Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

MAGANG – MENCARI LOWONGAN YANG SESUAI

1472

Sebelumnya Hotcourses telah menuliskan artikel mengenai magang, sekarang akan dibahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara mencari lowongan magang. Kesempatan magang bukan hanya sekedar untuk melengkapi persyaratan lulus kuliah, tetapi harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengawali karir yang sukses di masa depan...

 

Sebagian mahasiswa memilih untuk tidak magang karena alasan berikut:

Tidak punya waktu- Anda tidak perlu mencari lowongan magang begitu Anda mulai kuliah. Tunggulah setidaknya setahun, setelah Anda lebih mengenali jurusan dan lingkungan Anda, apa yang ingin Anda tekuni sebagai karir di masa depan, kemudian mencari magang yang sesuai.

Takut bekerja dengan orang asing, belum siap terjun ke dunia kerja.’ – Jika Anda memiliki kekhawatiran seperti ini, magang adalah obat yang tepat. Setelah lulus nanti, mau tidak mau juga harus memasuki dunia kerja. Tetapi jika merasa kurang percaya diri, magang adalah kesempatan yang sangat bagus untuk menyesuaikan diri. Anggap saja Anda sedang mengambil program foundation sebelum memasuki universitas. Dengan magang, Anda bisa pelan-pelan mengenal tempat kerja, belajar bekerja sama dengan orang lain, menyelesaikan tugas dalam batas waktu yang diberikan atasan, dan lain sebagainya.

Saya tidak tahu mencari lowongan magang dimana.’ – Sebenarnya lowongan magang itu tidak susah dicari. Berikut ini adalah panduan untuk mencari lowongan magang:

 

1. Mulai dari Universitas

Kebanyakan universitas memiliki hubungan yang erat dengan perusahaan atau organisasi, baik secara lokal maupun internasional. Mereka mungkin saja mencari tenaga kerja dari universitas Anda. Anda bisa meminta informasi di career centre universitas untuk menanyakan apakah ada lowongan yang tersedia, atau meminta daftar partner universitas, dan mengunjungi situs mereka, dan melihat apakah ada pengumuman mengenai magang. Career centre, atau sejenisnya (masing-masing universitas mungkin memberikan nama yang berbeda), adalah tempat yang baik untuk berkonsultasi mengenai karir. Anda bisa mendiskusikan dengan pembimbing disana mengenai alternatif magang Anda.

 

2. Mencari secara Online

Internet adalah sumber informasi yang baik. Jika Anda berkuliah di London, bisa memulai dengan keyword seperti ‘Advertising internships London’ dan lainnya. Anda juga bisa mencari forum-forum mahasiswa, atau mencari situs khusus yang menyediakan informasi tentang magang.

 

3. Follow brand dan perusahaan yang Anda minati

Jika Anda memiliki brand atau perusahaan tertentu yang Anda minati, sebaiknya Anda mengikuti (follow) akun media sosial mereka, misalnya di twitter, Facebook, dll. Biasanya mereka akan mengumumkan jika ada lowongan yang tersedia. Atau Anda juga bisa mendaftar ke email list mereka. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS