Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Once you arrive - Wajib dibaca

Komunitas Pelajar Indonesia Di Luar Negeri

10512

Salah satu keuntungan dari kuliah di luar negeri adalah kesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa dari seluruh dunia. Berkenalan dengan pelajar dari negara-negara lain dapat memperluas wawasan tentang indahnya ragam budaya di dunia ini. Namun, hidup sendiri di luar negeri mungkin akan sering membuat kita rindu akan Indonesia. Untungnya, ada banyak komunitas pelajar Indonesia yang aktif di kota-kota universitas di luar negeri.

Sebelum berangkat ke Inggris untuk menjalani studi saya di Goldsmiths University of London, saya merasa sangat khawatir tentang kemampuan saya untuk menghadapi culture shock. Kalau dilihat dari film-film, sepertinya budaya Inggris sangat berbeda dengan budaya Indonesia. Saya mulai berpikir, apakah saya dapat menemukan teman yang cocok selama kuliah di luar negeri. Walaupun ternyata orang-orang lokal dan pelajar dari negara lain sangat ramah, ada waktunya dimana saya mencari suasana Indonesia.

Saat masuk ke tahun kedua, saya mulai berpartisipasi di Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) cabang London. Di Inggris, PPI sangat aktif dan sering mengadakan acara-acara berkumpul bersama. Contohnya, beberapa bulan yang lalu saya menghadiri Acoustic Night, acara PPI London yang dimeriahkan oleh pertunjukkan musik dari pelajar-pelajar Indonesia. Ada juga acara PPI United Kingdom yang berskala besar seperti Gala Cultural Night yang menampilkan tari-tarian, musik dan makanan tradisional Indonesia. Acara-acara ini tidak hanya memberi kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk saling berkenalan, tapi juga mengenalkan budaya Indonesia ke orang-orang lokal yang berada di Inggris. Pengalaman saya berpartisipasi di PPI sangat menyenangkan, dan saya menemukan banyak teman-teman Indonesia yang memberi suasana ‘rumah’ bagi saya di London.

Sistem komunitas pelajar Indonesia pada umumnya berada di setiap kota, dan cabang-cabang ini dikumpulkan menjadi komunitas pelajar Indonesia dalam satu negara. Di Amerika, komunitas pelajar Indonesia disebut dengan nama PERMIAS, sedangkan negara lainnya mempunyai cabang-cabang PPI.

Margareth Stella selaku ketua PERMIAS Pasadena, Los Angeles mengatakan: “Berpartisipasi dalam organisasi pelajar Indonesia adalah bagian yang sangat menyenangkan dari pengalaman sekolah di luar negeri. Acara-acara yang diadakan mampu mempromosikan negara kita ke orang-orang dari negara lain yang belum mengenal indahnya budaya Indonesia.”

Bagi kamu yang berencana untuk kuliah di luar negeri, kamu tidak usah khawatir tentang masa penyesuaian kamu disana. Dengan aktif di komunitas pelajar Indonesia di kota universitas kamu,  kamu akan menemukan balance antara pertemanan dengan pelajar Indonesia dan pelajar internasional yang akan mempermudah masa transisi kamu saat beradaptasi di luar negeri. Tentunya, lingkungan sosial yang menyenangkan merupakan kontribusi yang sangat besar dalam pengalaman kuliah kamu di luar negeri.

Link-link ke beberapa website organisasi pelajar Indonesia:

PPI United Kingdom

PPI Singapura

PPI Australia

PPI Belanda

PPI Malaysia

PPI Swedia

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC