Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

BERGAUL DENGAN MAHASISWA DARI NEGARA LAIN ATAU DARI NEGARA ASAL?

1645

Berencana untuk kuliah ke luar negeri? Manakah yang lebih kamu pilih? Berteman dengan mahasiswa dari banyak negara berbeda? Atau berkelompok dengan teman-teman yang berasal dari negara yang sama denganmu?

 

Apakah kamu ingin yang sangat multikultural? 


Hotcourses menciptakan fitur baru yaitu Hotcourses Diversity Index (HDI), buat kamu yang ingin berkuliah di kampus yang memiliki keberagaman internasional, atau ingin kuliah di kampus yang memiliki lebih banyak mahasiswa asal Indonesia. Dengan HDI, kamu bisa memeriksa seberapa beragam populasi mahasiswa internasional di berbagai universitas di Inggris, Amerika dan Australia, hanya dengan satu klik. Selain HDI, juga terdapat fitur Feel at Home Index, dimana kamu bisa mengecek proporsi mahasiswa asal Indonesia yang kuliah di kampus di luar negeri.
 

Merangkul keberagaman budaya

Apa yang mempengaruhi kamu dalam memilih universitas? Beberapa mahasiswa mementingkan lokasi, peringkat, kesempatan penelitian, atau ulasan. Akan tetapi untuk sebagian mahasiswa, keberagaman budaya dalam kampus juga merupakan satu faktor yang penting.  
 

Amir dari Iran yang berkuliah di University of Wollongong Australia, berteman dengan para mahasiswa yang berasal dari berbagai negara, dan ini adalah alasan utama yang mendorong dia untuk kuliah ke luar negeri.

“Keberagaman budaya adalah alasan utama saya memilih universitas ini. Di sini, kamu bisa bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, dan kami hidup bersama dengan damai.”


Mahasiswa Dubai, Anurang Ram Chandran, sangat menyukai University of Missouri di Amerika yang merangkul keberagaman budaya dan membuat semua orang merasa seperti ‘Mizzou Tiger’!

Penekanan akan keberagaman dan kesetaraan di Mizzou sangat luar biasa! Tidak peduli kamu berasal dari negara mana, menganut kepercayaan apa dan memiliki minat apapun, kamu adalah ‘Tiger’ dan itu adalah perlakuan yang diterima oleh setiap mahasiswa dan menjadi karakteristik khas Mizzou yang menurut saya sangat menarik!”

 

Dengar pendapat mahasiswa internasional lain yang memilih kampus dengan populasi mahasiswa internasional yang lebih beragam…

 

 

 

 

Kenyamanan dari rumah

Kuliah ke luar negeri dan terpisah jauh dari keluarga bisa menjadi pengalaman yang menegangkan bagi sebagian mahasiswa baru. Tidak heran bahwa sebagian mahasiswa merasa lebih tenang jika mereka mengetahui ternyata di kampus luar negeri sana juga terdapat banyak mahasiswa dari negara asal.

 

Allen Wang yang berasal dari Cina merasa lebih gampang menyesuaikan diri di Box Hill Institute setelah berkenalan dengan rekan-rekan mahasiswa yang juga berasal dari Cina. 
Hidup sangat menyenangkan di sini. Saya punya banyak teman dari negara asal. Saya tinggal di daerah pecinan, jadi semua terasa akrab di sini, baik itu makanan, tetangga, bahasa dan lain-lain.”

Rutinitas sederhana seperti memasak masakan khas kampung halaman dengan teman-teman yang sama-sama berasal dari satu negara membantu mengobati rasa kangen (homesick). Shree Suriya memiliki banyak teman asal Sri Lanka sewaktu berkuliah di RMIT Australia.
Saya punya banyak teman yang sama-sama berasal dari Sri Lanka, jadi hidup tidaklah terlalu susah di sini. Paling tidak terasa lebih nyaman untuk ngobrol dengan seseorang dari kampung halaman. Saya hampir tidak pernah merindukan rumah, dan masakan negara asal, karena kami masak bergiliran. Kami tinggal bersama, jadi semuanya terasa mudah.”

 

Cara menggunakan HDI

Ya, kami tahu bahwa semua mahasiswa itu berbeda. Apapun yang ingin kamu cari dan harapkan dari pengalaman kuliah ke luar negeri, baik itu keberagaman, atau rasa nyaman, atau perpaduan dari keduanya, HDI ada di sini untuk membantumu! Kamu dapat mencari berdasarkan institusi, negara, jurusan dan tingkatan studi.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS