anda seharusnya berada di ruangan yang sama saat ujian dilaksanakan. Kekuatan telekinesis dan psikis juga tidak diperbolehkan, jadi Anda tidak boleh menggerakkan pensil di atas kertas ujian saat Anda berada di ruangan lain.
 
Apakah Anda diberitahukan jawaban ujian oleh pengawas ujian?
Hal ini jelas melanggar segala peraturan, logika, dan esensi dari ujian. Ujian diadakan untuk menguji pengetahuan Anda mengenai suatu subjek, seperti bahasa Inggris pada kasus ini. Dan lagi, peran seorang pengawas ujian adalah untuk memastikan bahwa tidak ada seorangpun yang berbuat curang. Jadi jika pengawas ujian membacakan jawaban ujian, tentu saja ada yang salah dengan ini.
 
Apakah terdapat peringatan mengenai penggrebekan polisi? 
Jika salah seorang staf memberi Anda instruksi mengenai apa yang harus dilakukan jika polisi mendadak berkunjung, maka Anda sebaiknya sangat waspada terhadap praktek ini. Polisi tidak memeriksa ujian bahasa Inggris secara acak begitu saja, kecuali terjadi sesuatu yang ilegal atau mereka memiliki bukti cukup yang berkenaan. Mereka memiliki banyak hal lain yang dapat dikerjakan, bukannya muncul mendadak untuk melihat mahasiswa internasional yang sedang menjalani ujian bahasa Inggris.
 
 
Jika Anda menjawab ‘ya’ pada salah satu dari pertanyaan di atas, maka artinya ada sesuatu yang ganjil sedang terjadi.
 
Kejadian terbaru ini merupakan tindakan mencurangi sistem keseluruhan: hukuman untuk pelanggaran visa sangat serius, dan Inggris memiliki beberapa hukum keimigrasian paling ketat di dunia. Banyak cara legal untuk mendapatkan atau memperpanjang visa pelajar Anda, dan jika Anda serius ingin menuntut ilmu di Inggris, maka lakukanlah dengan benar, itu merupakan pilihan terbaik dan satu-satunya.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS