Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

HALLOWEEN DI LUAR NEGERI

452

Bagaimana Halloween dirayakan di belahan dunia lain? Lihat bagaimana kebudayaan tiap negara mempengaruhi para mahasiswa di Amerika, Swedia, Hong Kong dan negara lain merayakan Halloween...

 

Inggris dan Amerika

Halloween dirayakan sangat meriah di Inggris dan Amerika. Menjelang Halloween, toko-toko telah mulai menjual banyak aksesoris, kostum dan perlengkapan Halloween. Kafe-kafe dan tempat makan akan menyajikan menu nuansa Halloween dan saluran-saluran tv akan menayangkan banyak film horror. Jadi, baik kamu memilih untuk santai di rumah atau keluar, tetap dapat merasakan suasana Halloween. Hampir semua tempat mengadakan acara Halloween, baik itu di kampus, di kafe, restoran dan tempat umum lainnya.

 

 

Khusus untuk mahasiswa, akan ada pesta Halloween di klub atau bar, dengan pesta kostum. Jika kamu adalah murid Fashion & Textiles, ini adalah saatnya menunjukkan hasil karyamu, kesempatan untuk membuat kostum yang unik dan menarik perhatian (kostum vampir, zombie, apa saja yang muncul di benakmu).

 

 

Apple bobbing juga merupakan permainan khas Halloween, dimana pemain diminta untuk menangkap apel yang mengapung dengan gigi mereka.

 

 

Tinggal di perumahan pinggiran kota? Jangan lupa menyiapkan permen dan coklat. Siap-siap dikunjungi anak-anak yang mengetuk pintu dan berkata "trick or treat?".

 

 

 

 

Hong Kong

Perayaan Halloween di Hong Kong, di mana terdapat pengaruh budaya barat dan Asia lebih unik lagi. Halloween mirip tetapi berbeda dengan perayaan Yue Lan (atau disebut juga sebagai Festival of the Hungry Ghosts), di mana dipercayai bahwa pada hari tersebut arwah dan roh bebas berkeliling di dunia manusia, sehingga di jalan-jalan akan terlihat orang-orang membakar uang kertas dan persembahan lainnya supaya arwah gentayangan dapat tenteram dan tidak mengganggu.

 

Akan tetapi Halloween versi barat juga dirayakan secara luas, seperti di Ocean Park, Disneyland Hong Kong dan tempat lain, begitu juga dengan di kafe, klub dan restoran.

 

 

Singapura           

Singapura memiliki kepercayaan yang serupa dengan Hong Kong, di mana di hari tersebut arwah-arwah akan kembali dan mengunjungi keluarga mereka. Biasanya akan diadakan pertunjukan, misalnya opera atau pertunjukan musik di banyak tempat untuk merayakan Halloween.

 

 

Irlandia

Seperti halnya di Inggris dan Amerika, Irlandia juga merayakan Halloween dengan meriah. Beberapa permainan populer adalah “Snap Apple” – mirip dengan apple bobbing di Amerika, “Knock-a-dolly” – sejenis trick or treat, hanya saja lebih usil, di mana anak-anak mengetuk pintu dan lari sebelum tuan rumah membuka pintu. Selain itu juga terdapat hidangan spesial untuk Halloween yang “Barnbrack” – fruitcake tradisional yang berisikan sesuatu di dalamnya, dipercayai dapat memprediksikan masa depan. Para mahasiswa katering dapat bereksperimen di dapur dan membuat Barnback sendiri.

 

 

Swedia

Berbeda dengan negara barat lainnya, Halloween tidak begitu populer di Swedia karena dekat dengan perayaan Alla Helgons Dag (All Saints Day). Kebalikan dengan perayaan Halloween yang dirayakan secara meriah di negara barat lainnya, All Saints Day adalah perayaan yang khusyuk dan tenang, di mana para warga akan meletakkan lilin di kuburan atau di bawah pohon untuk mendoakan dan mengenang kerabat atau teman yang telah meninggal dunia.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS