Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

30 WAYS TO SAY ‘BEAUTIFUL’

2091

Kata ‘Beautiful’ sering digunakan untuk mendeskripsikan orang, objek, pemandangan dan kejadian yang indah. Selalu menggunakan kata yang sama tentunya terdengar kurang bervariasi. Berikut ini adalah 30 sinonim untuk menggantikan ‘beautiful’. Walau artinya sama, tetapi masing-masing kata memiliki kesan yang berbeda.

 

 

1. Cute (adj) biasanya untuk mendeskripsikan sesuatu seperti anak kecil, binatang kecil ataupun objek lain yang yang imut, menggemaskan, lucu atau manis. (What a cute baby!, the little panda is so cute!)

 

2. Adorable (adj) memiliki arti yang hampir sama dengan Cute. Dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan dengan manis, disayang (The teddy bear is so adorable!).

 

3. Lovely (ADJ) selain untuk mendeskripsikan orang atau objek, juga dapat digunakan untuk mendeskripsikan momen, misalnya ‘We had a lovely time together.’

 

 

4. Pretty (adj) juga berarti cantik, seperti halnya beautiful, tetapi kesan yang diberikan tidak ‘secantik’ beautiful, dan lebih informal. Beautiful bisa dugunakan untuk menggambarkan inner beauty, sedangkan pretty hanya untuk penampilan fisik. (She’s pretty, but not so smart).

 

5. Attractive (adj) secara harafiah berarti menarik. Bisa untuk mengungkapkan penampilan atau karakter yang menarik, juga untuk yang lebih abstrak, misalnya ide atau proposal. Bisa disinonimkan dengan ‘interesting’.

 

6. Gorgeous (adj) memiliki kesan yang lebih mendalam dari beautiful, bisa diartikan dengan luar biasa cantik, elegan, menawan. (She looks gorgeous in that dress!)

 

 

7. Exquisite (adj) juga memiliki kesan luar biasa dan anggun. Akan tetapi penggunaanya lebih luas, tidak hanya untuk mendeskripsikan orang, juga dapat digunakan untuk menggambarkan objek dan pemandangan, misalnya lukisan, makanan, wine dll (The tourists were fascinated with the exquisite scenery). 

 

8. Stunning (adj) digunakan untuk memberikan pujian dengan kesan ‘terkesima’. Misalnya kaget dengan penampilan seseorang yang luar biasa, yang tidak seperti biasanya.

 

9. Radiant (adj) berarti cantik, menarik, tetapi memiliki kesan putih, bersinar ( She was radiant with love).

 

 

10. Alluring (adj) berarti memikat, menggoda. Selain untuk mendeskripsikan orang (Her parfume is very alluring), juga dapat digunakan untuk hal lain, misalnya: The town offers alluring shops and restaurants (kota ini memiliki banyak toko dan restoran yang memikat, maksudnya unik dan memberikan penawaran yang bagus). 

 

11. Appealing (adj) hampir sama dengan interesting. Misalnya: I don’t find rock appealing (I'm not interested to rock music).

 

12. Seductive (adj) berarti cantik dengan kesan seksi, menggoda, menggairahkan.

 

 

13. Breathtaking (adj) berarti sangat mempesona. Biasanya digunakan untuk memuji suatu pemandangan (The scenery is breathtaking). 

 

14. Captivating (adj) berarti menawan, memikat hati (A captivating smile: senyuman yang menawan).

 

15. Striking Beauty (adj) memiliki kesan hiperbola, dan lebih mendalam dari stunning (no.8). Her striking beauty captivate my heart.

 

 

16. Drop-Dead (adj) juga memberikan efek hiperbola. Untuk mengekspresikan penampilan yang luar biasa cantik, atau ganteng.

 

17. A Head turner (n) mendeskripsikan seseorang yang saking cantiknya, semua yang lewat akan meliriknya.

 

18. A Perfect 10 (n) digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sempurna. 

 

 

Charming (adj) Enchanting (adj) dan Bewitching / Bewitched (adj) memiliki arti yang sama. Menggambarkan seseorang yang menawan, membuat orang merasa seperti tersihir.

 

 

Angelic  (ADJ) Divine (ADJ) dan A goddess (n) digunakan untuk memuji kecantikan yang seperti bidadari.

 

 

25. Luscious (adj) digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang indah dan memikat. Bisa juga untuk menggambarkan pria yang memikat dan menawan.

 

26. Marvelous (adj) memiliki kesan cantik yang menakjubkan, luar biasa. Bisa juga untuk mendeskripsikan hal lain selain penampilan (He did a marvellous job)

 

27. Sensuous (adj) mirip dengan seductive (no.12), yang memiliki kesan sensual, seksi, mengairahkan. (Their hips sensuously swaying to the music)

 

 

Handsome (adj) digunakan untuk pria. Di Amerika lebih sering menggunakan good looking. Untuk informalnya digunakan A hottie (n), (Chris Pine is totally a hottie !!) atau, He's smokin 'hot!

 

Sumber: Real life English.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS