Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Diterima Oleh Universitas

1094

Ditulis oleh Emily Southey

 

Wah, kamu dapat surat penerimaan—Letter of Acceptance (LoA) dari universitas! Akhirnya kamu menjadi mahasiswa. Dalam beberapa bulan ke depan kamu akan menjelajahi tempat yang baru. Masa penantian sebelum perkuliahan dimulai bisa menjadi masa-masa menunggu yang penuh kekhawatiran. Kamu tidak tahu apa yang akan kamu temui di sana, dan ini sangatlah umum. Namun untuk menenangkan pikiranmu, kami telah mengumpulkan sederetan kegiatan yang dapat kamu lakukan sebelum masa orientasi dimulai.

 

1. Mengunjungi calon kampusmu

Mungkin kamu sudah pernah melakukan ini sebelumnya sebelum mendaftar, tapi karena sekarang kamu telah diterima dan keputusanmu telah bulat, ada baiknya mengunjungi kampusmu kembali. Percaya deh, kamu akan memiliki perspektif yang berbeda karena sekarang kamu tahu kamu sungguh-sungguh akan berkuliah di tempat tersebut. Apabila mungkin, ambilah waktu sehari penuh atau bahkan seminggu dan aturlah jadwal untuk mengunjungi kantor penerimaan mahasiswa baru, kantor keuangan, atau bahkan dosen di fakultas tujuanmu!

 

 

2. Surveylah tempatmu tinggal nanti

Akomodasi merupakan sesuatu yang sangat penting. Kalau kamu sudah tahu tempat tinggalmu nanti, pastikan kamu juga melakukan survey secara online. Coba cek ulasan-ulasan dari para alumni dari tempat tersebut, dan cari tahulah sebanyak mungkin mengenai asrama tempat tinggalmu (apakah kamu akan berbagi kamar mandi dengan satu lantai, atau hanya dengan teman sekamarmu? Seberapa jauh tempat tinggalmu dengan universitasmu? Apa ada tempat makan bersama? Adakah tempat berolahraga?). Carilah informasi agar kamu tahu apa yang akan kamu temui nanti saat kamu pindah.

 

 

3. Berkomunikasilah dengan alumni

Cari terbaik untuk menenangkan pikiranmu dan menjawab pertanyaanmu adalah dengan berkomunikasi dengan para mahasiswa lainnya. Lacaklah mereka di internet, atau coba mengirimkan email ke universitasmu dan mintalah mereka untuk merekomendasikan seorang alumni dari tahun sebelumnya atau mungkin bahkan mahasiswa tingkat akhir. Banyak universitas di luar negeri yang memiliki program “student buddy” semacam ini, dan saran terbaik yang bisa kamu dapatkan justru dari sesama mahasiswa.

 

 

4. Cari teman sekamar

Kalau kamu tinggal di kamar semi-privat atau bahkan asrama, mencari teman sekamar merupakan sesuatu yang penting tapi juga bisa bikin stress. Ingat bahwa kemungkinan besar kamu akan berbagi kamar yang kecil dan ramai bersama mereka selama setidaknya setahun atau bahkan selama kamu berkuliah. Coba cek grup universitasmu di facebook dan berkenalanlah dengan mereka melalui grup tersebut. Atau mungkin coba atur janji untuk bertemu dengan sesama mahasiswa baru kalau memang mereka tinggal di kota yang sama.

 

 

5. Kontaklah kantor atau bagian keuangan di universitas

Sayangnya, fakta bahwa biaya kuliahmu tidaklah murah adalah sesuatu yang harus selalu kamu ingat. Jadi ada baiknya mengenal baik bagian keuangan di kampusmu. Pastikan semuanya telah diatur dan diselesaikan sebelum kamu memulai perkuliahanmu, dan sebelum bagian keuangan tersebut bertambah sibuk. Pastikan dana pinjamanmu (kalau ada) telah ada, atau kalau kamu mendapat beasiswa, pastikan kamu telah memperoleh informasi lengkap (berapa banyak dan untuk berapa lama, kapan kamu akan mulai menerima uang tersebut, dan bagaimana pengimplementasian beasiswa tersebut).

 

 

6. Bergabunglah dengan grup universitasmu di media sosial

Ada kemungkinan kamu mungkin malah sudah melakukan ini, namun kalau belum, ini merupakan cara yang sangatlah bagus untuk terhubung dengan universitasmu dan dengan calon teman-teman seangkatanmu.

 

 

7. Mulailah membuat daftar barang-barang yang perlu dikemas

Mulailah memikirkan barang-barang apa saja yang perlu kamu bawa saat pindahan nanti! Menjelang perkuliahan, kamu akan dibanjiri dengan artikel yang mengklaim mengenai “daftar terbaik mengenai barang-barang yang perlu kamu kemas untuk kuliah nanti,” dan memang bisa jadi ini berguna, tapi kamu pun harus mengingat sendiri barang-barang apa yang nantinya akan kamu butuhkan. Tiap-tiap universitas tidaklah sama, begitu juga dengan tiap-tiap orangnya. Pastikan kamu memahami seberapa luas kamarmu nanti agar kamu tidak membawa barang terlalu banyak yang tidak akan dapat dimuat di dalam kamar!

 

 

 

 

 

 

 

 

(Sumber: https://gradeslam.org/blog/whats-next-7-things-to-do-now-that-youve-accepted-an-offer)

Mencari jurusan

Pilih negara
Sarjana
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.