Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

5 Cara Mudah Beradaptasi Untuk Mahasiswa Baru

4038

Selalu ada kejutan yang akan Anda alami saat memasuki kehidupan kampus. Apalagi, bagi Anda yang kuliah di luar negeri. Meski di semester pertama tidak banyak tugas yang Anda kerjakan, akan selalu ada masalah yang mungkin membuat Anda merasa tidak betah di kampus.

Berikut ini 5 cara mudah beradaptasi yang bisa Anda lakukan:

1. Buat jadwal dan patuhi

Buat jadwal sehari-hari untuk melatih disiplin, tetapi buatlah sefleksibel mungkin. Jika tidak terbiasa bangun pagi, hindari kuliah pagi. Dan, ikutlah kegiatan-kegitan ekstra di kampus. Ini bagus untuk sosialisasi dan memberikan sedikit ruang agar Anda bisa bersenang-senang.

2. Jangan membolos

Anda sudah harus menyadari betapa pentingnya belajar. Pikirkan baik-baik, Anda bukan lagi siswa SMA yang harus diperintah ini dan itu. Jika Anda tidak bersungguh-sungguh, Anda tidak hanya rugi uang, tapi juga waktu.

3. Kenali Profesor Anda

Kenali profesor Anda sebaik mungkin. Jalin komunikasi dengan mereka dan berikan kesan Anda adalah mahasiswa yang kritis, disiplin juga tangguh. Jika Anda berhasil melakukan ini, maka tidak akan banyak kesulitan yang akan Anda temui selama belajar di luar negeri.

4. Kerjakan Tugas Semaksimal Mungkin

Tidak semua profesor di kampus Anda rutin memeriksa tugas-tugas Anda. Karena, mereka percaya Anda mengikuti silabus yang sudah disusun pihak kampus. Namun, tidak ada alasan untuk tidak mengerjakan tugas, karena keseriusan Anda mengerjakan tugas tentu berkontribusi pada kesuksesan ujian akhir Anda.

5. Kelompok Belajar

Bentuklah kelompok belajar yang beranggotakan teman-teman sekelas Anda. Berdiskusi dengan teman sekelas tidak hanya baik untuk proses sosialisasi, tetapi juga sangat membantu saat Anda menemui kesulitan dengan kuliah Anda.

Nikmati saat-saat kuliah di luar negeri!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS