Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

9 Aplikasi Smartphone Yang Wajib Dimiliki Saat Kuliah di Luar Negeri!

1863

Pengunaan smartphone telah menjadi hal yang lazim. Bagi kamu yang akan menempuh pendidikan di luar negeri, berikut ini adalah aplikasi smartphone yang wajib kamu install di smartphone: 

 

1. SKYPE

 

Dengan Skype, kamu bisa melakukan video chat dengan gratis (kalau si penerima panggilan memiliki akun Skype juga). Kalau si penerima panggilan tidak memiliki akun Skype, kamu bisa membeli credit, seperti pulsa, untuk menelepon nomor HP dan rumah. Biaya panggilan ke nomor HP dan rumah sangat murah sekali. Skype bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk menghemat uang ketika di luar negeri.  Skype juga bisa digunakan untuk menelepon nomer landline tertentu, seperti misalnya kamu kehilangan kartu debit/kredit, kamu bisa menggunakan skype tanpa pulsa untuk menelepon nomor darurat bank untuk melaporkan kehilangan kartu. 
 

2. INSTAGRAM

 

Kalau kamu belum memiliki Instagram, ini adalah waktu yang tepat untuk mengunduh aplikasi instagram. Ketika kamu jalan-jalan saat kuliah di luar negeri, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengambil gambar-gambar menarik dan mengeditnya dengan bagus sehingga foto-foto yang kamu ambil terlihat professional. Selain itu, aplikasi ini memudahkan kamu untuk berbagi foto di akun sosial media untuk keluarga dan teman-teman terdekat. 
 
 

3. CONVERT UNIT

 

Dari namanya sudah jelas, yaitu mengubah satuan unit, seperti suhu dari Celcius ke Fahrenheit, tinggi badan dari cm ke foot, dll. Aplikasi ini juga bisa digunakan saat kamu offline (seperti ketika kamu tidak memiliki jaringan internet/wifi). App ini sangat berguna ketika kamu kuliah di luar negeri, karena sistem unit di Indonesia tidak selalu sama dengan di luar negeri, seperti contohnya di Amerika Serikat. 
 

4. TRIP ADVISOR

 

Aplikasi ini sangat cocok untuk kalian yang ingin berwisata kuliner di negeri orang. Trip Advisor memberikan informasi nama-nama restoran atau tempat makan lainnya yang patut kamu coba. Kamu bisa melihat ulasan-ulasan pengunjung restaurant lainnya, sehingga kamu memiliki gambaran seperti apa rasa makanannya, kebersihannya, layanannya, bahkan sampai harganya. Selain itu kamu juga menggunakan aplikasi trip advisor untuk mengetahui tempat-tempat menarik yang wajib kamu kunjungi. 
 

5. CURRENCY CONVERTER

 

Kalau kamu kuliah di luar negeri, kamu pasti membutuhkan mata uang negara tersebut. Kamu harus menukar uang untuk kehidupan sehari-hari atau ketika traveling. Dengan mengetahui nilai mata uang asing terhadap mata uang negara kamu, kamu jadi bisa memperkirakan anggaran uang yang akan kamu gunakan untuk belanja. 
 

6. WORKOUT TRAINER

 

Hidup di luar negeri tidak hanya kamu mempelajari bahasa dan budaya baru, tapi juga makanan baru. Jenis dan bahan makanan di negara-negara barat seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan negara-negara Eropa mengandung banyak lemak (karena kebutuhan untuk cuaca dingin). Untuk itu, kamu harus tetap menjaga agar berat badan stabil. Dengan aplikasi Workout Trainer kamu bisa menstabilkan berat badan kamu agar tetap ideal. Karena biaya gym di luar negeri jauh lebih mahal, kamu bisa berlatih sendiri di asrama atau apartemen tanpa peralatan gym. Aplikasi tersebut memberi tahu olahraga apa saja dan berapa lama, termasuk juga kata-kata yang memotivasi kamu. 
 
 

7. LONELY PLANET

 

Aplikasi Lonely Planet sangat bagus dan memiliki panduan yang sangat terorganisir untuk memandu kamu mengunjungi kota-kota besar di seluruh dunia. Aplikasi ini adalah pemandu terus terlengkap yang kamu butuhkan saat mengunjungi kota-kota menarik, seperti London, Amsterdam, Kuala Lumpur, New York City, dll. Aplikasi ini membantu kamu merencanakan wisata kamu dan menghemat waktu serta tenaga. 
 
 

8. SKYSCANNER

 

Sebagai pelajar, menghemat uang sudah menjadi prioritas. Untuk bisa melakukan perjalanan ke kota/negara lain, kamu membutuhkan tiket pesawat. Seperti kebanyakan harga tiket pesawat, tidak murah. Skyscanner bisa membantu kamu menemukan tiket pesawat termurah kota tujuan kamu. Skyscanner memenangkan persaingan harga tiket pesawat murah, termasuk mengalahkan Expedia dan Kayak. Di aplikasi ini, kamu akan menemukan banyak penerbangan budget, seperti Easyjet, Ryan Air, Wizz air, Jetblue, Vueling, dll. 
 
 

9. T-TALK TRANSLATOR

 

Tidak hanya menyediakan hasil terjemahan dalam bentuk teks, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan tulisan dan pembicaraan dalam bentuk gambar. Dengan database lebih dari 50 bahasa, kamu bisa memanfaatkannya untuk membantu kamu berkomunikasi dengan warga sekitar. 

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.

Coba lihat...