Informasi penting
Study abroad: Once you arrive

MEMULAI PEMBICARAAN DENGAN MAHASISWA LAIN

1519
Salah satu yang menjadi pikiran untuk berkuliah di luar negeri adalah cara bergaul dengan rekan-rekan mahasiswa disana, yang berasal dari banyak negara asing. Hal ini tentunya akan lebih sulit lagi bagi mahasiswa yang berkarakter pemalu dan pendiam.
 
Universitas sangat paham dengan kegelisahan mahasiswa baru. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Universitas, melalui Serikat Mahasiswa, akan mengadakan berbagai acara dan kesempatan untuk mendekatkan mahasiswa mereka, baik dengan mahasiswa sendiri, ataupun dengan dosen dan staff. Disana Anda akan dibuat senyaman mungkin, dan dapat mengenal dan berteman dengan orang banyak.
 
Mungkin di minggu pertama Anda masih merasa canggung, tidak nyaman, atau belum percaya diri. Akan tetapi melalui acara-acara yang dirancang secara khusus bagi mahasiswa baru, Anda akan keluar dari semua kegelisahan tersebut. Tanpa Anda sadari, Anda akan dengan secara alami memulai percakapan dengan orang baru.
 
Berikut ini kami akan memberikan tips untuk membantu Anda melalui minggu pertama Anda dengan mulus:
 
3 pertanyaan permulaan
 
Kamu berasal dari mana?’
Mengambil jurusan apa?’
Tinggal dimana?’
 
Dari 3 pertanyaan diatas, Anda bisa memperluas percakapan, misalnya ‘bagaimana dengan cuaca di Negara asal mereka? Apakah mereka betah? Apakah ini pertama kalinya mereka kesini?’ dan lain-lain. Jika ternyata Anda hanya bisa mengulang-ngulang 3 pertanyaan tersebut, jangan khawatir. Karena ternyata banyak mahasiswa-mahaiswa lbaru lain yang juga masih canggung dan kagok.
 
3 Cara memulai percakapan
 
Menanyakan arah
 
Di minggu pertama di kampus, wajar jika Anda tersesat, karena belum mengenal kampus dengan baik. Manfaatkan kesempatan ini untuk memulai percakapan. Jangan malu untuk bertanya.
 
Memuji
 
Semua orang senang dipuji, tetapi tentu saja pada tempatnya. Ingatlah untuk tidak memuji berlebhan. Anda bisa memulai dengan pakaian, atau gadget, atau barang yang mereka gunakan. Dan bisa juga bertanya dimana mereka membelinya.
 
Cuaca
 
Cuaca adalah topik yang baik untuk memulai percakapan. Terutama di Inggris – warga Inggris sangat senang membahas cuaca.
  
Dari 3 topik di atas, Anda dapat memperluas ke pembicaraan lainya, seperti tentang dosen, pelajaran, hobi, ingin mengikuti klub apa dan lain-lain.
 
 
Ada baiknya mempelajari beberapa ungkapan untuk memperlancar percakapan Anda:
 

 

 
 
Hal-hal yang perlu dihindari
 
Topik Kontroversional
 
Hindari topic-topik yang terlalu kontroversional seperti politik, seksualisme, ras, dan sejenisnya. Topik seperti itu tidak cocok untuk orang yang baru Anda kenal.
 
Informasi yang terlalu personal
 
Sebagian orang tidak terlalu nyaman membicarakan informasi pribadi mereka. Tetapi sebagian orang lebih cuek dan terbuka dan tidak mempermasalahkannya. Tetapi, daripada mengambil resiko, sebaiknya hidari saja menanyakan pertanyaan yang terlalu pribadi.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS