Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

4 Tips untuk menghemat biaya makan

970

Selain biaya kuliah dan biaya akomodasi, biaya makan merupakan porsi biaya yang cukup besar bagi seorang mahasiswa internasional. Akan tetapi makan yang teratur dan bergizi tetaplah penting untuk menjaga kesehatan selama kuliah. Akan lebih merepotkan lagi jika Anda jatuh sakit. Selain mengganggu aktifitas Anda sehari-hari, juga akan mempengaruhi mood Anda, terutama jika hidup sendiri di luar negeri. Bagaimana sih cara menghemat biaya makan tetapi tetap mencukupi kebutuhan gizi? Mari kita simak artikel di bawah ini...

 

Manfaatkan produk lokal

Kuliah ke luar negeri merupakan kesempatan untuk bereksplorasi dengan kehidupan di negara asing, termasuk mencoba makanan asing. Anda bisa mengunjungi pasar setempat, melihat-lihat sayuran apa saja yang tersedia, ketimbang membeli makanan khas negara Anda di supermarket. Ingat, saat berada di luar negeri, makanan dari negara Anda menjadi makanan impor, dan tentu harganya lebih mahal dibanding dengan makanan lokal.

 

Memasak bersama

Ajaklah teman-teman asrama atau flat Anda untuk memasak bersama. Dengan demikian kalian bisa membagi biaya makan, sehingga lebih murah. Selain itu kalian bisa saling mencoba masakan yang berbeda-beda, terutama jika Anda tinggal dengan rekan-rekan dari negara lain. Memasak bersama bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk saling mengenal, saling belajar dan bertukar pikiran. Atau, kalian bisa membagi tugas, misalnya membuat jadwal giliran memasak. Hal ini sangat bagus untuk belajar mengatur waktu dan mendelegasikan tugas, juga melatih kerja sama tim, misalnya 2 orang bertugas memasak dan 2 orang lainnya bertugas mencuci piring.

 

Makan di kampus

Harga makanan di kampus biasanya lebih bersahabat dengan saku mahasiswa. Dengan makan di kampus di selang jam kuliah, Anda tidak perlu makan diluar, dengan demikian juga bisa menghemat biaya transportasi. 

 

Pesan online

Biasanya ada banyak restoran yang menyediakan layanan pemesanan online. Dengan demikian Anda bisa menghemat biaya transportasi dan waktu. Kadang pemesanan online juga menawarkan diskon khusus untuk menu tertentu atau di hari-hari tertentu.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS