Informasi penting
Study abroad: Berita Terbaru

INGGRIS BERADA DI POSISI PERTAMA UNTUK PERTAMA KALINYA, PRESTASI ASIA MULAI TERLIHAT

600

Dalam daftar peringkat terbaru dari THE (Times Higher Education), Oxford University menggeser California Institute of Technology yang sebelumnya menempati posisi sebagai institusi terbaik di dunia untuk lima tahun berturut-turut. Universitas-universitas di Asia juga mulai unjuk gigi.

 

Universitas Inggris untuk pertama kalinya menggeser posisi dari institusi Amerika dalam daftar peringkat Times Higher Education’s World University Rankings 2016-17 yang diumumkan pada tanggal 21 September yang lalu.


Oxford University kali ini berhasil mengalahkan California Institute of Technology yang tergeser ke peringkat kedua, sementara 90 universitas Inggris lainnya juga turut masuk dalam daftar peringkat.

 
Cambridge dan Imperial College London berhasil menduduki jajaran 10 besar, dengan masing-masing berada di peringkat ke-4 dan ke-8. Universitas-universitas yang masuk dalam daftar 10 besar adalah Stanford,HarvardPrincetonMassachusetts Institute of TechnologyETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology ZurichCalifornia dan Chicago.

 

Walau kali ini Inggris berhasil menggeser Amerika, diisukan posisi ini tidak akan bertahan lama akibat dampak dari Brexit (keluarnya Inggris dari Uni Eropa), pendanaan, serta prestasi dari universitas-universitas Asia yang terus meningkat.


Phil Baty, editor dari THE World University Rankings, berkomentar tentang perubahan dalam pendidikan tinggi global “Daftar tahun ini menunjukkan persaingan yang semakin ketat antara institusi pendidikan tinggi dalam skala global. 980 universitas yang masuk dalam nominasi kami berasal dari 79 negara.” 


“Juga peringkat pertama sekarang ditempati oleh Inggris; untuk pertama kalinya Amerika kalah setelah menempati peringkat pertama di dunia selama 12 tahun berturut-turut.”

 

Setelah Inggris, Jerman adalah negara Eropa yang akan unggul untuk tahun-tahun kedepan. 41 universitas Jerman dan institusi Eropa lain yang menempati posisi 100 besar, memakan 40% proporsi dari peringkat tahun 2016 ini.

 

Walau demikian, tidak semua institusi Eropa berhasil mempertahankan peringkat mereka di era yang kompetitif ini. Hanya ada satu institusi Republik Cekoslovakia yang menempati posisi 600 besar, hasil yang tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan hasil enam tahun terakhir. Selain itu, University of Copenhagen turun 38 peringkat dan University of Helsinki turun 15 peringkat.  


Mr Baty berkata “Penurunan peringkat Eropa adalah akibat dari meningkatnya prestasi dari universitas-universitas Asia”. Ada empat pemain baru dari Asia yang menempati posisi 200 besar tahun ini, dengan jumlah total 19 universitas Asia berhasil menempati peringkat tahun 2016.  


Peking University yang sebelumnya berada di peringkat ke-42 tahun lalu berhasil naik ke peringkat ke-29 tahun ini, Tsinghua menempati peringkat ke-35 (tahun lalu di peringkat ke-47), dan National University of Singapore berada di posisi ke-24, posisi tertinggi dari universitas-universitas Asia lainnya

 

Korea Selatan juga menunjukkan perkembangan di tahun ini, dan Hong Kong adalah negara Asia dengan universitas terbanyak yang masuk dalam 200 besar. Lima dari enam universitas Hong Kong berhasil masuk dalam daftar 200 besar terbaik di dunia.  

 

University of Melbourne tetap menjadi universitas Australia dengan peringkat tertinggi, yaitu peringkat ke-33 selama tujuh tahun berturut-turut.   


Ini adalah tahun ke-13 sejak Times Higher Education World University Rankings menilai 980 institusi di dunia. Faktor yang dinilai adalah penelitian, pengajaran, penyampaian pengetahuan dan penampilan internasional.

 

Lihat daftar lengkap peringkat di sini

 

Times Higher Education World University Rankings 2016-17 - Top 30

 

Peringkat 2016-17

Peringkat 2015-16

Institusi

Negara

1

2

University of Oxford

Inggris

2

1

California Institute of Technology

Amerika

3

3

Stanford University

Amerika

4

4

University of Cambridge

Inggris

5

5

Massachusetts Institute of Technology

Amerika

6

6

Harvard University

Amerika

7

7

Princeton University

Amerika

8

8

Imperial College London

Inggris

9

9

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Zurich

Swiss

=10

13

University of California, Berkeley

Amerika

=10

10

University of Chicago

Amerika

12

12

Yale University

Amerika

13

17

University of Pennsylvania

Amerika

14

16

University of California, Los Angeles

Amerika

15

14

University College London

Inggris

16

15

Columbia University

Amerika

17

11

Johns Hopkins University

Amerika

18

20

Duke University

Amerika

19

18

Cornell University

Amerika

20

25

Northwestern University

Amerika

21

21

University of Michigan

Amerika

22

19

University of Toronto

Kanada

23

22

Carnegie Mellon University

Amerika

24

26

National University of Singapore

Singapura

=25

23

London School of Economics and Political Science

Inggris

=25

32

University of Washington

Amerika

27

24

University of Edinburgh

Inggris

28

28

Karolinska Institute

Swedia

29

42

Peking University

Cina

=30

31

École Polytechnique Fédérale de Lausanne

Swiss

=30

29

LMU Munich

Jerman

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS