Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

8 Peraturan Asrama yang Perlu Diperhatikan Mahasiswa Baru

218

Ditulis oleh Emily Southey

 

Hidup di asrama terkadang memerlukan penyesuaian tertentu, namun ini merupakan pengalaman yang menyenangkan! Untuk membuat penyesuaian ini lebih menyenangkan, yuk cek 8 hal berikut yang perlu kamu perhatikan saat tinggal di asrama!

 

1. Sering-seringlah hang out di area bersama

Atau setidaknya pastikan pintu kamarmu tidak melulu tertutup. Namun sering-sering hang out di area bersama, terutama di awal-awal bulan setelah kamu baru saja pindah ke asrama, merupakan ide yang bagus. Apalagi kalau kamu memang termasuk orang yang cukup pemalu, ini merupakan cara yang mudah dan jaminan bagi kamu untuk menjalin pertemanan baru.

 

2. Bertemanlah dengan teman-teman yang tinggal di luar asrama

Jangan melulu berkutat saja dengan teman-teman di asramamu. Ikutilah kegiatan klub, mengobrolah dengan teman-teman sekelasmu, atau bergabunglah dengan tim olahraga di universitasmu.

 

3. Pastikan kamu membuat batasan dan juga peraturan antara kamu dan teman sekamarmu

Tentu pada awalnya memiliki teman sekamar terasa sangat menyenangkan, namun jangan lupa untuk menentukan batasan akan apa yang boleh dan tidak boleh untuk menghindari situasi yang tidak nyaman nantinya. Buatlah suatu perjanjian atau beberapa peraturan dasar, misalnya, mintalah untuk masing-masing saling memberitahu jauh-jauh hari kalau ada teman yang akan datang, atau menciptakan pembagian tugas untuk menjamin kamar selalu bersih.

 

4. Membersihkan baju setidaknya sebulan sekali

Yah ini memang sesuatu yang sudah pasti perlu kamu lakukan, namun terkadang banyak dari kita yang masih perlu membiasakan diri untuk melakukannya sendiri. Mencuci atau me-laundry pakaian kita sendiri tidaklah susah kok. Dan jangan lupa juga untuk mencuci sprei dan Kasur tidurmu setidaknya sebulan sekali juga.

 

5. Belajar memasak

Ini bisa menjadi suatu tantangan tersendiri, namun ada banyak cara. Percaya atau tidak, kamu bisa melakukan ini hanya dengan pemanggang roti dan oven.

 

6. Jangan berkencan atau berhubungan dengan teman-teman seasrama ya

Oke, mungkin kamu memang sudah sering mendengar tentang ini, namun ini kenyataan: Saat kalian berkencan dan ternyata terjadi sesuatu yang salah, kalian akan saling merasa aneh sekali dan canggung.

 

7. Bertemanlah dengan RA atau Resident Assistantmu

Resident Assistant biasanya merupakan seseorang yang ditunjuk untuk mengatur pembagian tugas di asrama, atau membantu menjalankan pengoperasian dan perawatan asrama.

Mereka yang ditunjuk untuk menjadi RA biasanya adalah seseorang yang sangatlah ramah dan friendly, dan mudah diajak berbicara, jadi mereka biasanya bukanlah seseorang yang sulit. Kenalilah mereka, kamu tidak pernah bisa menebak kapan kamu akan membutuhkan bantuan mereka di hari mendatang.

 

8. Tidak ada yang dapat memaksamu untuk ikut berpesta kalau kamu memang sedang tidak mau/bisa

Di asrama akan ada banyak sekali pesta. Entah apa pun alasannya, baik apabila besok adalah hari-hari ujian, atau sekadar karena kamu memang tidak terlalu menyukai pesta, kamu tidak pernah perlu merasa tertekan dan harus berpesta kalau memang kamu tidak ingin.

 

(Sumber: https://gradeslam.org/blog/8-dorm-rules-to-live-by-for-all-freshman)

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Dian Wijayanti adalah penulis dan editor Hotcourses Indonesia. Ia juga berprofesi sebagai tutor privat Bahasa Inggris dan penerjemah freelance. Dian baru saja dipilih sebagai salah satu kandidat di the Graduate School of Asia Pacific di Waseda University Jepang. Ia juga memiliki pengalaman bekerja di konsultan pendidikan di Indonesia yang bertanggung jawab membantu mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikan mereka ke luar negeri, dan sekarang ia ikut membantu dalam proyek Beasiswa untuk Mahasiswa/i Kebidanan yang berbasis di Australia.